
Rekan-rekan semua, selamat datang pada perkuliahan semester gasal 2021/2022. Rekan-rekan ..... bencana kemanusian pandemi covid 19 merupakan bencana dunia bagi seluruh umat manusia. Bencana tersebut telah meluluh lantakan sendi-sendi humanistik kita ... emosi, kemarahan, ketidak terimaan menjadi pil pahit yang harus kita telan. belajar, pembelajaran dan pendidikan mengajarkan kita untuk menerima segala cobaan dengan berbesar hati. Mudah-mudahan kita semua mendapat kemudahan setelah 1 tahun lebih kita mendapatkan kesulitan. Harapan yang paling indah adalah harapan kita untuk menyongsong hidup yang lebih baik dan mengkonstruksinya agar kita tetap semangat, menjadi kuat dan selalu sehat. Amin amin amin Ya Robbal Alamin
Rekan-rekan berikut adalah Inovasi Modul Digital yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran Individu matakuliah Pembelajaran Berbasis Online. Silahkan rekan-rekan mengklik fullscreen untuk mempelajari lebih detail.
Pemilihan
topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik
yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada
sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan
yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan
agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.
Rekan-rekan, kami mengharapkan dapat bergabung dalam group media sosial untuk memudahkan perkuliahan yang hampir seluruh kegiatan adalah belajar secara daring. Tautan ini merupakan tautan resmi dari perkuliahan
Rekan-rekan, kita perlu menyepakati beberapa hal yaitu 1) Pembelajar dalam perkuliahan 2) kerangka waktu untuk pembelajaran, 3) metodologi yang akan digunakan, 4) frekuensi tinjauan kemajuan dan 5) bentuk penilaian akhir (jika diperlukan). Kesepakatan dapat dilakukan secara verbal maupun didokumentasikan secara tertulis. Rekan-rekan mahasiswa saya perlu mengingatkan tentang tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran berjalan di luar jalur. Kesempatan membuat kesepakatan ini bukan merupakan kontrak formal dan mengikat. Sebaliknya, perlu ada fleksibilitas yang tinggi, sehingga jika keadaan berubah, program pembelajaran dapat beradaptasi.
RANCANGAN PERKULIAHAN SATU SEMESTER
Rekan-rekan dapat melakukan kesepakatan menganai perkuliahan di Pembelajaran Berbasis Online. Saya membutuhkan masukan rekan-rekan semua. Klik Penjelasan Kesepakatan PBO
Rekan-rekan, saya persilahkan untuk memasukki rung video conference sesuai jadwal yang ditentukan yaitu :
Hari Selasa 31-Agustus-2021 jam ke 1 sd 3
Kesepakatan merupakan persesuaian pernyataan kehendak antara satu orang atau lebih dengan pihak lainnya yang mengadakan perjanjian. Apa yang dikendaki oleh pihak yang satu juga dikehendaki oleh pihak yang lain (para pihak menghendaki sesuatu yang sama secara bertimbal balik)
terjadinya sepakat yaitu: 1) Teori kehendak (wilstheorie) mengajarkan bahwa kesepakatan terjadi pada saat dinyatakannya kehendak pihak penerima. 2) Teori pengiriman (verzendtheorie) mengajarkan bahwa kesepakatan terjadi pada saat kehendak yang dinyatakan itu dikirim oleh pihak yang menerima tawaran
Teori Pernyataan (uitingsheorie), kesepakatan (toesteming) terjadi pada saat pihak yang menerima penawaran itu menyatakan bahwa ia menerima penawaran itu
Silahkan jika ingin mengecek komentar anda dan rekan-rekan yang lain terhadap kesepakatan RPS yang telah masuk ke SIPEJAR
Rekan-rekan semua, Untuk menguatkan pengetahuan rekan-rekan terhadap pembelajaran berbasis online. Simaklah beberapa sumber bacaan yang berada pada link https://www.edutopia.org/search?query=online%20learning, pilihlah bacaan yang menurut anda paling sesuai untuk dijadikan proyek anda.
Silahan pilih bacaan, copy teks bacaan dan paste di resoomer, atau copy link bacaan dan paste pada resooomer. Lakukan kegiatan untuk meringkasnya
rekan-rekan, silahkan mengunggah hasil meringkas dalam bentuk pdf dan paling atas diberi nama, NIM ...
silahkan masuk dalam diskusi
Pemilihan topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.
Untuk meyakinkan kita bahwa tulisan kita tidak mengandung plagiat, rekan-rekan bisa menggunakan aplikasi yang gratis, tapi maksimal 1000 kata ya .... terimakasih kepada https://smallseotools.com/id/plagiarism-checker/. tutorial dapat di klik di PETUNJUK CEK PLAGIAT
Pembelajaran online menjadi tumpuan pada kegiatan belajar dan mengajar diera pandemi covid-19. Pro dan kontra mewarnai pembelajaran online. Beberapa kondisi tersebut trekam di media mesa.
Coba jelaskan pendapatmu terhadap berita di kompas tersebut caranya ketiklah pendapatmu dengan mereply dalam forum KOMENTAR PENDAPAT ONLINE
Mesin yang disebut e-learning, menjadi mesin yang mendapatkan perhatian khusus selama pandemi covid-19. Semua memiliki harapan terhadap mesin pembelajaran online ini. Simak harapan-harapan e-learning tersebut
Coba jelaskan pendapatmu terhadap berita di kompas tersebut caranya ketiklah pendapatmu dengan mereply dalam forum KOMENTAR PENDAPAT ONLINE II
Institusi pendidikan memerlukan upaya untuk mengkonstruksi pembelajaran dengan berbagai pendekatan sistem. Kecerdasan humanistik merupakan kunci utama pembelajaran yang memungkinkan seseorang mengkombinasikan teknologi berbagai sumber, media, bahan, metode belajar dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar pebelajar. Setiap pembelajaran diera normal baru membutuhkan konstruksi pembelajaran dengan memberikan otonomi ke pebelajar sehingga mewujudkan perilaku inkuiri. Desain pembelajaran yang masif dan terbuka pada era normal baru dalam Institusi pendidikan akan menghilangkan hambatan dalam menciptakan dan mempertahankan kecerdasan humanistik sebagai kapabilitas.
Rekan-rekan saya persilahkan untuk masuk kedalam topik KOMENTAR MAHASIWA. Kemudian buatlah komentar dengan cara mengklik replay
Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik
dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas.
Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan
pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online
Rekan-rekan mohon disimak video mengenai misteri pembelajaran online dengan cara klik MENGUAK MISTERI
Pada kasus pembelajaran online di berbagai implementasi, yang menarik adalah ilmplementasi pembelajaran online di militer. Tentunya sangat luar bisan untuk disimak. Bahan Matakuliah Pembelajaran Berbasis Online TEP Universitas Negeri Malang
Perhatikan tutorial dengan cara klik PETUNJUK KEGIATAN : PENCARIAN LITERASI
Kegiatan yang penting adalah bagaimana bahasa dapat dialihkan menjadi bahasa kita. Kegiatan ini merupakan cara mengalihkan bahasa agar bacaan lebih mudah kita pelajari. berikut tutorial pengalihan bahas
Untuk pengumpulan tugas silahkan klik petunjuk pengumpulan tugas dengan cara klik PETUNJUK KEGIATAN : PENGUMPULAN TUGAS
Setelah anda mencari sitasi dan menyimpannya di drive anda, copykan linknya disini
Jelaskan literasi yang anda temukan di WEB BASED LEARNING dengan merekam video penjelasan anda maksimal 2 menit, masukkan hasil rekaman anda ke dalam drive dan linknya ada kopikan kedalam PENJELASAN LITERASI MAHASISWA
Setelah anda mencari sitasi dan menyimpannya di drive anda, copykan linknya disini
Jelaskan literasi yang anda temukan di ONLINE BASED LEARNING dengan merekam video penjelasan anda maksimal 2 menit, masukkan hasil rekaman anda ke dalam drive dan linknya ada kopikan kedalam PENJELASAN LITERASI MAHASISWA
Untuk membuat video penjelasan, silahkan rekan-rekan melihat tutorial pembuatan perekam layar
Pertemuan kita laksanakan pukul 7.30 wib sd Selesai
Rekan-rekan semua untuk memastikan bahwa bacaan anda sedang "on fire" dalam riset silahkan melihat jurnal yang dapat anda sitasi. Oleh karena itu saya persilahkan rekan-rekan melakukan pendalaman melalui bantuan perangkat berikut
Silahkan rekan-rekan mencari jurnal untuk mendukung bacaan rekan-rekan
Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas. Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online
Rekan-rekan, berikut ini merupakan video presentasi anda dan rekan-rekan anda. Untuk kegiatan minggu ini saya persilahkan rekan-rekan melihat video teman teman anda. Untuk penilaiannya anda harus menilai seluruh video teman-teman anda satu kelas (video anda sendiri tidak perlu dinilai). Misalnya dikelas anda ada 30 mahasiswa, maka yang anda nilai adalah 29 mahasiswa (dikurangi satu yaitu video anda sendiri)
Rekan-rekan, berikut ini merupakan video presentasi anda dan rekan-rekan anda khusus yang susulan. Untuk kegiatan minggu ini saya persilahkan rekan-rekan juga melihat video teman teman anda yang susulan. Untuk penilaiannya anda harus menilai seperti video sebelumnya yaitu seluruh video teman-teman anda satu kelas (video anda sendiri tidak perlu dinilai). Misalnya dikelas anda ada 30 mahasiswa, maka yang anda nilai adalah 29 mahasiswa (dikurangi satu yaitu video anda sendiri)
Silahkan rekan-rekan berikan penilaian dan berikan kesimpulan presentasi untuk seluruh kelas. tentunya untuk video presentasi anda sendiri tidak perlu ya .... waktunya 1 minggu
Rekan-rekan, berikut ini merupakan video presentasi anda dan rekan-rekan anda khusus yang susulan. Untuk kegiatan minggu ini saya persilahkan rekan-rekan juga melihat video teman teman anda yang susulan. Untuk penilaiannya anda harus menilai seperti video sebelumnya yaitu seluruh video teman-teman anda satu kelas (video anda sendiri tidak perlu dinilai). Misalnya dikelas anda ada 30 mahasiswa, maka yang anda nilai adalah 29 mahasiswa (dikurangi satu yaitu video anda sendiri)
Silahkan rekan-rekan berikan penilaian dan berikan kesimpulan presentasi untuk seluruh kelas. tentunya untuk video presentasi anda sendiri tidak perlu ya .... waktunya 1 minggu
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
Rekan-rekan saya secara pribadi menyampaiakan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah memenuhi tugas. Adapaun yang saya warnai, tugas belum memenuhi persyaratan jumlah maupun persyaratan kesimpulan. Persyaratan jumlah artinya persyarakat yang harusnya rekan-rekan nilai dan persyaratan kesimpulan adalah pernytaan kesimpulan yang belum sesuai seperti "mudah dimengerti, sesuai dengan buku, dll, atau bahkan kosong", sehingga secara pernyataan bukan segai pernyataan kesimpulan
Rekan-rekan saya secara pribadi menyampaiakan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah memenuhi tugas. Adapaun yang saya warnai, tugas belum memenuhi persyaratan jumlah maupun persyaratan kesimpulan. Persyaratan jumlah artinya persyarakat yang harusnya rekan-rekan nilai dan persyaratan kesimpulan adalah pernytaan kesimpulan yang belum sesuai seperti "mudah dimengerti, sesuai dengan buku, dll, atau bahkan kosong", sehingga secara pernyataan bukan segai pernyataan kesimpulan
Saya berharap, rekan-rekan yang belum memenuhi segera memenuhi persyaratan penilaian sejawat. Terimakasih
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
Silahkan rekan-rekan melihat video penjelasan pertemuan
silahkan anda cek hasil praktikum 1. Perhatikan jangan ada yang sama mengenai nama pelatihan dalam 1 kelas
Saya persilahkan rekan-rekan menuliskan link pelatihan yang telah dibuat di talentLMS sesuai dengan sub domain talentlms
Silahkan anda cek praktikum 2, untuk melihat apakah link telah dapat diinputkan dan digunakan
Silahkan rekan-rekan melihat petunjuk praktikum, kemudian rekan-rekan isi kegiatan praktikum yang ketiga pada form berikut. Adapun contoh, telah saya masukkan dan dapat dilihat dalam link cek
Silahkan anda cek kegiatan praktikum 3 dalam link ini. Adapun rekan-rekan yang telah mengumpulkan kegiatan praktikum saya sampaikan terimakasih
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
TEKNOLOGI ADAPTIF MULTIPLAYER
Henry Praherdhiono
Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang
Henry.praherdhiono.fip@um.ac.id
Abstrak
Teknologi multiplayer dikenal sebagai moda yang paling banyak ditemui sebagai media game. Secara teknis multiplayer merupakan lingkungan belajar yang memungkinkan pebelajar dapat melakukan kegiatan dalam waktu yang sama. Multipleyer merupakan teknologi adaptif yang menjadi ciri khas perkembangan industri 5.0. Multiplayer melayani interaksi dari pebelajar, atau memungkinkan mengamati aktivitas pebelajar lain. Multiplayer dilakukan menggunakan teknologi jaringan internet untuk bisa melakukan kegiatan kolaboratif secara distance learning.. KLIK UNTUK DOWNLOAD MATERI
Rekan-rekan, Saya meyakini rekan-rekan memiliki pendapat tentang teknologi multiplayer jika nantinya menjadi perangkat pembelajaran online. Berilah persepsi rekan-rekan mengenai pembelajaran online yang dilakukan dengan tatap muka melalui teknologi multiplayer
Sillahkan jika rekan-rekan melihat contoh persepsi saya dan rekan-rekan lainnya di CEK PERSEPSI
Tutorial ini berupaya memberikan bantuan singkat, bagaimana pengguna dapat melakukan registrasi pada Mozilla Hubs
Tulislah hasil anda dalam melakukan regitrasi, sebagai contoh adalah sebagai berikut:
1. Room Link contoh: https://hub.link/yrSVAGc
2. Room Code contoh 355497
3. Embed Code contoh <iframe src="https://hubs.mozilla.com/yrSVAGc?embed_token=2f7db68c98ad9377a884f3e4bb9c37e7" style="width: 1024px; height: 768px;" allow="microphone; camera; vr; speaker;"></iframe>
Masukkan dalam penugasan dengan klik MENJADI PEMILIK
Rekan-rekan, saya persilahkan untuk melihat contoh ruang yang telah saya buat atau teman-teman anda yang telah membuat
Buatlah tutorial penggunaan ruang. Tutorial tersebut merupakan kegiatan untuk menunjukkan kepada kalayak, bagaimana menggunakan perangkat pembelajaran online secara tatap muka.
Rekan-rekan, saya telah mencontohkan bagaimana membuat titorial, silahkan rekan-rekan klik praktikum 3. Mungkin rekan-rekan lainnya juga telah membuat praktikum 3, silahkan CEK TUTORIAL PRAKTIKUM 3
Rekan-rekan, saya mengucapkan terimakasih. Karena selama ini, walaupun kita semua mengalami kondisi pandemi, kita tetap bersemangat untuk tetap belajar. Secara khusus saya meminta rekan-rekan berpartisipasi dalam survei perbaikan perkuliahan yang harus saya lakukan. Karena saya menyadari ... betapa sulitnya menyatukan dan mengkompromikan kegiatan belajar pada saat kita benar-benar terpisah oleh ruang, jarak dan waktu.
Survei ini saya lakukan murni karena saya ingin meningkatkan layanan belajar untuk rekan-rekan semua. dan saya mengharapkan survei ini menjadi acuan saya kedepan dalam layanan belajar.
Saya memohon dengan sangat, rekan-rekan berkenan meluangkan waktu untuk mengisi mengisi survei.
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi.
Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam
matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas
belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas
baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu,
kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan
kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti
kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan
profesional, sistem dll.
Ranah praktis yang ditetapkan oleh Teknologi Pendidikan dalam melandasi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Online. Kita bersama harus memahami bahwa pembelajaran berbasis online sangat masif dikembangkan oleh berbagai instansi dan satuan pendidikan
Pembelajaran berbasis online perlu didesain dengan agar dapat dimanfaatkan semua pebelajar. Pebelajar-pebelajar tersebut tentunya memiliki kondisi dan karakter yang berbeda-beda
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.
berikut merupakan contoh pengembangan pembelajaran online. Rekan-rekan bebas mengembangkan pembelajaran online. Tidak harus disekolah. Boleh kursus singkat maupun pelatihan-pelatihan pemberdayaan masyarakat lainnya
Berikut merupakan contoh rancangan pembelajaran melalui salah satu format pembelajaran. Tentunya format pembelajaran bukan satu-satunya cara dalam merancang pembelajaran online
Capaian pembelajaran merupakan hasil yang diharapkan atau diinginkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penjelasan capaian pembelajaran secara terperinci. Upaya tersebut salah satunya adalah terori ABCD
Rekan-rekan dapat membaca sendiri/mendownload dan saya berikanjuga keterangan videonya
Penjelasandimaksudkan untuk memberikan gambaran umum bagaimana desain capaian pembelajaran menggunakan ABCD. Perlu pemahaman yang lebih mendalam dengan menggunakan buku referensi aslinya agar diperoleh gambaran yang lebih lengkap
silahkan anda isi kegiatan 1. kegiatan pembelajaran bebas namun jangan sampai sama dalam 1 kelas ya
silahkan anda cek input kegiatan 1 anda dan rekan-rekan anda di sini ... anda juga dapat melihat contoh dari saya
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.
Rekan-rekan, untuk kegiatan pembelajaran berikutnya merupakan kegiatan pengembangan material di laman PBO yaitu http://online.sipeta.online/. Oleh karena itu saya persilahkan rekan-rekan untuk melihat akun rekan-rekan masing-masing. Silahkan rekan-rekan mengakses
Rekan-rekan dapat menuju link http://online.sipeta.online/ ... untuk mempermudah kegiatan praktikum pembelajaran online, saya persilahkan rekan-rekan memperhatikan petunjuk-petunjuk praktikum yang diberikan dalam laman sipejar
Rekan-rekan dapat menuju link http://online.sipeta.online/ ... untuk mempermudah kegiatan praktikum pembelajaran online, saya persilahkan rekan-rekan memperhatikan petunjuk-petunjuk praktikum yang diberikan dalam laman sipejar
Rekan-rekan dapat menuju link http://online.sipeta.online/ ... untuk mempermudah kegiatan praktikum pembelajaran online, saya persilahkan rekan-rekan memperhatikan petunjuk-petunjuk praktikum yang diberikan dalam laman sipejar
Diakhir inkuiri dalam fase pembelajaran adalah melihat implementasi dan
ulasan mahasiswa terhadap topik melalui publikasi dan pengakuan. Di tingkat
organisasi, proses transformasi positif Pembelajaran Berbasis Online dilakukan melalui pemberdayaan pebelajar
secara terkoneksi, bekerja sama dan berkolaborasi, hasilnya akan terus muncul
dengan cara baru, berinovasi, dan berani.
menambahkan aktivitas pembelajaran merupakan kegiatan untuk memberikan peluang kepada pebelajar dalam mengaktualisikan keilmuan. Oleh karena itu aktivitas tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pengembangan konten pembelajaran. Oleh karena itu aktivitas pembelajaran dapat rekan-rekan lihat dalam video penjelasan MENAMBAHKAN AKTIVITAS BELAJAR , semoga tayangan dapat membantu rekan-rekan memperjelas pembelajarn
Rekan-rekan, konten pembelajaran secara teori merupakan learning object . Konten pembelajaran merupakan keruntutan dari kegiatan pedagogis secara umum. Perlu sebuah perancangan yang matang bagaimana membangun sebuah konten pembelajaran. Pengembangan konten pembelajaran merupakan aktivitas dalam pengembangan umum sebuah kegiatan belajar secara online. Silahkan klik MENAMBAHKAN KONTEN PEMBELAJARAN untuk memperjelas uraian materi kegiatan ini
Rekan-rekan, jika memerlukan konsultasi dalam melihat 2 topik utama dalam pembelajaran, silahkan rekan-rekan masuk dalam forum pengembagan pembelajaran online. Topik terdiri dari 2 hal yaitu
1. Topik Pengembangan Konten Pembelajaran
2. Topik Pengembangan Aktivitas Pembelajaran
Saya persilahkan rekan-rekan
rekan-rekan, diatas merupakan contoh kegiatan pembelajaran saya pada pembelajaran tahap 1 yaitu kegiatan pengembangan topik pembelajaran. Oleh karena itu rekan-rekan silahkan melakukan pelaporan berkala terhadap setiap pengembangan kegiatan
Laporan merupakan kegiatan 1 sd 5 (Minimal)
Silahkan tambah nama anda pada TAB dibawah dan buatlah laporan kemajuan