Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • Pertemuan 1: KESEPAKATAN

    Pemilihan topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.

    • Rekan-rekan, kami mengharapkan dapat bergabung dalam group media sosial untuk memudahkan perkuliahan yang hampir seluruh kegiatan adalah belajar secara daring. Tautan ini merupakan tautan resmi dari perkuliahan

    • Rekan-rekan dapat melakukan kesepakatan menganai perkuliahan di Pembelajaran Berbasis Online. Saya membutuhkan masukan rekan-rekan semua. Klik Penjelasan Kesepakatan PBO

    • Kesepakatan merupakan persesuaian pernyataan kehendak antara satu orang atau lebih dengan pihak lainnya yang mengadakan perjanjian. Apa yang dikendaki oleh pihak yang satu juga dikehendaki oleh pihak yang lain (para pihak menghendaki sesuatu yang sama secara bertimbal balik)

      terjadinya sepakat yaitu: 1) Teori kehendak (wilstheorie) mengajarkan bahwa kesepakatan terjadi pada saat dinyatakannya kehendak pihak penerima. 2) Teori pengiriman (verzendtheorie) mengajarkan bahwa kesepakatan terjadi pada saat kehendak yang dinyatakan itu dikirim oleh pihak yang menerima tawaran

      Teori Pernyataan (uitingsheorie), kesepakatan (toesteming) terjadi pada saat pihak yang menerima penawaran itu menyatakan bahwa ia menerima penawaran itu


    • Silahkan jika ingin mengecek komentar anda dan rekan-rekan yang lain terhadap kesepakatan RPS yang telah masuk ke SIPEJAR

    • Silahan pilih bacaan, copy teks bacaan dan paste di resoomer, atau copy link bacaan dan paste pada resooomer. Lakukan kegiatan untuk meringkasnya

    • rekan-rekan, silahkan mengunggah hasil meringkas dalam bentuk pdf dan paling atas diberi nama, NIM ...

    • silahkan masuk dalam diskusi

  • Pertemuan 2: TOPIK PILIHAN

    Pemilihan topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.

    • Untuk meyakinkan kita bahwa tulisan kita tidak mengandung plagiat, rekan-rekan bisa menggunakan aplikasi yang gratis, tapi maksimal 1000 kata ya .... terimakasih kepada https://smallseotools.com/id/plagiarism-checker/. tutorial dapat di klik di PETUNJUK CEK PLAGIAT

    • Pembelajaran online menjadi tumpuan pada kegiatan belajar dan mengajar diera pandemi covid-19. Pro dan kontra mewarnai pembelajaran online. Beberapa kondisi tersebut trekam di media mesa.

    • Coba jelaskan pendapatmu terhadap berita di kompas tersebut caranya ketiklah pendapatmu dengan mereply dalam forum KOMENTAR PENDAPAT ONLINE

    • Mesin yang disebut e-learning, menjadi mesin yang mendapatkan perhatian khusus selama pandemi covid-19. Semua memiliki harapan terhadap mesin pembelajaran online ini. Simak harapan-harapan e-learning tersebut

    • Coba jelaskan pendapatmu terhadap berita di kompas tersebut caranya ketiklah pendapatmu dengan mereply dalam forum KOMENTAR PENDAPAT ONLINE II

    • Institusi pendidikan memerlukan upaya untuk mengkonstruksi pembelajaran dengan berbagai pendekatan sistem. Kecerdasan humanistik merupakan kunci utama pembelajaran yang memungkinkan seseorang mengkombinasikan teknologi berbagai sumber, media, bahan, metode belajar dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar pebelajar. Setiap pembelajaran diera normal baru membutuhkan konstruksi pembelajaran dengan memberikan otonomi ke pebelajar sehingga mewujudkan perilaku inkuiri. Desain pembelajaran yang masif dan terbuka pada era normal baru dalam Institusi pendidikan akan menghilangkan hambatan dalam menciptakan dan mempertahankan kecerdasan humanistik sebagai kapabilitas.

    • Rekan-rekan saya persilahkan untuk masuk kedalam topik KOMENTAR MAHASIWA. Kemudian buatlah komentar dengan cara mengklik replay 

  • Pertemuan 3: TOPIK PILIHAN

    Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas. Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online

  • Pertemuan 4: KONTEKS PILIHAN

    Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas. Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online

    • Rekan-rekan, berikut ini merupakan video presentasi anda dan rekan-rekan anda. Untuk kegiatan minggu ini saya persilahkan rekan-rekan melihat video teman teman anda. Untuk penilaiannya anda harus menilai seluruh video teman-teman anda satu kelas (video anda sendiri tidak perlu dinilai). Misalnya dikelas anda ada 30 mahasiswa, maka yang anda nilai adalah 29 mahasiswa (dikurangi satu yaitu video anda sendiri)

    • Rekan-rekan, berikut ini merupakan video presentasi anda dan rekan-rekan anda khusus yang susulan. Untuk kegiatan minggu ini saya persilahkan rekan-rekan juga melihat video teman teman anda yang susulan. Untuk penilaiannya anda harus menilai seperti video sebelumnya yaitu seluruh video teman-teman anda satu kelas (video anda sendiri tidak perlu dinilai). Misalnya dikelas anda ada 30 mahasiswa, maka yang anda nilai adalah 29 mahasiswa (dikurangi satu yaitu video anda sendiri)

    • Silahkan rekan-rekan berikan penilaian dan berikan kesimpulan presentasi untuk seluruh kelas. tentunya untuk video presentasi anda sendiri tidak perlu ya .... waktunya 1 minggu

    • Rekan-rekan, berikut ini merupakan video presentasi anda dan rekan-rekan anda. Untuk kegiatan minggu ini saya persilahkan rekan-rekan melihat video teman teman anda. Untuk penilaiannya anda harus menilai seluruh video teman-teman anda satu kelas (video anda sendiri tidak perlu dinilai). Misalnya dikelas anda ada 30 mahasiswa, maka yang anda nilai adalah 29 mahasiswa (dikurangi satu yaitu video anda sendiri)

    • Rekan-rekan, berikut ini merupakan video presentasi anda dan rekan-rekan anda khusus yang susulan. Untuk kegiatan minggu ini saya persilahkan rekan-rekan juga melihat video teman teman anda yang susulan. Untuk penilaiannya anda harus menilai seperti video sebelumnya yaitu seluruh video teman-teman anda satu kelas (video anda sendiri tidak perlu dinilai). Misalnya dikelas anda ada 30 mahasiswa, maka yang anda nilai adalah 29 mahasiswa (dikurangi satu yaitu video anda sendiri)

    • Silahkan rekan-rekan berikan penilaian dan berikan kesimpulan presentasi untuk seluruh kelas. tentunya untuk video presentasi anda sendiri tidak perlu ya .... waktunya 1 minggu

  • Pertemuan 5: KONTEKS PBO

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.


    • Rekan-rekan saya secara pribadi menyampaiakan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah memenuhi tugas. Adapaun yang saya warnai, tugas belum memenuhi persyaratan jumlah maupun persyaratan kesimpulan. Persyaratan jumlah artinya persyarakat yang harusnya rekan-rekan nilai dan persyaratan kesimpulan adalah pernytaan kesimpulan yang belum sesuai seperti "mudah dimengerti, sesuai dengan buku, dll, atau bahkan kosong", sehingga secara pernyataan bukan segai pernyataan kesimpulan

    • Rekan-rekan saya secara pribadi menyampaiakan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah memenuhi tugas. Adapaun yang saya warnai, tugas belum memenuhi persyaratan jumlah maupun persyaratan kesimpulan. Persyaratan jumlah artinya persyarakat yang harusnya rekan-rekan nilai dan persyaratan kesimpulan adalah pernytaan kesimpulan yang belum sesuai seperti "mudah dimengerti, sesuai dengan buku, dll, atau bahkan kosong", sehingga secara pernyataan bukan segai pernyataan kesimpulan

  • Pertemuan 6: PRAKTIKUM 1

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

    • Silahkan rekan-rekan melihat video penjelasan pertemuan

    • Sesuai dengan petunjuk buku panduan praktikum, silahkan anda isi sesuai dengan panduan kegiatan praktikum 1
    • silahkan anda cek hasil praktikum 1. Perhatikan jangan ada yang sama mengenai nama pelatihan dalam 1 kelas

    • Saya persilahkan rekan-rekan menuliskan link pelatihan yang telah dibuat di talentLMS sesuai dengan sub domain talentlms

    • Silahkan anda cek praktikum 2, untuk melihat apakah link telah dapat diinputkan dan digunakan

    • Silahkan rekan-rekan melihat petunjuk praktikum, kemudian rekan-rekan isi kegiatan praktikum yang ketiga pada form berikut. Adapun contoh, telah saya masukkan dan dapat dilihat dalam link cek

    • Silahkan anda cek kegiatan praktikum 3 dalam link ini. Adapun rekan-rekan yang telah mengumpulkan kegiatan praktikum saya sampaikan terimakasih

  • Pertemuan 7: PRAKTIKUM 2

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

    • play

      Multiplayer merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan terjadinya kolaborasiantar pengguna melalui sebuah teknologi. Teknologi ini mulai berkembang kearah digital dikarenakan banyaknya kebutuhan untuk menyambungkan entitas entitas manusia dalam kondisi distance


    • Rekan-rekan, Saya meyakini rekan-rekan memiliki pendapat tentang teknologi multiplayer jika nantinya menjadi perangkat pembelajaran online. Berilah persepsi rekan-rekan mengenai pembelajaran online yang dilakukan dengan tatap muka melalui teknologi multiplayer

    • Sillahkan jika rekan-rekan melihat contoh persepsi saya dan rekan-rekan lainnya di CEK PERSEPSI

    • playTutorial ini berupaya memberikan bantuan singkat, bagaimana pengguna dapat melakukan registrasi pada Mozilla Hubs

    • Tulislah hasil anda dalam melakukan regitrasi,  sebagai contoh adalah sebagai berikut:
      1.  Room Link contoh: https://hub.link/yrSVAGc
      2.  Room  Code contoh 355497
      3.  Embed Code contoh <iframe src="https://hubs.mozilla.com/yrSVAGc?embed_token=2f7db68c98ad9377a884f3e4bb9c37e7" style="width: 1024px; height: 768px;" allow="microphone; camera; vr; speaker;"></iframe>

      Masukkan dalam penugasan dengan klik MENJADI PEMILIK


    • Rekan-rekan, saya persilahkan untuk melihat contoh ruang yang telah saya buat atau teman-teman anda yang telah membuat

    • Buatlah tutorial penggunaan ruang. Tutorial tersebut merupakan kegiatan untuk menunjukkan kepada kalayak, bagaimana menggunakan perangkat pembelajaran online secara tatap muka.

    • Rekan-rekan, saya telah mencontohkan bagaimana membuat titorial, silahkan rekan-rekan klik praktikum 3. Mungkin rekan-rekan lainnya juga telah membuat praktikum 3, silahkan CEK TUTORIAL PRAKTIKUM 3

  • Pertemuan 8:Ujian Tengah Semester

    Rekan-rekan, saya mengucapkan terimakasih. Karena selama ini, walaupun kita semua mengalami kondisi pandemi, kita tetap bersemangat untuk tetap belajar. Secara khusus saya meminta rekan-rekan berpartisipasi dalam survei perbaikan perkuliahan yang harus saya lakukan. Karena saya menyadari ... betapa sulitnya menyatukan dan mengkompromikan kegiatan belajar pada saat kita benar-benar terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. 
    Survei ini saya lakukan murni karena saya ingin meningkatkan layanan belajar untuk rekan-rekan semua. dan saya mengharapkan survei ini menjadi acuan saya kedepan dalam layanan belajar.

    • Saya memohon dengan sangat, rekan-rekan berkenan meluangkan waktu untuk mengisi mengisi survei.

  • Pertemuan 9:Mahasiswa membangun gagasan pengembangan yang efektif, efisien dan menarik

    Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.

    • Ranah praktis yang ditetapkan oleh Teknologi Pendidikan dalam melandasi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Online. Kita bersama harus memahami bahwa pembelajaran berbasis online sangat masif dikembangkan oleh berbagai instansi dan satuan pendidikan

    • Pembelajaran berbasis online perlu didesain dengan agar dapat dimanfaatkan semua pebelajar. Pebelajar-pebelajar tersebut tentunya memiliki kondisi dan karakter yang berbeda-beda

  • Pertemuan 10: Pengembangan pembelajaran berbasis online dari sis teknis (hardware, software) Pegembangan petunjuk penggunaaan sistem pembelajaran online

    Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.

    • berikut merupakan contoh pengembangan pembelajaran online. Rekan-rekan bebas mengembangkan pembelajaran online. Tidak harus disekolah. Boleh kursus singkat maupun pelatihan-pelatihan pemberdayaan masyarakat lainnya

    • Berikut merupakan contoh rancangan pembelajaran melalui salah satu format pembelajaran. Tentunya format pembelajaran bukan satu-satunya cara dalam merancang pembelajaran online

    • Capaian pembelajaran merupakan hasil yang diharapkan atau diinginkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penjelasan capaian pembelajaran secara terperinci. Upaya tersebut salah satunya adalah terori ABCD

    • Rekan-rekan dapat membaca sendiri/mendownload dan saya berikanjuga keterangan videonya

    • Penjelasandimaksudkan untuk memberikan gambaran umum bagaimana desain capaian pembelajaran menggunakan ABCD. Perlu pemahaman yang lebih mendalam dengan menggunakan buku referensi aslinya agar diperoleh gambaran yang lebih lengkap

    • silahkan anda isi kegiatan 1. kegiatan pembelajaran bebas namun jangan sampai sama dalam 1 kelas ya

    • silahkan anda cek input kegiatan 1 anda dan rekan-rekan anda di sini ... anda juga dapat melihat contoh dari saya

  • Pertemuan 11: KEGIATAN PRAKTIKUM

    Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.

    • Rekan-rekan, untuk kegiatan pembelajaran berikutnya merupakan kegiatan pengembangan material di laman PBO yaitu http://online.sipeta.online/. Oleh karena itu saya persilahkan rekan-rekan untuk melihat akun rekan-rekan masing-masing. Silahkan rekan-rekan mengakses

    • Rekan-rekan dapat menuju link http://online.sipeta.online/ ... untuk mempermudah kegiatan praktikum pembelajaran online, saya persilahkan rekan-rekan memperhatikan petunjuk-petunjuk praktikum yang diberikan dalam laman sipejar

    • Rekan-rekan dapat menuju link http://online.sipeta.online/ ... untuk mempermudah kegiatan praktikum pembelajaran online, saya persilahkan rekan-rekan memperhatikan petunjuk-petunjuk praktikum yang diberikan dalam laman sipejar

    • Rekan-rekan dapat menuju link http://online.sipeta.online/ ... untuk mempermudah kegiatan praktikum pembelajaran online, saya persilahkan rekan-rekan memperhatikan petunjuk-petunjuk praktikum yang diberikan dalam laman sipejar

  • Pertemuan 12: PRAKTIKUM PENGEMBANGAN KONTEN

    Diakhir inkuiri dalam fase pembelajaran adalah melihat implementasi dan ulasan mahasiswa terhadap topik melalui publikasi dan pengakuan. Di tingkat organisasi, proses transformasi positif Pembelajaran Berbasis Online dilakukan melalui pemberdayaan pebelajar secara terkoneksi, bekerja sama dan berkolaborasi, hasilnya akan terus muncul dengan cara baru, berinovasi, dan berani.

    • HAmenambahkan aktivitas pembelajaran merupakan kegiatan untuk memberikan peluang kepada pebelajar dalam mengaktualisikan keilmuan. Oleh karena itu aktivitas tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pengembangan  konten pembelajaran. Oleh karena itu aktivitas pembelajaran dapat rekan-rekan lihat dalam video penjelasan MENAMBAHKAN AKTIVITAS BELAJAR , semoga tayangan dapat membantu rekan-rekan memperjelas pembelajarn

    • HARekan-rekan, konten pembelajaran secara teori merupakan learning object . Konten pembelajaran merupakan keruntutan dari kegiatan pedagogis secara umum. Perlu sebuah perancangan yang matang bagaimana membangun sebuah konten pembelajaran. Pengembangan konten pembelajaran merupakan aktivitas dalam pengembangan umum sebuah kegiatan belajar secara online. Silahkan klik MENAMBAHKAN KONTEN PEMBELAJARAN untuk memperjelas uraian materi kegiatan ini

    • Rekan-rekan, jika memerlukan konsultasi dalam melihat 2 topik utama dalam pembelajaran, silahkan rekan-rekan masuk dalam forum pengembagan pembelajaran online. Topik terdiri dari 2 hal yaitu
      1. Topik Pengembangan Konten Pembelajaran
      2. Topik Pengembangan Aktivitas Pembelajaran
      Saya persilahkan rekan-rekan

  • Pertemuan 13: PRAKTIKUM PENGEMBANGAN

    • Silahkan tambah nama anda pada TAB dibawah dan buatlah laporan kemajuan