
Assalamualaikum.
Bagaimana kabar kalian? Selamat bergabung ya dalam mata kuliah Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan bobot 2 SKS.
Perkenalkan saya Hartoto sebagai dosen pengampu mata kuliah ini. Saya berharap kita akan dapat belajar bersama dengan lebih maksimal dan menyenangkan. Saya telah mempersiapkan berbagai sumber belajar yang dapat Anda memperkaya wawasan Anda mengenai MK ini. Untuk praktikum, akan dilaksanakan di Lab PGSD sesuai dengan jadwal yang tertera. Jika ada kendala, silakan hubungi saya di hartoto@unm.ac.id . Tlp: 081 343 865 864, Twitter/IG: @hartoto_id
Selamat belajar. Salam berkelimpahan
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Media Pembelajaran Sekolah Dasar dimaksudkan agar mahasiswa PGSD mampu mengkaji dan memilih berbagai jenis media dan multimedia yang dimanfaatkan dalam pembelajaran SD sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Menganalisis kesesuaian antara jenis dan karakteristik media dengan tujuan, kendala dan karakteristik pembelajaran SD, serta karakteristik peserta belajar, sehingga mahasiswa memiliki sikap tanggungjawab terhadap ketepatan memilih media sesuai dengan tujuannya.
Mahasiswa PGSD sangat perlu mempelajari mata kuliah media pembelajaran SD karena sebagai guru SD nantinya akan berperan dalam menyampaikan pengetahuan pada siswa sehingga perlu mempermudah penyampaian pengetahuan tersebut menggunakan media pembelajaran. Pengetahuan dan informasi akan terbatas pada ruang dan waktu untuk disampaikan sehingga memerlukan penghubung agar diketahui oleh siswa di kelas. Media Pembelajaran akan membantu membentuk "penghubung" tersebut.
Learning outcome yang diharapkan dari mata kuliah media pembelajaran SD meliputi;
Referensi:
Silabus berisi apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara belajar yang ditempuh.
Berjumpa kembali pada topik pengantar media pendidikan di sekolah dasar. Pada topik ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi perbedaan antara media komunikasi dan media pembelajaran sehingga para mahasiswa dapat memahami pengertian media pembelajaran khususnya di jenjang pendidikan dasar.
Pemahaman tentang hakekat media pembelajaran diperlukan karena akan mendasari dalam merencanakan dan membuat media pembelajaran sehingga media yang dibuat akan efektif membantu pencapaian tujuan pembelajaran.
Materi pada topik pengantar media pembelajaran berisi tentang makna media pembelajaran, pendekatan media by design dan media by utilization. Dengan memahami media yang dibuat dan di gunakan akan sangatbmembantu mahasiswa calon guru dalam merencanakan dan menggunakan media yang ideal untuk proses pembelajaran.
Secara khusus materi yang dipelajari di pertemuan ini yaitu seputar konsep dasar media dan multimedia dalam pembelajaran di SD, untuk lebih jelasnya silahkan pelajari materi berikut;
Semoga bacaan diatas tentang hakekat media pembelajaran dapat memberikan kejelasan makna media pembelajaran.
Saksikan video berikut ini:
Setelah menyaksikan video di atas, berikan pendapatmu mengenai jenis media yang digunakan dalam video tersebut. apakah termasuk by design atau by utilysation? Jelaskan alasannya
Arief S. Sadiman. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada. L
Sharon E. Smaldino. 2012. Instructional technology and media for learning.USA. Pearson
Saudara mahasiswa yang baik. Topik kali ini membahas tentang manfaat media pembelajaran SD.
Beberapa pertanyaan awal adalah Mengapa harus ada media pembelajaran? apakah harus ada media dalam setiap pembelajaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka perlu dipahami manfaat media pembelajaran. Pemahaman media pembelajaran akan dimuali dari pendapat berbagai nara sumber tentang manfaat media pembelajaran.
Setelah mempelajari materi pada topikini anda akan bisa menjawab apakah pada setiap pembelajaran harus dihadirkan mmedia atauukah tidak.
Arief S. Sadiman. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada.
Sharon E. Smaldino. 2012. Instructional technology and media for learning.USA. Pearson
Pembelajaran sangat identik dengan media. Namun sebenarnya bagaimana landasan mendasar perlunya media dalam pembelajaran? Pada materi topik ini akan menjelaskan tentang landasan psikologis perlunya media dalam pembelajaran. Dengan memahami landasan psikologis penggunaan media akan mendukung kemampuan mahasiswa atau calon guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Apakah motivasi, memori, perhatian, emosi dan prestasi siswa dapat dipengaruhi oleh penggunaan media guru?
Setelah memahami topik ini mahasiswa dapat merencanakan dan menyusun media yang dapat meningkatkan motivasi, memori, perhatian, emosidan prestasi belajar siswa.
Ya benar. Perhatian sangat diperlukan dalam memahami suatu konsep. Berikut salah satu buktinya dalam tayangan video.
Perhatikan tayangan pada sejak awal pembelajaran (menit 1 detik 30) bagaimana reaksi siswa ketika melihat guru memegang sesuatu benda (media) yang dirasa belum pernah dilihat sebelumnya dan menduga apa kegunaannya?.
Media berpeluang meningkatkan perhatian dan motivasi belajar.
Hal/kejadian yang di dengar dan lihat akan mudah dilupakan, bagaimana dengan hal/kejadian yang dilakukan?
Sharon E. Smaldino. 2012. Instructional technology and media for learning.USA. Pearson
Saudara mahasiswa, seperti diketahui bahwa media pembelajaran diyakini dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Namun media yang seperti apa yang sebaiknya digunakan guru? Materi pada topik ini akan membahas tentang klasfikasi media. Pengetahuan tentang klasifikasi media ini dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu diterima, apakah melalui penglihatan langsung, proyeksi optik, proyeksi elektronik atau ICT. Sehingga sangat berguna bagi guru dalam merencanakan media yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Setelah mempelajari babak ini diharapkan mahasiswa dapat menyebutkan klasifikasi media dan merencanakan media untuk salah satu pembelajaran di SD.
Berikut wawasan lain tetang makna klasifikasi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya di sekolah dasar
Sharon E. Smaldino. 2012. Instructional technology and media for learning.USA. Pearson
Media grafis merupakan bentuk komunikasivisual yang menggunakan gambar atau simbol-simbol untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Media grafis merupan media yang paling sering digunakan Sekolah Dasaroleh guru dalam mengajar. Media grafis paling mudah dijumpai dan dikembangkan oleh guru untuk proses pembelajaran. Bagaimana merencanakan, mengembangkan dan mengnakan media grafis agar efisien maka perlu memahami prinsip-prinsip pengambangan media grafis.
Agar pemahaman para mahasiswa lebih utuh tentang media grafis mari pelajari materi berikut;
Paparan tentang media grafis.
Saksikan tayangan berikut, kemudian cobalah!