Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

    • Hi everyone approvewink

      Selamat datang dan selamat bergabung pada mata kuliah Pengembangan Kurikulum. Pengembangan Kurikulum adalah salah satu matakuliah wajib pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Dwijendra. Matakuliah ini mengkaji tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum, struktur kurikulum 2013, stuktur Kurikulum Merdeka, dan pembuatan modul ajar untuk mengajar Bahasa Inggris di jenjang SMP dan SMA/SMK

      Capaian Pembelajaran (CP)

      Menguasai  Teori, konsep, dan prinsip tentang karakteristik  dan perkembangan peserta didik, serta  pembimbingan dan pengembangan potensi peserta didik; menguasai teori , konsep dan prinsip pengembangan program pembelajaran, penyajian/ delivery (metode dan prosedur) , pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran bahasa Inggis yang mendidik; menguasai berbagai teori, konsep, dan prinsip kebahasaan,dan belajar bahasa serta menerapkannnya dalam pembelajaran bahasa Inggris baik untuk kebutuhan umum maupun khusus; menguasai kemahiran berbahasa Innggris secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan.

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)

      1. Mahasiswa memahami konsep dan komponen kurikulum

      2. Mahasiswa memahami tentang hakekat dan prinsip pengembangan kurikulum 

      3. Mahasiswa memahami struktur Kurikulum Merdeka

      4. Mahasiswa mampu merancang asesmen Kurikulum Merdeka

      5. Mahasiswa mampu merancang modul ajar

      Informasi Mata Kuliah

      Mata Kuliah            : Pengembangan Kurikulum

      Kode Mata Kuliah   : KKD 4103316

      Beban SKS              : 3 SKS

      Semester                : III (Tiga)

      Program Studi        : Pendidikan Bahasa Inggris

      Fakultas                  : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

      Perguruan Tinggi  : Universitas Dwijendra

      Dosen Pengampu

      Nama                    : I Komang Dedik Susila, S.Pd., M.Pd

      NIDN                     : 0828069203

      Email                     : dediksusila@gmail.com

    • Silahkan download rencana pembelajaran semester yang akan digunakan dalam proses pembelajaran semester ini. 

    • Kasus: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dwijendra

      Sekolah SMP Dwijendra adalah sekolah menengah pertama yang mulai menerapkan Kurikulum Merdeka. Namun, guru-guru di sekolah tersebut masih mengalami beberapa kendala, terutama dalam memahami prinsip-prinsip kurikulum baru dan menyesuaikannya dengan karakteristik siswa. Kepala sekolah berusaha memastikan bahwa implementasi kurikulum ini dapat berjalan lancar, namun ada perbedaan pandangan di antara para guru tentang metode pengajaran yang paling efektif.

      Kurikulum Merdeka ini menekankan pada pembelajaran berbasis proyek, fleksibilitas materi, dan pembentukan karakter. Namun, beberapa guru mengeluhkan kurangnya panduan spesifik tentang materi yang harus diajarkan, sehingga membuat mereka bingung tentang bagaimana mengintegrasikan keterampilan dasar seperti membaca dan menulis dengan proyek-proyek besar. Beberapa guru juga merasa bahwa prinsip-prinsip pembelajaran merdeka kurang cocok untuk siswa dengan kemampuan belajar yang beragam.

      1. Berdasarkan kasus di atas, jelaskan landasan filosofis dan psikologis yang mendasari Kurikulum Merdeka!
      2. Identifikasi dan jelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang harus dipahami oleh para guru di SMP Dwijendra!
      3. Analisis perubahan kurikulum dari kurikulum sebelumnya menuju Kurikulum Merdeka berdasarkan kasus. Apa perbedaan signifikan yang muncul?