Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan

    Selamat datang di Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran

    Halo rekan-rekan mahasiswa.

    Selamat datang di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teori dan praktek dalam pengembangan multimedia pembelajaran. Anda akan mempelajari konsep dasar, prinsip-prinsip, dan langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran yang akan membantu Anda mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pengembangan maupun pemanfaatan multimedia dalam konteks pendidikan.

    Dalam perkuliahan ini, Anda akan mencapai beberapa sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) berikut:

    1. Menguraikan konsep dasar dan peranan teori belajar dalam multimedia pembelajaran.
    2. Menjelaskan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran.
    3. Mengidentifikasi jenis-jenis multimedia pembelajaran.
    4. Menelaah langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran.
    5. Merancang multimedia pembelajaran berbasis android.
    6. Membuat flowchart dan storyboard program multimedia pembelajaran berbasis android.
    7. Membuat tampilan menu utama menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    8. Menyusun konten materi pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    9. Membuat evaluasi pembelajaran (kuis/tes) menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    10. Membuat tampilan penutup menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    11. Mengekspor program multimedia pembelajaran ke dalam bentuk .apk.
    12. Mengevaluasi program multimedia pembelajaran berdasarkan kriteria kelayakan multimedia.
    13. Melakukan implementasi program multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan.
    14. Melakukan penilaian respon pengguna terhadap program multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan.

    Keseluruhan materi yang dibahas dalam perkuliahan ini dapat dicemati pada peta materi perkuliahan di bawah ini.

      Bobot Penilaian

    Mata kuliah Multimedi Pembelajaran dilaksanakan dengan model Project Based Learning, sehingga bobot penilaian yang digunakan mengacu pada hasil proyek akhir yang akan Anda kembangkan. Secara rinci bobot penilaiannya adalah sebagai berikut:

    • Tugas pada tiap topik/pertemuan : 20%
    • Aktivitas atau keaktifan di LMS : 10%
    • Ujian Tengah Semester (UTS) : 30%
    • Proyek akhir (UAS) : 40%

      Petunjuk Belajar

    Perkuliahan akan menggunakan metode flipped classroom, di mana Anda akan mempelajari materi secara mandiri melalui LMS  kemudian mendiskusikannya pada pertemuan tatap muka atau online synchronous. Kami berharap metode ini dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman Anda terhadap materi yang diajarkan. Apabila Anda memiliki kendala dalam proses belajar, silahkan manfaatkan forum diskusi yang disediakan pada masing-masing topik materi.

    Salam Tim Dosen Pengampu,
    Dr. Nurhikmah H., S.Pd, M.Si. (Universitas Negeri Makassar)
    Farida Febriati, S. S., M. Si. 
    (Universitas Negeri Makassar)
    Sella Mawarni, S. Pd. M. Pd. 
    (Universitas Negeri Makassar)
    Ervianti, S. Pd., M. Pd. (Universitas Kristen Indonesia Toraja)

    Selamat belajar dan semoga sukses!

  • 1. Konsep dasar dan peranan teori belajar dalam multimedia pembelajaran (Case Method)

    Halo rekan-rekan mahasiswa!

    Selamat datang di pertemuan pertama mata kuliah Multimedia Pembelajaran. Pada sesi kali ini, kita akan memulai dengan membahas topik yang sangat mendasar, yaitu Konsep Dasar dan Peranan Teori Belajar dalam Multimedia Pembelajaran.

    Pada pertemuan ini, kita akan menguraikan konsep dasar multimedia pembelajaran serta memahami bagaimana teori-teori belajar dapat diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan multimedia sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Pemahaman yang baik tentang dasar-dasar ini akan menjadi fondasi penting bagi Anda dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih lanjut di bidang ini.

    Tujuan dari pembahasan kita pada topik ini meliputi:

    1. Menjelaskan pengertian dan karakteristik multimedia pembelajaran.
    2. Mengidentifikasi manfaat penggunaan multimedia dalam pembelajaran.
    3. Menguraikan landasan teori belajar yang mendasari penggunaan multimedia pembelajaran.

    Silahkan akses keseluruhan materi dan aktivitas sehingga Anda dapat memperoleh pemahaman yang kuat tentang bagaimana multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Jangan ragu untuk bertanya melalui forum diskusi jika ada hal-hal yang kurang jelas.
    Selamat belajar!

  • 2. Prinsip-prinsip multimedia pembelajaran (Case Method)

    Halo teman-teman pembelajar yang luar biasa. 

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Pada pertemuan kedua ini, kita akan membahas topik yang sangat penting yaitu Prinsip-prinsip Multimedia Pembelajaran

    Dalam pertemuan ini, kita akan menggali lebih dalam tentang prinsip-prinsip dasar yang harus diperhatikan saat mengembangkan multimedia untuk keperluan pembelajaran. Memahami prinsip-prinsip ini akan membantu Anda menciptakan konten multimedia yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran.

    Tujuan dari pembahasan kita pada topik ini meliputi:

    1. Menjelaskan prinsip-prinsip multimedia menurut teori Mayer.
    2. Mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam desain multimedia pembelajaran.
    3. Menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam contoh-contoh praktis pengembangan multimedia pembelajaran.

    Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip multimedia, Anda akan mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih efisien dan berdampak positif bagi proses belajar siswa.

    Pastikan Anda membaca setiap bagian dengan teliti dan jangan lupa untuk mengerjakan aktivitas yang telah disediakan, Apabila terdapat pertanyaan seputar topik ini, Anda bisa ajukan melalui kolom Forum Diskusi

    Selamat belajar!

  • 3. Jenis-jenis multimedia pembelajaran (Case Method)

    Halo rekan-rekan mahasiswa, bagaimana kabar Anda?

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Setelah memperlajari konsep dasar dan prinsip-prinsip dalam multimedia pembelajaran, maka pada pertemuan ketiga ini kita akan membahas topik yang sangat menarik, yaitu Jenis-jenis Multimedia Pembelajaran. Kita akan menjelajahi berbagai jenis multimedia yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Dengan mengetahui jenis-jenis multimedia ini, akan membantu Anda memilih dan mengembangkan multimedia yang paling tepat untuk kebutuhan pembelajaran. Kita akan membahas empat jenis utama multimedia pembelajaran, yakni jenis multimedia simulasi, tutorial, drill, dan educational games. 

    Tujuan pembelajaran pada topik pembahasan kita hari ini meliputi:

    1. Mengidentifikasi berbagai jenis multimedia pembelajaran yang umum digunakan.
    2. Menjelaskan karakteristik dan kelebihan masing-masing jenis multimedia.
    3. Mengeksplorasi contoh-contoh penerapan multimedia dalam konteks pembelajaran.

    Dengan memahami berbagai jenis multimedia ini, kalian akan memiliki banyak pilihan dan kreativitas dalam merancang materi pembelajaran yang menarik dan efektif.

    Mari kita mulai pembahasan kita hari ini dengan penuh antusiasme dan rasa ingin tahu. Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diksusi. Diskusi kita akan lebih seru jika kalian aktif berpartisipasi.

    Selamat belajar!

  • 4. Langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran (Team Based Project)

    Halo rekan mahasiswa, bagaimana kabar Anda? Semoga makin tambah semangat dalam belajar di mata kuliah ini. 

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Pada pertemuan keempat ini, kita akan membahas Langkah-langkah Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Langkah pengembangan yang dibahas pada pertemuan ini merujuk pada model pengembangan Allesi & Trollip. Topik ini sangat penting karena akan memberikan kalian panduan praktis dalam merancang dan mengembangkan multimedia pembelajaran yang efektif.

    Capaian pembelajaran dari sesi ini adalah:

    1. Mengidentifikasi langkah-langkah model pengembangan Allesi & Trollip.
    2. Menjelaskan sub komponen dari masing-masing langkah pengembangan.

    Dengan memahami langkah-langkah ini, kalian akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang berkualitas.

    Mari kita mulai dengan penuh antusiasme dan jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide. Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diksusi. Diskusi kita akan lebih seru jika kalian aktif berpartisipasi.

    Selamat belajar!

     

  • 5. Merancang multimedia pembelajaran berbasis Android (Team Based Project)

    Halo rekan-rekan mahasiswa, apakah Anda sudah siap untuk belajar di pertemuan ini? 

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Pada pertemuan kelima ini, kita akan membahas Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif. Topik ini sangat penting karena akan memberikan kalian panduan praktis dalam merancang multimedia pembelajaran yang efektif dan menarik.

    Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini, yakni:

    1. Menentukan capaian pembelajaran/mata pelajaran yang akan dikembangkan.
    2. Ketepatan menentukan bahan ajar/materi pembelajaran.
    3. Merancang kuis/evaluasi pembelajaran.
    4. Membuat GBIPM (Garis Besar Isi Program Multimedia)

    Dengan memahami konsep-konsep ini, kalian akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk merancang multimedia pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

    Mari kita mulai dengan penuh antusiasme dan jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diskusi. Diskusi kita akan lebih seru jika kalian aktif berpartisipasi.

    Selamat belajar!

  • 6. Flowchart dan storyboard program multimedia pembelajaran berbasis Android (Team Based Project)

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? Selamat datang di pekan ke-6. 

    Pada pertemuan ke-6 ini, kita akan menjelajahi bagaimana cara merancang flowchart dan storyboard untuk program multimedia pembelajaran berbasis Android. Mungkin Anda pernah mendengar istilah ini, tapi pernahkah Anda membayangkan bagaimana sebuah aplikasi pembelajaran bisa terbentuk dari sekumpulan ide sederhana menjadi produk interaktif yang kaya akan fitur? Nah, di sinilah peran flowchart dan storyboard menjadi sangat krusial!

    Tujuan pembelajaran kita kali ini meliputi:

    1. Ketepatan dalam mengoperasikan aplikasi Clik Chart Diagram.
    2. Ketepatan dalam membuat flowchart untuk program multimedia pembelajaran.
    3. Ketepatan dalam menyusun storyboard yang menggambarkan alur dan desain tampilan program multimedia.


    Dengan memahami dan menguasai kemampuan ini, Anda akan memiliki dasar yang kuat dalam pengembangan aplikasi pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, simak keseluruhan materi dan silahkan berpartisipasi aktif dalam setiap aktivitas yang telah disiapkan.

    Selamat Belajar!

  • 7. Membuat tampilan menu menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (Team Based Project)

    Jalan-jalan ke pasar pagi,
    Membeli kain untuk dijahitkan,
    Belajar desain menu yang asyik di hati,
    Aplikasi menarik pasti terwujudkan.

    Selamat datang di pertemuan ke-7. Pada pertemuan kali ini, kita akan memasuki tahap yang lebih menarik dalam pengembangan multimedia pembelajaran, yaitu membuat tampilan menu utama menggunakan aplikasi Smart Apps Creator. Bayangkan bagaimana kesan pertama yang Anda rasakan saat membuka sebuah aplikasi? apakah pertama kali yang dinilai adalah tampilannya yang menarik? Selanjutnya apakah navigasinya mudah? Ya, Semua itu bermula dari desain menu utama yang tepat dan kreatif.

    Capaian pembelajaran yang akan kita raih dalam topik ini adalah:

    1. Ketepatan dalam membuat tampilan menu utama yang selaras dengan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran.
    2. Kreativitas dalam mendesain tampilan menu utama agar mampu menarik perhatian dan memudahkan pengguna.


    Dengan menguasai keterampilan ini, Anda akan mampu menciptakan antarmuka yang tidak hanya fungsional, tetapi juga menarik secara visual. Jadi, pastikan Anda mengikuti seluruh materi dan praktik dengan penuh perhatian, karena inilah kesempatan Anda untuk berkreasi dan menguji kemampuan desain Anda.

    Selamat Belajar!

  • 8. Ujian Tengah Semester (Team Based Project)

    Di taman bunga mawar merekah,
    Harum semerbak di pagi hari.
    Hadapi ujian dengan penuh berkah,
    Usaha dan doa kunci meraih prestasi.

    Tidak terasa, perjalanan kita telah sampai pada pertengahan semester di Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran. Bagaimana pembelajaran yang telah Anda lalui selama ini? Apa materi yang menurut Anda paling berkesan? Pekan ini, silakan unggah rencana program dan isi refleksi perkuliahan tengah semester

    Gambaran Umum Projek UTS

    Pada projek UTS, rekan-rekan mahasiswa secara berkelompok merancang multimedia pembelajaran sesuai syarat-syarat yang telah dijelaskan pada materi sebelumnya.

    Detail pengerjaan UTS dapat dilihat pada penjelasan di bawah!

  • 9. Menyusun materi pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (Team Based Project)

    Halo rekan mahasiswa yang penuh semangat!

    Pada pertemuan ke-9 ini, kita akan mengupas tuntas tentang menyusun konten materi pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik dan mudah dipahami. Kita akan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator sebagai alat bantu utama. Pernahkah Anda berpikir bagaimana sebuah materi pembelajaran dapat dikemas sedemikian rupa sehingga mampu menarik perhatian dan memotivasi peserta didik? Inilah momen untuk mewujudkannya!

    Capaian pembelajaran yang ingin kita raih kali ini adalah:

    1. Menyusun konten materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran.
    2. Menghasilkan konten materi yang didesain dengan kreativitas tinggi.

    Dengan mengikuti keseluruhan materi ini, Anda akan dapat merancang materi yang tidak hanya berfungsi sebagai media penyampai informasi, tetapi juga mampu meningkatkan pemahaman dan minat belajar. Jadi, siapkan diri Anda untuk menyelami setiap tahap pembuatan konten dan eksplorasi ide-ide kreatif Anda melalui keseluruhan materi dan aktivitas yang ada pada pertemuan ini.

    Mari kita mulai dengan penuh antusiasme dan jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diskusi. 

    Semangat Belajar!

  • 10. Menyusun evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (Team Based Project)

  • 11. Membuat tampilan penutup program multimedia pembelajaran (Team Based Project)

    Selamat datang di pertemuan ke-11! Pada sesi kali ini, kita akan mendalami cara membuat tampilan penutup dalam program multimedia pembelajaran. Bagian ini sering kali dianggap sepele, padahal memiliki peran penting dalam memperkuat retensi pengetahuan. Tampilan penutup yang dirancang dengan baik dapat membantu peserta didik meninjau ulang informasi utama, memberikan pesan motivasi terakhir, dan mengarahkan mereka ke langkah selanjutnya, seperti kuis, umpan balik, atau materi tambahan. Ini sangat relevan untuk pembelajaran yang diakses di perangkat mobile, agar peserta didik tetap terarah meskipun berada di akhir sesi.

    Capaian Pembelajaran yang ingin dicapai:

    1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen penting dalam tampilan penutup program multimedia pembelajaran interaktif.
    2. Mahasiswa dapat merancang dan menghasilkan tampilan penutup yang efektif dan menarik pada program multimedia pembelajaran interaktif.

    Tampilan penutup tidak hanya harus informatif, tetapi juga memotivasi peserta didik untuk terus belajar, misalnya dengan menyarankan sumber belajar lain atau menampilkan ringkasan pencapaian mereka. Anda juga bisa menambahkan call-to-action (CTA), seperti ajakan untuk mengulang materi, memberikan umpan balik, atau mengakses konten lanjutan.

    Jangan lupa, ikuti seluruh instruksi perkuliahan dan praktik yang tersedia agar Anda mendapatkan pengalaman maksimal dalam perancangan ini. Jika ada hal-hal yang kurang jelas atau tantangan yang Anda temui, silakan bertanya di forum diskusi agar kita bisa saling membantu dan belajar bersama.

    Selamat Belajar!

     

  • 12. Mengekspor program multimedia pembelajaran kedalam format .apk (Team Based Project)

    Halo, rekan-rekan mahasiswa! 
    Bagaimana kabar Anda? Semoga Anda semua dalam keadaan sehat, bahagia, dan siap menyambut materi baru dengan semangat.

    Pada pertemuan pekan ini, kita akan mempelajari cara mengekspor program multimedia pembelajaran ke dalam format .apk (Android). Kompetensi ini sangat penting, terutama dalam era pembelajaran digital yang semakin berkembang, di mana akses materi melalui perangkat mobile menjadi kebutuhan. Dengan mengonversi program multimedia menjadi aplikasi Android, Anda dapat memastikan bahwa peserta didik dapat belajar secara fleksibel dan interaktif, kapan saja dan di mana saja, tanpa bergantung pada akses internet yang terus-menerus.

    Capaian Pembelajaran yang ingin dicapai

    1. Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah teknis untuk mengekspor program multimedia pembelajaran ke format .apk.
    2. Mahasiswa dapat menghasilkan file .apk dari program multimedia yang telah dirancang dan siap digunakan di perangkat Android.

    Agar Anda dapat mencapai hasil maksimal, pastikan untuk mengikuti setiap petunjuk perkuliahan dengan cermat. Pada tahap awal, Anda akan dibimbing melalui langkah-langkah persiapan, seperti pengaturan proyek dan struktur file. Selanjutnya, Anda akan mempelajari cara mengatasi potensi kendala dalam proses ekspor, seperti kompatibilitas dan optimasi ukuran aplikasi. Jika di tengah proses ada kendala atau pertanyaan, jangan ragu untuk memanfaatkan forum diskusi.

    Selamat Belajar!

  • 13. Mengevaluasi program multimedia pembelajaran berdasarkan kriteria kelayakan(Team Based Project)

    Halo rekan-rekan mahasiswa!

    Kita telah memasuki pekan ke-13 dan itu berarti kita semakin dekat dengan akhir semester. Pada pertemuan kali ini, kita akan fokus pada evaluasi program multimedia pembelajaran. Evaluasi ini merupakan bagian penting dalam memastikan bahwa program yang Anda buat tidak hanya berfungsi secara teknis, tetapi juga berdampak secara efektif pada proses belajar peserta didik. Melalui evaluasi yang tepat, Anda bisa menentukan apakah program tersebut sudah memenuhi kriteria kelayakan, seperti relevansi konten, keterlibatan pengguna, kemudahan navigasi, serta stabilitas dan kinerja aplikasi.

    Capaian Pembelajaran yang Ingin Dicapai:

    1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kriteria evaluasi program multimedia pembelajaran.
    2. Mahasiswa dapat melakukan evaluasi secara komprehensif untuk menilai kualitas program multimedia berdasarkan kriteria kelayakan.

    Untuk memaksimalkan pemahaman, silahkan pelajari modul yang telah disediakan dan praktikkan sesuai dengan petunjuk tugas. Anda akan diarahkan untuk mengevaluasi program dari berbagai aspek, seperti desain visual, interaktivitas, serta kemampuan program dalam mendukung tujuan pembelajaran. Evaluasi yang baik tidak hanya bertujuan menemukan kelemahan, tetapi juga membantu Anda meningkatkan kualitas program secara keseluruhan.

    Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami modul atau menemukan kendala saat melakukan evaluasi, manfaatkan forum diskusi. Diskusi dengan rekan-rekan dan pengajar akan membantu Anda mendapatkan sudut pandang baru dan solusi terhadap setiap masalah yang muncul.

    Selamat belajar!

  • 14. Melakukan implementasi program multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan (Team Based Project)

    Halo rekan-rekan mahasiswa yang penuh semangat!

    Selamat datang di pertemuan ke-14!
    Pekan ini, kita akan melangkah ke tahap penting dalam proses pembelajaran kita, yaitu mengimplementasikan produk yang telah Anda buat kepada pengguna. Ini adalah momen yang sangat berharga untuk melihat hasil kerja keras Anda dan mendapatkan umpan balik yang konstruktif. Pastikan Anda mengikuti petunjuk perkuliahan yang telah disediakan dengan seksama agar proses implementasi berjalan lancar.

    Jika Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menyampaikannya di forum diskusi. Mari kita dukung satu sama lain dan saling berbagi pengalaman dalam perjalanan ini.

    Selamat belajar, dan sukses untuk kita semua!

  • 15. Penilaian respon pengguna program multimedia pembelajaran (Team Based Project)

    Halo rekan mahasiswa yang penuh semangat!

    Selamat datang di pertemuan ke-15! Pada sesi kali ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dalam pengembangan program multimedia pembelajaran, yaitu penilaian respon pengguna. Setelah kita berhasil membuat program pembelajaran, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi bagaimana pengguna (peserta didik) merespons program tersebut. Evaluasi ini tidak hanya membantu kita memahami efektivitas dan daya tarik program, tetapi juga memberikan wawasan berharga untuk perbaikan di masa mendatang. Misalnya, perubahan berdasarkan umpan balik pengguna sebelumnya telah meningkatkan pengalaman belajar secara signifikan dalam proyek-proyek sebelumnya.

    Capaian pembelajaran yang ingin kita raih dalam pertemuan ini adalah:

    1. Menerapkan metode untuk menilai respon pengguna terhadap program multimedia pembelajaran.
    2. Menganalisis hasil penilaian yang diperoleh dari pengguna.

    Dalam sesi ini, kita akan mengeksplorasi berbagai cara untuk mengukur kepuasan, efektivitas, dan keterlibatan pengguna, baik melalui kuesioner maupun umpan balik langsung. Penilaian ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan dampak dari program yang Anda kembangkan. Jangan ragu untuk bertanya melalui forum diskusi jika ada hal-hal yang kurang jelas.

    Selamat Belajar!

  • 16. Ujian Akhir Semester (Team Based Project)

    Rekan-rekan mahasiswa,

    kita berjumpa kembali di pertemuan ke-16 pada mata kuliah multimedia pembelajaran ini. Tidak terasa, ini adalah pertemuan terakhir kita. Pada pekan ini, Anda diharapkan untuk dapat mengumpulkan produk akhir perkuliahan dan mempresentasikan produk tersebut

    Gambaran Umum Projek UAS

    Rekan-rekan mahasiswa menghasilkan sebuah produk multimedia pembelajaran yang dikerjakan secara berkelompok. Produk tersebut harus memenuhi kriteria kelayakan media

    Detail penugasan UAS dijelaskan pada deskripsi di bawah ini.

  • Kuisioner Evaluasi Kualitas Pembelajaran Daring