Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan




    SELAMAT BERGABUNG GENERASI HEBAT

    Selamat datang, rekan-rekan mahasiswa yang saya hormati,

    di mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks!

    Saya sangat senang dapat bersama rekan-rekan dalam perjalanan pembelajaran ini. 

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ini  sebagai berikut

    CPMK-1

    Mampu menjelaskan  konsep menelaah kurikulum pendidikan dan buku teks  untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah (CPL 2)

    CPMK-2

    Mampu menganalisis konsep menelaah kurikulum pendidikan bidang seni budaya (seni rupa)  dan buku teks  bidang seni budaya (seni rupa). (CPL 3)

    CPMK-3

    Mampu menelaah kurikulum pendidikan bidang seni budaya (seni rupa)  dan buku teks  bidang seni budaya (seni rupa). (CPL 4)


    Mata kuliah ini tidak hanya sekadar tentang teori, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa menciptakan pengalaman belajar yang bermanfaat dan inspiratif bagi siswa kita di masa depan.

    Kita akan menggali berbagai aspek kurikulum dan buku teks dalam seni budaya, khususnya seni rupa. Saya berharap setiap dari Anda dapat melihat pentingnya peran kita sebagai pendidik dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dan memilih buku teks yang dapat mendorong kreativitas serta pemahaman mendalam di kalangan siswa.

    Ingatlah, setiap ide yang rekan-rekan kemukakan, setiap diskusi yang rekan-rekan ikuti, adalah langkah menuju menjadi pendidik yang lebih baik. Jadilah aktif, kritis, dan terbuka untuk belajar. Rekan-rekan yang memiliki potensi untuk membuat perbedaan yang signifikan di dunia pendidikan seni. Mari kita bersama-sama menjadikan pengalaman ini sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Saya percaya, dengan semangat dan kerja keras, kita bisa mencapai hal-hal luar biasa! Selamat belajar, dan mari kita mulai petualangan ini!








  • 1. konsep kurikulum pendidikan Indonesia (Case Method)



    Halo rekan-rekan mahasiswa yang penuh semangat! 

    Selamat datang di pertemuan 1 mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks. 

    Hari ini, kita akan memasuki Sub CPMK 1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kurikulum pendidikan Indonesia. pertemuan ini membahas tentang konsep kurikulum pendidikan Indonesia. Kita akan bersama-sama menggali berbagai komponen yang membentuk kurikulum, serta memahami bagaimana kurikulum tersebut dirancang untuk mendukung pembelajaran yang efektif. Saya berharap, melalui diskusi ini, kalian akan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam dan siap untuk mengaplikasikannya dalam praktik mengajar di masa depan. Mari kita mulai perjalanan ini dengan penuh antusiasme dan rasa ingin tahu!

  • 2. fungsi dan peran kurikulum pendidikan (Case Method)


    Selamat datang kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah telaah kurikulum dan buku teks!
    Sub CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) pada pertemuan 2 ini ialah  mampu menjelaskan fungsi dan peran kurikulum pendidikan. kita akan menggali secara mendalam tentang fungsi dan peran kurikulum dalam pendidikan, serta bagaimana buku teks menjadi alat penting dalam proses pembelajaran. Saya berharap Anda semua dapat berpartisipasi aktif, karena setiap pertanyaan dan pendapat sangat berharga. Ingatlah, pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih baik. Mari kita bersama-sama menjadikan perkuliahan ini pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan, serta memotivasi diri untuk terus belajar dan berkembang. Selamat belajar!


  • 3. prinsip, azas dan landasan pengembangan kurikulum (Case Method)


    Selamat datang di pertemuan 3 yang membahas prinsip, asas, dan landasan pengembangan kurikulum! 

    Pada sesi kali ini, Sub CPMK ialah mampu menganalisis prinsip, asas, dan landasan pengembangan kurikulum. 
     Memahami prinsip dan asas dalam pengembangan kurikulum adalah langkah awal yang krusial untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Saya mendorong kalian semua untuk aktif berdiskusi dan bertanya, karena setiap pandangan yang kalian miliki dapat memperkaya pemahaman kita bersama. Ingatlah, pengetahuan yang kita peroleh hari ini adalah fondasi untuk inovasi pendidikan di masa depan. Mari kita jelajahi bersama dan temukan wawasan baru yang dapat menginspirasi perubahan!

  • 4. komponen dan model pengembangan kurikulum pendidikan (Case Method)



    Selamat datang di pertemuan 4 kita, di mana kita akan membahas komponen dan model pengembangan kurikulum pendidikan! Dalam sesi ini, kita akan mengupas berbagai elemen yang membentuk kurikulum yang efektif serta model-model yang dapat digunakan untuk mengembangkannya. Saya mendorong rekan-rekan semua untuk aktif berpartisipasi, karena setiap pendapat dan pertanyaan yang kalian ajukan akan memperkaya diskusi kita. Ingatlah, pemahaman yang mendalam tentang kurikulum adalah kunci untuk menjadi pendidik yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk belajar bersama dan menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan!

  • 5-6. menelaah kurikulum merdeka (Case Method)

    Selamat datang kepada seluruh mahasiswa yang bergabung dalam pertemuan 5 dan 6 ini! Kami sangat antusias untuk bersama-sama menelaah Kurikulum Merdeka, sebuah langkah inovatif dalam dunia pendidikan kita. Sub CPMK 5 pada pertemuan ini ialah Mahasiswa mampu menelaah kurikulum seni rupa. Kita akan mendiskusikan berbagai aspek dan implementasi kurikulum yang mengedepankan kebutuhan serta potensi setiap siswa. Mari kita berkolaborasi, berbagi perspektif, dan menggali lebih dalam mengenai bagaimana kurikulum ini dapat membawa perubahan positif dalam proses belajar mengajar. Kehadiran kalian sangat berharga, dan kami berharap diskusi ini akan menjadi pengalaman yang inspiratif bagi kita semua!


  • 7. konsep buku teks (Case Method)




    Selamat datang kepada semua mahasiswa yang bergabung di pertemuan 7 ini! Hari ini, 

    Sub CPMK 6 pada pertemuan ini ialah Mahasiswa mampu menganalisis konsep buku teks.

    Kita akan membahas konsep buku teks, yang merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Buku teks tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga sebagai alat yang dapat membimbing kita dalam memahami berbagai konsep dan ide dengan lebih mendalam. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi dan saling berbagi perspektif, karena setiap pendapat kalian sangat berharga. Ingatlah bahwa setiap langkah dalam belajar adalah investasi untuk masa depan kita. Jadi, tetap semangat dan terbuka untuk menggali lebih dalam, karena pengetahuan yang kita peroleh hari ini akan membentuk fondasi untuk perjalanan akademis dan profesional kita selanjutnya!

  • 8. Ujian Tengah Semester

  • 9 - 10 penilaian buku teks (Case Method)



    Selamat datang kepada semua mahasiswa yang bergabung di pertemuan 9 dan 10 ini! 

    Sub CPMK 7 pertemuan ini ialah Mahasiswa mampu menganalisis penilaian buku teks seni rupa.

    Hari ini, kita akan membahas materi penilaian buku teks, yang merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran. Saya sangat berharap kalian semua dapat mempelajari materi ini dengan seksama, karena pemahaman yang mendalam akan membantu kita menilai kualitas dan efektivitas buku teks dalam mendukung pembelajaran. Jangan lupa untuk mengerjakan tugas yang diberikan, karena ini adalah kesempatan kalian untuk menerapkan pengetahuan yang telah kalian pelajari. Mari kita gunakan waktu ini untuk berdiskusi, berbagi pandangan, dan saling menginspirasi dalam proses belajar kita. Semangat untuk belajar, dan saya yakin kalian akan meraih hasil yang memuaskan!
  • 11-12. mengembangkan kurikulum seni rupa (Team Based Project)


    SEKALI SEMANGAT TETAP SEMANGAT!!!!
    Selamat datang kembali kepada semua mahasiswa yang bergabung dalam pertemuan ke-11 dan ke-12 ini! 
    Sub CPMK 8 pada pertemuan ini ialah Mahasiswa mampu mengembangkan kurikulum  seni rupa
    Kami sangat antusias untuk berdiskusi tentang pengembangan kurikulum seni, khususnya dalam bidang seni rupa. Pertemuan ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan inovatif dalam menciptakan kurikulum yang tidak hanya relevan dengan perkembangan seni terkini, tetapi juga mampu membentuk karakter dan keterampilan mahasiswa. Mari kita bersama-sama berbagi pemikiran, pengalaman, dan visi untuk menciptakan pengalaman belajar yang inspiratif dan berdampak!


  • 13-15. menilai buku teks seni budaya/seni rupa (Team Based Project)



    Selamat datang kembali kepada seluruh mahasiswa!

    Kami sangat senang dapat berkumpul kembali dalam pertemuan ini. Sub CPMK 9 pertemuan ini ialah 

    untuk membahas topik yang menarik dan penting, yaitu penilaian buku teks seni budaya dan seni rupa. Kehadiran kalian sangat berarti, karena perspektif dan kontribusi setiap individu akan memperkaya diskusi kita. Mari kita eksplorasi bersama berbagai aspek dalam penilaian buku teks, sehingga kita dapat memahami lebih dalam tentang bagaimana materi seni dapat dihadirkan dan diaplikasikan dalam pembelajaran. Semoga pertemuan ini tidak hanya informatif, tetapi juga menginspirasi kreativitas kita semua!


    Berikut ini beragam buku teks seni budaya / seni rupa pada kurikulum merdeka. SIlahkan dibaca dan dicermati dengan baik 

  • 16. Ujian Akhir Semester