Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

  • PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS RENDAH

    Selamat datang dan selamat bergabung dengan Kuliah Daring Bahasa Indonesia Kelas Rendah bersama saya Dewi Tryanasari dan Tim. Kami adalah dosen aktif di IKIP PGRI Madiun yang bergerak dalam bidang bahasa Indonesia dan pembelajarannya di SD.

    Pada dasarnya Bahasa adalah salah satu kompetensi wajib yang harus dikuasasi oleh manusia sebagai maklhuk sosial untuk mampu berinteraksi dengan sesamanya. Dengan penguasaan kompetensi berbahasa yang mumpuni seseorang akan mampu eksis di dunia ini. Sayangnya pembelajaran bahasa Indonesia di SD seringkali dianggap tidak penting oleh masyarakat kita sebab ditengarai bahwa saat ini bahasa Indonesia telah dikuasai oleh siswa bahkan sebelum mereka ada pada masa sekolah. Orang tua di era modern cenderung memajankan bahasa Indonesia kepada putra-putrinya sebagai bahasa Ibu yang digunakan untuk komunikasi sehari-hari. Sehingga pengajaran bahasa Indonesia kepada anak berusia dini cenderung mengarah pada pemerolehan bahasa dari pembelajaran bahasa. Keuntungan utama yang diperoleh adalah anak menjadi komunikatif dalam menggunakan bahasa Indonesia namun konteks komunikasi yang dikuasai tentu merupakan komunikasi tidak resmi. Akbatnya kemampuan yang bersifat formal pada keterampilan berbahasa seringkali terabaikan karena siswa merasa jenuh dengan bahasa itu sendiri.

    Kenyataan di lapangan, tentang budaya dan kemampuan literasi bangsa Indonesia sangat memprihatinkan. Berdasarkan penilaian Programme for International Assessment of Adult Competencies (PIAAC) yang baru pertama kali diikuti Indonesia tahun 2016 ini, menujukkan hasil yang memprihatinkan. Dari 34 negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development(OECD), penilaian kemampuan numerasi, literasi, serta kemampuan memecahkan masalah para responden masyarakat dewasa ini di Jakarta, ternyata Indonesia berada di peringkat paling bungsu (dikutip dari sini)

    Bertitik tolak dari hal tersebut maka dalam perkuliahan ini akan disajikan paradigma pembelajaran bahasa Indonesia secara umum, pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah, serta literasi inovatif yang bisa diterpkan di lapangan sebagai bekal calon guru SD menghadapi perubahan. Keseluruhan konten dalam perkuliahan tersebut akan terbagi ke dalam 8 sub topik yang dilengkapi dengan diskusi sekaligus latihan soal.

    Sekali lagi selamat bergabung, harapan kami materi ini dapat memperluas wawasan mahasiswa tentang gambaran pembelajaran Bahasa Indonesia di lapangan. Untuk RPS lengkap bisa dilihat pada file PDF di bawah ini:

  • TOPIK 1. PARADIGMA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

    • Pada topik ini akan dijelaskan tentang perkembangan pengajaran bahasa di SD secara umum serta problematikanya di lapangan. Untuk itu sebelum mengikuti pembelajaran ada baiknya Anda mengamati atau membaca penelitian terbaru tentang kondisi pengajaran Bahasa Indonesia di SD baik pada kurikulum 2006 maupun kurikulum 2013.

    • Tahukah Anda bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia harus dijalankan di Sekolah Dasar?

      Untuk menjawab pertanyaan di atas bacalah materi ini dengan mendownloadnya terlebih dahulu.

    • forum ini akan membahas tentang pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas rendah serta literasi.

      Berdasarkan materi yang telah Anda baca, berikan tanggapan anda terkait dengan pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas rendah serta kaitannya untuk memperkuat literasi lanjut.

    • jawablah kuis berikut ini dengan benar agar memperoleh nilai yang baik

  • TOPIK 2. PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

    Topik ini membahas perkembangan bahasa anak secara umum

    • Bahasa adalah sesuatu yang sifatnya dinamis. Perkembangan penguasaan bahasa pada masing-masing anak berbeda. Namun secara umum pada tahapan usia tertentu, secara teori laju perkembangan bahasa anak bisa digeneralisasikan. Pengetahuan general tentang perkembangan bahasa anak bisa membantu guru dalam proses pembelajaran bahasa secara berimbang. Untuk itu di bawah ini disajikan teori perkembangan bahasa sebagai berikut. Untuk melengkapi pemahaman kalian, teori di bawah juga dilengkapi power point (yang diadaptasi dari PPT Euis Siskaningrum, PPPPPTK Bisnis dan Pariwisata, siskanings2003@yahoo.com

      Selain itu Anda bisa membuka link di bawah ini

      PDF 1 & PDF 2

    • Dari teori perkembangan bahasa yang sudah Anda baca, menurut Anda teori mana yang paling relevan? Jelaskan alasan Anda dikaitkan dengan kondisi nyata yang Anda temui di lapangan.

    • Pilihlah satu objek penelitian (anak usia 6-9 tahun) kemudian catatlah perkembangan bahasa anak tersebut dari segi sintaksisnya. Bandingkan catatan Anda dengan catatan rekan sejawat Anda (pilih 2 orang rekan sejawat). Setelah itu buatlah resume analisis terhadap fenomena yang Anda temukan sesuai dengan teori perkembangan bahasa yang Anda ketahui.

    • Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  • TOPIK 3. TEORI PENGAJARAN BAHASA DI SD KELAS RENDAH

    Dalam sebuah proses pembelajaran tentu membutuhkan teori yang melandasi pembelajaran tersebut agar tetap terkontrol dan berada pada koridor akademik yang relevan. Oleh sebab itu, teori tentang pengajaran bahasa di SD kelas rendah penting untuk dipelajari dan dipahami lebih lanjut.

      1. Dari teori perkembangan bahasa yang sudah Anda baca, menurut Anda teori mana yang paling relevan? Jelaskan alasan Anda dikaitkan dengan kondisi nyata yang Anda temui di lapangan.
      2. Dari teori yang telah Anda pilih, manakah pendekatan dan metode yang Anda anggap ideal?

      1. Observasilah pemerolehan bahasa pada siswa kelas 1,2, atau 3 di sekolah sekitar tempat tinggal Anda!
      2. Buatlah artikel mengenai teori perkembangan bahasa yang sesuai dengan pola penerimaan siswa tersebut terhadap B1 maupun B2-nya!
      3. Artikel dikerjakan secara individu.
      4. Sertakan daftar pustaka yang relevan sejumlah 4-5 buku ber-ISBN, dan 2-3 artikel jurnal nasional atau internasional.

    • Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  • TOPIK 4. KETERAMPILAN RESEPTIF SESUAI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

    Pada topik ini dijelaskan tentang keterampilan reseptif ditinjau dari pengertian, perbedaan, hingga jenis dan manfaatnya. Hal tersebut tentu saja didasarkan pada perkembangan kompetensi bahasa anak yang berbeda sesuai tahap perkembangannya, yang dalam hal ini terkonsentrasi pada kelas rendah di sekolah dasar. Untuk lebih memahami topik ini ada baiknya Anda membaca dan memahami penelitian terbaru mengenai keterampilan reseptif dalam literasi untuk kelas rendah di sekolah dasar.

    • Forum ini akan membahas pentingnya keterampilan reseptif sesuai perkembangan bahasa siswa agar tiap tahapannya dapat berproses dengan baik.

      Materi Diskusi:

      Setelah memahami penjelasan di atas, maka diskusikan dengan kelompok Anda mengenai:

      1. Pentingnya menguasai keterampilan reseptif bagi anak usia kelas rendah di sekolah dasar.
      2. Cara membiasakan menggunakan keterampilan reseptif siswa agar dapat mengasah dan mengembangkan kemampuan literasinya.

    • Berdasarkan hasil diskusi, buatlah artikel dengan tema "Keterampilan Reseptif sesuai Tahap Perkembangan Bahasanya" dengan ketentuan sebagai berikut.

      1. Artikel merupakan hasil analitis kritis terhadap fenomena yang Anda temukan di lapangan terkait penguasaan keterampilan reseptif siswa di kelas rendah sekolah dasar.
      2. Literatur yang digunakan minimal 4 buku ber-ISBN, dan 2 artikel dari jurnal maupun prosiding.

    • Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang Saudara anggap benar!

  • TOPIK 5. KETERAMPILAN PRODUKTIF SESUAI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

    Pada topik ini dijelaskan tentang keterampilan produktif ditinjau dari pengertian, perbedaan, hingga jenis dan manfaatnya. Hal tersebut tentu saja didasarkan pada perkembangan kompetensi bahasa anak yang berbeda sesuai tahap perkembangan, yang dalam hal ini terkonsentrasi pada kelas rendah di sekolah dasar. Untuk lebih memahami topik ini ada baiknya Anda membaca dan memahami penelitian terbaru mengenai keterampilan produktif dalam literasi untuk kelas rendah di sekolah dasar.

    • Forum ini akan membahas pentingnya keterampilan produktif sesuai perkembangan bahasa siswa agar tiap tahapannya dapat berproses dengan baik.

      Materi Diskusi:

      Setelah memahami penjelasan di atas, maka diskusikan dengan kelompok Anda mengenai:

      1. Pentingnya menguasai keterampilan produktif bagi anak usia kelas rendah di sekolah dasar.

      2. Cara membiasakan menggunakan keterampilan produktif siswa agar dapat mengasah dan mengembangkan kemampuan literasinya.

    • Berdasarkan hasil diskusi, buatlah artikel dengan tema "Keterampilan Produktif Siswa di Kelas Rendah" dengan ketentuan sebagai berikut.

      1. Artikel merupakan hasil analitis kritis terhadap fenomena yang Anda temukan di lapangan terkait penguasaan keterampilan reseptif siswa di kelas rendah sekolah dasar.

      2. Literatur yang digunakan minimal 4 buku ber-ISBN, dan 2 artikel dari jurnal maupun prosiding.

  • TOPIK 6. LITERASI DI TINGKAT DASAR

    Topik ini membahas tentang kemampuan literasi yang ada di Sekolah Dasar

    • Simaklah video pada link di bawah ini!

      Apa yang bisa Anda petik dari video di atas?

      Kemampuan literasi merupakan kunci untuk menguasai pengetahuan baru serta kemampuan yang lain. Dengan kemampuan literasi yang baik, individu dapat memperoleh pengetahuan baru dari hasil literasi reseptif yang mencakup kemampuan menyimak dan membaca. Selain itu, individu juga dapat mengekspresikan diri melalui literasi produktif yang mencakup kemampuan berbicara dan menulis. Dengan demikian, kemampuan literasi yang baik akan menjamin eksistensi individu pada lingkungan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang literasi di bawah ini disajikan materi literasi sebagai berikut

    • Dari tugas yang Anda kerjakan secara berkelompok, buatlah statement tentang kondisi literasi di Sekolah Dasar yang Anda temui dan jelaskan alasannya. Anda yang tergabung dalam forum ini boleh memberikan pendapat pada statement yang lain dengan syarat mencantumkan statement siapa yang Anda komentari.

    • Buatlah kelompok bersama temanmu, satu kelompok terdiri dari maksimal 3 orang kemudian lakukan observasi ke sekolah dasar terdekat dari tempatmu untuk mengamati proses literasi di SD tersebut. Buat rangkuman rancangan program literasi yang ada di sana, pelaksanaan, dan kendalanya di lapangan.

    • Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  • TOPIK 7. MENCIPTAKAN LINGKUNGAN LITERAT DI SD

    Topik ini membahas tentang lingkungan literat yang mendukung kegiatan literasi di sekolah.


    • Perhatikan gambar di atas!

      Gambar di atas adalah salah satu contoh lingkungan literat. Lingkungan literat dapat diciptakan di sekolah maupun di rumah. Menurut Anda apakah lingkungan literat itu?

      Untuk memahami hakikat lingkungan literat dengan baik bacalah buku ++ Praktik Pembelajaran yang Baik+++, yang ditulis oleh tim USAID PRIORITAS di bawah ini.

    • Lingkungan literat yang baik perlu diciptakan di sekolah (tidak muncul begitu saja). Untuk itu bacalah teori perancangan lingkungan literat di bawah ini sehingga Anda akan memahami bagaimana merancang lingkungan literat di sekolah dengan tepat.

    • Lingkungan literat yang baik perlu diciptakan di sekolah (tidak muncul begitu saja). Untuk itu bacalah teori perancangan lingkungan literat di bawah ini sehingga Anda akan memahami bagaimana merancang lingkungan literat di sekolah dengan tepat.

    • Bagaimana pendapat Anda tentang penciptaan lingkungan literat di SD? Relevankah ide tersebut dengan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah? Jelaskan alasannya

    • Berdasarkan materi dan hasil diskusi buatlah rancangan penciptaan lingkungan literat yang mendukung GLS dengan jangka waktu selama 6 bulan

    • Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  • TOPIK 8. PENGEMBANGAN KEGIATAN LITERASI INOVATIF DI SD KELAS RENDAH

    Topik yang dibahas dalam pertemuan ini merupakan pengembangan dari topik penciptan lingkungan literat di SD. Pada topik ini akan disajikan tentang bagaimana kegiatan literasi yang bisa dilakukan di sekolah dengan ketersediaan lingkungan literat.

    • Lihatlah video pada link di bawah ini

      Video di atas berisi contoh nyata pembelajaran literasi di SD kelas rendah serta penjelasan pembelajaran literasi dengan menggunakan Big Book. Big Book pada dasarnya adalah buku yang berisi cerita sederhana dengan ukuran yang dibuat besar. Biasanya Big Book dilengkapi dengan ilustrasi berupa gambar yang terkait langsung dengan isi cerita yang dibaca.Big Book di sini merupakan media pembelajaran untuk membaca lancar di kelas awal. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk memberdayakan Big Book di lapangan boleh beragam (lihat bab 3 tentang pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah).

      Sebenarnya ada banyak sekali sumber di internet yang bisa digunakan untuk program pembelajaran literasi inovatif di kelas bawah. Contoh-contohnya dapat dilihat pada link berikut ini.

      Dari beberapa contoh di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa pembelajaran literasi di kelas rendah sebenarnya bisa menggunakan banyak sekali media pembelajaran dan bisa dikembangkan dengan berbagai metode. Sayangnya model-model pembelajaran literasi yang inovatif kurang dikembangkan guru di lapangan. Untuk mengetahui kegiatan literasi di kelas bawah yang bersifat inovatif bacalah materi pada unit 5 dan 6 ++ Buku pembelajaran literasi di kelas awal yang diterbitkan oleh USAID Prioritas +++ di bawah ini

    • Dari bacaan yang telah Anda baca, model pembelajaran literasi mana yang menurut Anda paling menarik untuk diterapkan di SD kelas awal? Jelaskan statement Anda!

    • Buatlah rancangan pembelajaran literasi terpadu di SD kelas rendah dengan memanfaatkan media literasi yang Anda temukan di internet, setelah itu praktikkan rancangan pembelajaran tersebut, videokan dan up load video pembelajaran Anda di YOU TUBE.