Assignment 3.1 : Cased Based Learning (Individu)
Setelah Anda mengikuti perkuliahan ini, tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa adalah sebagai berikut:
1. Menganalisis modul ajar kurikulum merdeka dari contoh-contoh modul ajar yang sudah tersedia di berbagai sumber untuk menjawab isu peningkatan guru yang berkualitas terkait dengan SDGs, dan
2. Mencari minimal 3 (tiga) ide konkret integrasi SDGs melalui aktivitas praktis dan menarik dalam pembelajaran IPA dari beberapa modul ajar yang sudah dipilih. Aktivitas-aktivitas ini tidak hanya mengajarkan konsep IPA, tetapi juga membangun kesadaran dan keterampilan peserta didik terkait isu-isu keberlanjutan global.
Kriteria penilaian:
1) Kedalaman pembahasan (5%)
2) Ketepatan analisis (5%)
Jika Anda mengalami keterlambatan dalam pengumpulan tugas, maka ada pengurangan nilai.
Rubrik Penilaian Cased Based Learning
No
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
Skor Maksimal
|
1
|
Kedalaman pembahasan
|
- Menyampaikan pemahaman mendalam terhadap struktur dan isi modul ajar.
- Menjelaskan isi modul secara sistematis.
- Menuliskan ide konkrit disertai dengan aktivitas praktis dan menarik yang integrasi SDGs.
|
20
20
20
|
2
|
Ketepatan analisis
|
- Menganalisis modul ajar disertai dengan bukti atau data dari modul.
- Mengidentifikasi kesesuaian modul ajar dengan tujuan SDGs.
|
20
20
|
Nilai Akhir
|
100
|
Skala Penilaian
85-100 : Sangat Baik – pembahasan mendalam, analisis tepat, dan sesuai konteks SDGs.
70-84 : Baik – pembahasan cukup mendalam, analisis tepat, namun belum sesuai konteks SDGs.
55-69 : Cukup – pembahasan cukup mendalam namun analisis kurang terintegrasi dengan SDGs.
<55 : Kurang – pembahasan dan analisis kurang relevan, belum terintegrasi SDGs.