Setelah melaksanakan pertemuan virtual melalui google meet dan membaca materi berupa file pdf dan ppt yang ada di Spada, silahkan jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
dalam metode grafik ini, kita langsung menggunakan bantuan aplikasi seperti geogbra atau bisa secara manual ibu?
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
pertama, kalian harus bisa membuat grafik secara manual dulu, dan jika sudah fasih bisa dan lebih efektif lagi jika menggunakan bantuan aplikasi seperti geogebra dan aplikasi pembuat grafik yang lain. selain lebih praktis, penggunaan aplikasi pembuat grafik ini lebih akurat dan mencari akar atau solusi dari suatu persamaan dengan lebih teliti
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
nabillah pernah membuat grafik menggunakan aplikasi geogebra atau pembuat grafik yang lain? atau yang lain , ada yang pernah menggunakan aplikasi tertentu dalam membuat grafik?
Bisa pakek Excel juga tapi saya sudah lupa caranya, tapi menurut saya lebih mudah pakek geogebra ibu
iya adis, dalam perkuliahan metode numerik ini biasanya saya menggunakan aplikasi geogebra karena mudah menggunakannya dan bisa didwonload di HP juga. Ada juga aplikasi graphmatica. Di materi saya untuk menentukan akarnya itu menggunakan aplikasi geogebra, jadi kita memperbesar grafiknya, sehingga bisa mencari akar/solusi dari suatu persamaan sesuai tingkat ketelitian yang kita inginkan
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
pernah membuat pakai aplikasi geogebra ibu
Saya pernah membuat grafik menggunakan geogebra ibu...
Untuk aplikasi lainnya belum saya coba
Untuk aplikasi lainnya belum saya coba
Izin bertanya ibu...
Setelah membuat grafik fungsi, kita menentukan perpotongan antara sumbu X dengan grafik fungsi nya ibu...
Lalu untuk mencari nilai perpotongan nya ibu bagaimana ibu?
Setelah membuat grafik fungsi, kita menentukan perpotongan antara sumbu X dengan grafik fungsi nya ibu...
Lalu untuk mencari nilai perpotongan nya ibu bagaimana ibu?
Iya nisa benar. Akar dari suatu persamaan yang kita cari berada pada perpotongan antara grafik dengan sumbu-x
Kenapa tidak berada pada perpotongan grafik dengan sumbu-y ibu?
perhatikan persamaannya, variabelnya berupa x, misal x^3-5x+9=0, jika ingin mencari akar atau solusi dari persamaan tersebut sama halnya dengan kita mencari nilai dari x nya, makanya saat menggunakan metode grafik, untuk mencari akarnya, kita melihat perpotongan antara grafik dengan sumbu x nya bukan sumbu y
Jika membuat grafiknya secara manual, kita mereka2 perpotongan dimana. Namun jika menggunakan aplikasi geogebra, di perpotongan itu kita klik biasanya akan muncul nilai dari perpotongan itu
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
Selanjutnya saya akan memberikan permasalahan berupa persamaan transenden, silahkan kalian cari akarnya boleh secara manual atau menggunakan aplikasi pembuat grafik, seperti geogebra, graphmatica atau yang lain.
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
Berapa akar dari persamaan ln(x)+x^2-3=0 di atas?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by TSALITSATUR RIZQIYAH -
1,592143 bu
In reply to TSALITSATUR RIZQIYAH
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
bisa difotokan hasil grafik yang tsalis gunakan atau buat?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by TSALITSATUR RIZQIYAH -
In reply to TSALITSATUR RIZQIYAH
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
iya tsalis, nabillah juga akarnya sama, perbedaanya hanya pada banyaknnya angka signifikan yang digunakan, jika menginginkan ketelitian yang lebih tinggi, perpotongannya itu bisa diperbesar lagi sesuai yang kita inginkan, yang pasti semakin banyak angka signifikan yang digunakan maka akan semakin mendekati akar yang sebenarnya dan galat yang dihasilkan semakin kecil
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by TSALITSATUR RIZQIYAH -
Jadi boleh ya bu mengambil tingkat ketelitiannya berapa saja?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
kalau menggunakan geogebra ditulis sampai = 0 atau tidak perlu ibu?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by TSALITSATUR RIZQIYAH -
Saya menggunakan geogebra bu
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
1,592
saya pakai geogebra ibu
saya pakai geogebra ibu
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
iya coba dikirim disini hasil grafiknya nabillah
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
nah iya, pada tampilan grafik yang nabillah buat sudah terlihat secara jelas berapa perpotongannya, dengan mengklik titik perpotongan antara grafik dengan sumbu x tersebut, dimana angka signifikan yang digunakan sebanyak 14 digit
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by SEPTI DARIYATUL AINI -
Yang lain juga bisa sambil mencoba
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
by DIEL QAIDA IBTISAMAH -
Sedang mencoba ibu
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI
Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10
tapi punya saya lurus grafiknya ibu😅