Menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) yang spesifik, terukur, relevan, dan dapat dicapai (SMART) dalam konteks Kurikulum Merdeka memerlukan pendekatan yang sistematis. Berikut langkah-langkahnya:
1. Bisa tentukan dengan jelas apa yang ingin dicapai. Gunakan kata kerja aksi yang jelas. Misalnya, "Murid dapat menjelaskan konsep ekosistem" alih-alih "Murid memahami ekosistem."
2. Membuat indikator yang memungkinkan evaluasi pencapaian. Misalnya, "Murid dapat menyebutkan lima komponen ekosistem dalam presentasi kelompok."
3. Memastikan TP sesuai dengan kebutuhan dan konteks siswa. TP harus berhubungan dengan pengalaman nyata siswa dan tujuan pembelajaran yang lebih besar.
4. Memastikan bahwa TP realistis dan sesuai dengan kemampuan siswa. Pertimbangkan tingkat perkembangan dan sumber daya yang tersedia.
5. Menentukan batas waktu untuk pencapaian TP. Misalnya, "Dalam waktu satu minggu, murid dapat menyelesaikan proyek tentang ekosistem lokal."
Contoh TP SMART:
"Setelah mengikuti pembelajaran tentang ekosistem selama satu minggu, murid dapat menjelaskan tiga jenis ekosistem dan menyebutkan lima komponen utama dalam setiap ekosistem melalui presentasi kelompok."
Dengan pendekatan ini, TP yang disusun akan lebih terstruktur dan efektif dalam mendukung pencapaian kompetensi siswa dalam Kurikulum Merdeka.