Selamat pagi bapak dan teman-teman sekalian
Perkenalkan nama saya Lisda Saripa Stefiani Situmorang dengan NIM 223010212044 dari prodi PGSD Rombel 2022
izin memberikan tanggapan saya
1. apa yang kalian rasakan, menjadi siswa kemudian kurikulum berubah ?
Saya pernah merasakan pergantian kurikulum, ketika SD kelas 4 pergantian kurikulum dari KTSP/2006 menjadi Kurikulum K13. Saat itu saya merasa bingung dan tidak yakin dengan apa yang harus ku lakukan dan juga saya kurang dapat memahami dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Apalagi posisi saya dimasa itu sering pindah sekolah karna ikut orang tua karna orang tua saya sering pindah tempat kerja. Jadi waktu kelas 4 saya merasakan pergantian kurikulum di SDN 1 alurnaga, disini saya masih bingung dan tidak yakin bahwa saya bisa memahami dan mengerjakan soal yang telah di beri guru. disaat itu juga hal ini membuat saya menjadi tantangan baru yang harus saya hadapin. karna berupa materi pelajaran yang lebih sulit dan metode pembelajaran nya berbeda atau tuntunan tugas yang sulit saya mengerjakan. dan hal yang dapat rasakan yaitu ketidaknyamanan dimana perubahan kurikulum membuat saya tidak nyaman karna saya sudah merasa nyaman dengan sistem yang sudah saya pelajari bersama teman-teman dan sulit bagi untuk beradaptasi dengan perubahan. namun seiringnya berjalan nya waktu saya bisa mengikuti pembelajaran karna guru yang mengajar sudah tau bagaimana penerapan kurikulum K13 dan saya sudah sekolah disini 4 tahun. Kemudian ketika kelas 5 saya pindah ke SDN Pangkatan 10 disini saya mulai bingung dan kesulitan mengikuti pembelajaran dikarenakan suasana kelas yang berubah dan saya merasa tidak yakin dengan apa yang sudah aku kerjakan tugas yang telah diberi oleh guru, dan di kelas 6 saya sudah mulai bisa mengikuti pembelajaran karena saya sudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Kemudian ketika saya duduk di bangku kelas 2 SMA kurikulum diubah lagi dari K13 ke kurikulum merdeka. Di kurikulum Merdeka ini saya bisa mengikuti pembelajaran. Kurikulum ini lebih fokus dengan membuat kerajinan tangan dan menanam bunga juga membuat ruang lingkup perpustakaan. Di kurikulum merdeka ini lebih berfokus pada siswa tapi guru masih berperan sebagai fasilitator. perubahan dari kurikulum k13 ke kurikulum merdeka adalah sebuah proses yang kompleks dan dapat menimbulkan berbagai perasaan namun, dengan sikap positif dan dukungan yang tepat siswa dapat mengatasi tantangan dan percaya diri dengan keyakinan meraih kesuksesan dalam pembelajaran.
2. menurut kalian bagus ga sih pergantian kurikulum ?
Menurut saya pergantian kurikulum yang ada selalu memberikan dampak positif dan negatif. Pergantian kurikulum juga dibuat supaya mengikuti perkembangan zaman. Kurikulum yang digunakan (merdeka) sekarang lebih baik dikarenakan tidak hanya fokus terhadap materi saja sehingga tidak membuat siswa bosan dan membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. pergantian kurikulum adalah sebuah proses yang kompleks dan membutuhkan perhatian dari semua pihak. meskipun memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pergantian kurikulum juga dapat menimbulkan berbagi tantangan. oleh karna itu, penting saat melakukan evaluasi yang terus-menerus dan melakukan penyusaian jika diperlukan.
3. Kalau Kuriklum Berubah Lagi, Apa Yang Harus Diperbaiki Di Kurikulum Berkutnya?
menurut saya, pergantian kurikulum adalah hal yang dinamis dalam dunia pendidikan. setiap perubahan tertentu diharapkan membawa perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. yang perlu di perbaikin dari kurikulum sebelumnya yaitu skema pembelajaran karena pada kurikulum sebelumnya tidak terlalu memperhatikan kemampuan anak yang berbeda-beda membuat peserta didik tidak maksimal dalam menyerap materi dengan materi yang terlalu padat membuat siswa yang tertinggal jadi semakin tertinggal.
Menurut saya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:
- Kesiapan dari guru. Pentingnya pembekalan untuk guru dalam mengikuti kurikulum berikutnya, sehingga nantinya dapat diterapkan di sekolah yang diajarkan.
- Implementasi di Lapangan: Perlu adanya evaluasi lebih lanjut terkait bagaimana Kurikulum Merdeka diimplementasikan di lapangan.
- Materi pelajaran: Beberapa kalangan menilai bahwa materi pelajaran dalam Kurikulum Merdeka masih perlu diperkaya, terutama terkait dengan isu-isu kontemporer seperti teknologi, lingkungan, dan keberagaman.
- Penilaian: Sistem penilaian dalam Kurikulum Merdeka juga perlu terus disempurnakan agar lebih objektif dan dapat mengukur kemampuan siswa secara komprehensif.
- Kesetaraan Akses: Kurikulum Merdeka harus memastikan bahwa semua siswa, terutama mereka yang berasal dari daerah tertinggal atau memiliki keterbatasan, memiliki akses yang sama terhadap pendidikan berkualitas.
itu saja tanggapan saya mengenai diskusi tentang kurikulum.
terimakasih bapak.