Pemahaman mahasiswa mengenai komponen-komponen modul ajar

Isqi Nur Ashifa_UPS Tegal_1822600027

Isqi Nur Ashifa_UPS Tegal_1822600027

by ISQI NUR ASHIFA -
Number of replies: 0

Komponen Pokok Modul Ajar :

  1. Tujuan Pembelajaran, berisi tujuan yang hendak dicapai pada saat proses pembelajaran. Guru diberikan kebebasan untuk menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) yang disesuaikan dengan kondisi peserta didiknya, tentunya dengan tetap mengacu pada  capaian pembelajaran (CP) yang sudah ditentukan. Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka melingkupi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2. Rencana Asesmen, pada Kurikulum Merdeka mencakup:
  • Menentukan tujuan asesmen
  • Menentukan instrumen asesmen
  • Menetapkan kriteria penilaian
  • Menentukan waktu dan jadwal asesmen
  • Menyediakan sumber daya yang diperlukan
  • Memberikan informasi kepada siswa
  • Melakukan asesmen secara konsisten
  • Memberikan umpan balik yang tepat waktu

3. Langkah Pembelajaran atau sintaks pembelajaran adalah urutan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan strategi dan metode yang dipilih. Model pembelajaran yang satu dengan yang lain tentu memiliki sintak yang berbeda pula. Sintaks pembelajaran dapat membantu model pembelajaran berjalan dengan lancar dan sistematis. 

4. Media Pembelajaran, dalam modul ajar perlu dicantumkan media apa yang digunakan saat pembelajaran, terntunya media pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan materi yang akan dibawakan. Penggunaan media bertujuan untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar, selain itu siswa juga akan dengan mudah memahami suatu materi.

Komponen Opsional Modul Ajar :

5. Informasi umum, berisikan :

  • Penilihan jenis satuan dan jenjang pendidikan, yaitu SD/ SMP/ SMA Sederajat
  • Pemilihan fase dan kelas, misalnya fase D kelas 7
  • Pemilihan mata pelajaran, misalnya IPA
  • Penanda kebutuhan khusus
  • Judul modul ajar, yaitu materi yang ada pada modul ajar.
  • Deskripsi umum modul ajar
  • Identitas penulis modul (nama dan asal organisasi)
  • Gambar sampul (opsional)

6. Tujuan modul yaitu pemilihan/ pengunggahan referensi ATP yang digunakan sebagai acuan penyusunan TP dari keseluruahn modul ajar

7. Rancangan penggunaan, meliputi :

  • Total alokasi Jam Pelajaran : untuk SD sederajat adalah 35 menit, SMP sederajat adalah 40 menit, dan SMA sederajat adalah 45 menit
  • Penentuan model pembelajaran, hal ini akan menentukan juga langkah pembelajaran atau sintak yang digunakan.
  • Target peserta didik
  • Jumlah peserta didik
  • Sarana dan Prasarana
  • Prasyarat Kompetensi yang harus dimiliki peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran, misalnya sebelum peserta didik belajar materi gaya maka peserta didik sebelumnya harus belajar materi gerak.

8. Materi, asesmen, dan referensi

  • Materi yang disesuaikan dengan judul modul ajar
  • Asesmen, beberapa teknik asesmen yang dapat digunakan adalah: observasi, kinerja, projek, tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. 
  • Referensi terkait materi pembelajaran, bisa berupa bahan bacaan seperti buku ataupun dalam bentuk video yang bisa diakses siswa secara bebas melalui handphone.