Pemahaman mahasiswa mengenai komponen-komponen ATP

Ong Tien Atsilatul Azizah _1822600013

Ong Tien Atsilatul Azizah _1822600013

by ONG TIEN ATSILATUL AZIZAH -
Number of replies: 1

Dalam merancang Asesmen dan Tugas Pembelajaran (ATP), terutama untuk mata pelajaran seperti sains atau ilmu lingkungan, terdapat beberapa komponen utama yang perlu disertakan:

 

1. Identitas Mata Pelajaran

Ini mencakup nama mata pelajaran, kelas, semester, serta durasi pembelajaran.

 

2. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran adalah hasil belajar yang diharapkan tercapai pada akhir proses pembelajaran. Tujuan ini harus spesifik, dapat diukur, relevan, dan realistis sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan.

 

3. Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian pembelajaran merujuk pada kompetensi atau keterampilan yang diharapkan siswa kuasai setelah menyelesaikan proses pembelajaran. CP biasanya mengacu pada kurikulum nasional atau standar kompetensi yang telah ditetapkan.

 

4. Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran mencakup topik atau subtopik yang akan diajarkan sesuai dengan tujuan dan capaian pembelajaran. Materi ini harus relevan dan disesuaikan dengan level kemampuan siswa.

 

5. Langkah-Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran meliputi tahapan atau aktivitas yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Langkah ini biasanya dibagi menjadi:

- Pendahuluan: Mengaitkan materi dengan pengetahuan awal siswa atau pembukaan yang menarik.

- Inti: Proses pembelajaran utama yang melibatkan eksplorasi, penjelasan, pengembangan keterampilan, atau pemecahan masalah.

- Penutup: Tahap refleksi atau rangkuman materi serta penilaian terhadap pemahaman siswa.

 

6. Metode atau Pendekatan Pembelajaran

Pemilihan metode atau pendekatan yang digunakan, seperti ceramah, diskusi, eksperimen, atau pendekatan berbasis masalah (Problem Based Learning).

 

7. Penilaian atau Asesmen Pembelajaran

Bentuk evaluasi yang digunakan untuk menilai pemahaman atau keterampilan siswa, baik melalui tes, tugas, kuis, atau asesmen kinerja.

 

8. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

Sumber dan alat yang digunakan dalam pembelajaran, misalnya buku teks, video pembelajaran, presentasi, atau alat peraga yang relevan.

 

9. Refleksi Pembelajaran (opsional)

Evaluasi singkat yang bisa dilakukan setelah pelaksanaan ATP untuk menilai efektivitas pembelajaran dan memperbaiki kegiatan di masa depan.

In reply to ONG TIEN ATSILATUL AZIZAH

Re: Ong Tien Atsilatul Azizah _1822600013

by DIAH NUGRAHENI -
Good response. Komponen ATP memuat: 1) aksi/kompetensi, 2) konten, dan 3) variasi.