Komponen Komponen Utama ATP
1. Aksi/Kompetensi
a. Keterampilan: kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran
b. Pengetahuan: Fakta, konsep, prinsip, atau teori yang harus dikuasai siswa
c. Sikap: Nilai-nilai, sikap, atau karakter yang ingin dikembangkan pada diri siswa
2. Konten
a. Materi Pelajaran: Materi pembelajaran yang relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai
b. Konteks: Situasi atau konteks nyata yang dapat menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari- hari siswa
3. Variasi
a. Keterampilan Berpikir: meliputi keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan tingkat tinggi lainnya seperti analisis,
evaluasi, prediksi, dan menciptakan
b. Metode Pembelajaran: Berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan
pembelajaran, seperti diskusi, proyek, presentasi, dan lain-lain.
c. Asesmen: Bentuk penilaian yang digunakan untuk mengukur pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran.