Komponen pada ATP
1. Aksi / kompetensi
• Keterampilan : kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran.
• Pengetahuan : Faktor, konsep, prinsip, atau teori, yang harus dikuasai siswa
• Sikap : nilai-nilai, sikap, atau karakter yang ingin dikembangkan pada diri siswa
2. Konten
• Materi pelajaran : materi pembelajaran yang relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai
• Konteks : situasi atau konteks nyata yang dapat menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa
3. Variasi
• Keterampilan berfikir : meliputi keterampilan berfikir kritis, kreatif, dan tingkat tinggi lainnya seperti analisis, evaluasi, prediksi, dan menciptakan
• Metode Pembelajaran : berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran, seperti diskusi, proyek, presentasi, dan lain-lain.
• Asesmen : bentuk penilaian yang digunakan untuk mencapai pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran