1. Kompetensi
Ini merujuk pada kemampuan yang diharapkan dapat ditunjukkan oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Kompetensi mencakup keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang harus dikuasai siswa. Dalam menyusun kompetensi, guru dapat menggunakan kata kerja operasional yang sesuai dengan taksonomi Bloom yang direvisi, sehingga dapat diukur dan diamati.
2. Konten
Konten adalah materi atau isi pembelajaran yang harus dipahami oleh siswa. Ini mencakup konsep-konsep inti dan ilmu pengetahuan yang relevan dengan topik yang diajarkan. Guru perlu merumuskan konten dengan jelas agar siswa tahu apa yang diharapkan dari mereka di akhir unit pembelajaran.
3. Variasi
Aspek variasi mencakup berbagai keterampilan berpikir yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ini termasuk keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, evaluasi, dan penciptaan. Variasi ini penting untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya menghafal informasi, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks yang berbeda.