1. Tahapan Pengembangan Konten AR dengan Vuforia dan Unity:
a) Persiapan Awal:
• Instal Unity dan Vuforia Engine
• Buat proyek baru di Unity
• Download SDK Vuforia
• Konfigurasi lisensi Vuforia di Developer Portal
b) Desain Marker dan Target:
• Buat atau pilih marker/target image yang akan digunakan untuk pelacakan
• Upload marker ke Vuforia Developer Portal
• Evaluasi kualitas marker berdasarkan rating Vuforia
c) Implementasi di Unity:
• Import Vuforia Engine ke Unity
• Konfigurasi AR Camera
• Tambahkan Image Target di scene
• Hubungkan marker dengan konten 3D yang akan ditampilkan
• Atur script untuk interaksi dan animasi
d) Pengujian:
• Uji coba marker tracking pada berbagai kondisi pencahayaan
• Periksa responsivitas dan kestabilan AR
• Lakukan optimasi performa
e) Deployment:
• Build aplikasi untuk platform target (Android/iOS)
• Instal dan uji pada perangkat nyata
2. Tahapan Pemeliharaan dan Pengembangan AR:
a) Monitoring Performa:
• Pantau kinerja aplikasi AR
• Analisis umpan balik pengguna
• Identifikasi bug dan masalah teknis
b) Pemeliharaan Berkala:
• Update SDK Vuforia dan Unity
• Perbaiki bug yang ditemukan
• Optimalkan kode dan aset
• Jaga kompatibilitas dengan versi OS terbaru
c) Pengembangan Lanjutan:
• Tambahkan fitur baru
• Kembangkan variasi konten AR
• Tingkatkan kualitas tracking
• Implementasi teknologi AR terbaru
d) Keamanan dan Privasi:
• Perbarui protokol keamanan
• Pastikan perlindungan data pengguna
• Implementasi izin akses yang tepat
e) Scaling dan Distribusi:
• Kembangkan versi untuk platform berbeda
• Integrasikan dengan platform distribusi
• Lakukan kampanye pemasaran
3. Pertemuan 12 membahas tentang tahapan komprehensif pengembangan Augmented Reality (AR) menggunakan platform Vuforia dan Unity. Materi difokuskan pada proses sistematis dari perancangan hingga pemeliharaan aplikasi AR, mulai dari tahap awal seperti konfigurasi SDK, desain marker, implementasi konten 3D, hingga tahap lanjut berupa pemeliharaan berkelanjutan dan pengembangan fitur baru.
a) Persiapan Awal:
• Instal Unity dan Vuforia Engine
• Buat proyek baru di Unity
• Download SDK Vuforia
• Konfigurasi lisensi Vuforia di Developer Portal
b) Desain Marker dan Target:
• Buat atau pilih marker/target image yang akan digunakan untuk pelacakan
• Upload marker ke Vuforia Developer Portal
• Evaluasi kualitas marker berdasarkan rating Vuforia
c) Implementasi di Unity:
• Import Vuforia Engine ke Unity
• Konfigurasi AR Camera
• Tambahkan Image Target di scene
• Hubungkan marker dengan konten 3D yang akan ditampilkan
• Atur script untuk interaksi dan animasi
d) Pengujian:
• Uji coba marker tracking pada berbagai kondisi pencahayaan
• Periksa responsivitas dan kestabilan AR
• Lakukan optimasi performa
e) Deployment:
• Build aplikasi untuk platform target (Android/iOS)
• Instal dan uji pada perangkat nyata
2. Tahapan Pemeliharaan dan Pengembangan AR:
a) Monitoring Performa:
• Pantau kinerja aplikasi AR
• Analisis umpan balik pengguna
• Identifikasi bug dan masalah teknis
b) Pemeliharaan Berkala:
• Update SDK Vuforia dan Unity
• Perbaiki bug yang ditemukan
• Optimalkan kode dan aset
• Jaga kompatibilitas dengan versi OS terbaru
c) Pengembangan Lanjutan:
• Tambahkan fitur baru
• Kembangkan variasi konten AR
• Tingkatkan kualitas tracking
• Implementasi teknologi AR terbaru
d) Keamanan dan Privasi:
• Perbarui protokol keamanan
• Pastikan perlindungan data pengguna
• Implementasi izin akses yang tepat
e) Scaling dan Distribusi:
• Kembangkan versi untuk platform berbeda
• Integrasikan dengan platform distribusi
• Lakukan kampanye pemasaran
3. Pertemuan 12 membahas tentang tahapan komprehensif pengembangan Augmented Reality (AR) menggunakan platform Vuforia dan Unity. Materi difokuskan pada proses sistematis dari perancangan hingga pemeliharaan aplikasi AR, mulai dari tahap awal seperti konfigurasi SDK, desain marker, implementasi konten 3D, hingga tahap lanjut berupa pemeliharaan berkelanjutan dan pengembangan fitur baru.