Diskusi Pembelajaran 2

Teori dan Konsep Dasar Pembelajaran

Teori dan Konsep Dasar Pembelajaran

by 220121609722 ELMA ASNA SABRINA -
Number of replies: 0

1. Bagaimana teori pembelajaran kognitif dapat diterapkan dalam merancang pembelajaran yang efektif?

Teori pembelajaran kognitif berfokus pada proses mental yang terlibat dalam pembelajaran, seperti pemahaman, ingatan, dan pemecahan masalah.

     - Membangun Pengetahuan Awal

        Prinsip: Pembelajaran yang efektif dimulai dengan menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada.

      - Pengorganisasian Informasi

         Prinsip: Informasi yang terorganisir dengan baik lebih mudah dipahami dan diingat.

      - Aktivitas Pembelajaran yang Interaktif

         Prinsip: Pembelajaran yang aktif dan interaktif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.

 

2. Apa perbedaan utama antara teori konstruktivis dan behavioristik dalam konteks pembelajaran?

     - Pandangan tentang Pembelajaran

  • Teori Konstruktivis:

    • Pembelajaran dipandang sebagai proses aktif di mana siswa membangun pengetahuan mereka sendiri melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan.
    • Siswa dianggap sebagai penggali aktif yang mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada.
  • Teori Behavioristik:

    • Pembelajaran dipandang sebagai perubahan perilaku yang dapat diamati sebagai respons terhadap rangsangan dari lingkungan.
    • Fokus pada penguatan dan hukuman untuk memodifikasi perilaku siswa   

- Metode Pembelajaran

  • Teori Konstruktivis:

    • Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, dan eksplorasi.
    • Menekankan pentingnya konteks sosial dan budaya dalam pembelajaran.
  • Teori Behavioristik:

    • Menggunakan metode pembelajaran yang lebih terstruktur, seperti pengajaran langsung, latihan berulang, dan penggunaan tes untuk mengukur kemajuan.
    • Fokus pada penguatan positif dan negatif untuk memotivasi siswa.