1. Perbedaan utama antara model ADDIE dan SAM dalam desain pembelajaran terletak pada pendekatannya, di mana ADDIE bersifat linier dan sistematis dengan lima tahap yang jelas (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) yang dilakukan secara berurutan, sementara SAM lebih fleksibel dan iteratif, menekankan siklus pendek berulang dengan pengujian prototipe dan umpan balik cepat untuk perbaikan berkelanjutan, sehingga ADDIE lebih cocok untuk pengembangan yang lebih terstruktur dan mendalam, sedangkan SAM lebih efisien dalam menyesuaikan pembelajaran dengan perubahan cepat dan kolaborasi.
2. Desain pembelajaran yang interaktif dapat secara signifikan mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses belajar dengan menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan partisipatif. Ketika siswa aktif terlibat dalam kegiatan yang melibatkan diskusi, simulasi, kuis, atau proyek kolaboratif, mereka tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga berkontribusi dalam membentuk pemahaman mereka sendiri. Pembelajaran yang interaktif mendorong siswa untuk berpikir kritis, membuat keputusan, dan menyelesaikan masalah dalam konteks yang lebih praktis, yang meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Selain itu, interaksi dengan materi pembelajaran, sesama siswa, dan pengajar memperkuat pemahaman konsep dan keterampilan yang sedang dipelajari, serta menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik siswa.