1. Langkah-langkah penting dalam analisis kebutuhan pembelajaran meliputi
- Pengumpulan Informasi: mengumpulkan informasi untuk memahami terlebih dahulu informasi tentang peserta didik dapat mengerjakan apa, siapa memahami apa, siapa yang akan belajar, kendala-kendala apa yang akan dihadapi, dan bagaimana pengaruh keadaan tertentu terhadap karakteristik peserta didik.
-
Identifikasi Kesenjangan: Membandingkan kondisi aktual dengan kondisi yang diharapkan untuk mengidentifikasi apa yang perlu ditingkatkan.
-
Analisis Performance: Analisis performance meliputi identifikasi terhadap guru, identifikasi sarana dan kelengkapan penunjang belajar peserta didik, identifikasi kebijakan sekolah, identifikasi iklim sosial dan iklim psikologis.
-
Identifikasi Hambatan: mengidentifikasi berbagai kendala yang muncul beserta sumber sumbernya.
-
Identifikasi Karakteristik Peserta didik: identifikasi peserta didik ini akan bermanfaat ketika akan menentukan tujuan yang harus dicapai, pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran yang dianggap cocok, serta untuk menentukan teknik evaluasi yang relevan.
-
Identifikasi Tujuan: Menentukan apa yang ingin dicapai oleh program pembelajaran.
-
Merumuskan Masalah: Tahap akhir dalam proses analisis masalah adalah menuliskan pernyataan masalah sebagai pedoman dalam penyusunan proses desain instruksional.
2. Hasil analisis kebutuhan memberikan panduan yang jelas mengenai apa yang harus dipelajari, siapa yang akan belajar, dan bagaimana pembelajaran harus dirancang agar efektif. Dengan memahami kebutuhan peserta didik, pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang relevan, seperti memilih metode yang sesuai (ceramah, diskusi, atau simulasi) dan menyusun materi pembelajaran yang tepat sasaran. Selain itu, hasil analisis kebutuhan juga membantu dalam menentukan media dan teknologi pendukung yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan strategi yang didasarkan pada kebutuhan nyata, pembelajaran menjadi lebih terarah, efisien, dan mampu memberikan dampak maksimal bagi peserta didik.