Diskusi Pembelajaran 4 (Realitas Topik)

Realitas Topik

Realitas Topik

by 220121605023 SALSABILA DICHA CERSI -
Number of replies: 1

Berdasarkan pengamatan saya, terdapat satu mata kuliah yang saya pelajari di Teknologi Pendidikan yang relevan dengan mata kuliah ini (lebih spesifik pada topik pembelajaran pertemuan ini) serta kehidupan nyata sehari-hari, yaitu iklim pembelajaran. Iklim pembelajaran merupakan aspek fundamental yang sayangnya sering kali kurang diimplementasikan secara optimal. Sesuai dengan namanya, "iklim" merujuk pada suasana yang secara khusus terkait dengan pembelajaran. Iklim pembelajaran mencakup berbagai aspek, seperti, fasilitas, tata ruang, interaksi sosial (antara guru dan siswa maupun antar siswa), kondisi psikologis (motivasi belajar, rasa aman, dan kepercayaan diri), faktor eksternal dan salah satunya yaitu media dan metode pembelajaran.

Berdasarkan pengalaman, sering kali iklim pembelajaran kurang diperhatikan. Proses pembelajaran sering berlangsung dalam suasana yang kurang menyenangkan dan cenderung tegang. Permasalahan ini menunjukkan perlunya pengkajian lebih dalam untuk mencari solusi yang efektif dalam meningkatkan kualitas iklim pembelajaran, terutama pada penggunaan media, sumber, maupun strategi pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, penting untuk menekankan upaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, kolaboratif, dan inovatif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan dan mendorong keterlibatan siswa secara maksimal.

In reply to 220121605023 SALSABILA DICHA CERSI

Re: Realitas Topik

by 220121606338 MIFBAKHUL AAN NURAZIZAH -
saya sangat setuju dengan pendapat saudari, pendapat tersebut sangat relevan karena menyoroti masalah mendasar yang sering diabaikan, yakni pentingnya iklim pembelajaran. Solusi yang diusulkan, seperti menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan inovatif, menunjukkan pemahaman yang kuat tentang prinsip pendidikan modern. Dengan mengintegrasikan teori-teori seperti konstruktivisme dan motivasi intrinsik, pendidik dapat menciptakan iklim pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan berdampak positif pada hasil belajar siswa.