Berdasarkan pengamatan saya, terdapat satu mata kuliah yang saya pelajari di Teknologi Pendidikan yang relevan dengan mata kuliah ini (lebih spesifik pada topik pembelajaran pertemuan ini) serta kehidupan nyata sehari-hari, yaitu iklim pembelajaran. Iklim pembelajaran merupakan aspek fundamental yang sayangnya sering kali kurang diimplementasikan secara optimal. Sesuai dengan namanya, "iklim" merujuk pada suasana yang secara khusus terkait dengan pembelajaran. Iklim pembelajaran mencakup berbagai aspek, seperti, fasilitas, tata ruang, interaksi sosial (antara guru dan siswa maupun antar siswa), kondisi psikologis (motivasi belajar, rasa aman, dan kepercayaan diri), faktor eksternal dan salah satunya yaitu media dan metode pembelajaran.
Berdasarkan pengalaman, sering kali iklim pembelajaran kurang diperhatikan. Proses pembelajaran sering berlangsung dalam suasana yang kurang menyenangkan dan cenderung tegang. Permasalahan ini menunjukkan perlunya pengkajian lebih dalam untuk mencari solusi yang efektif dalam meningkatkan kualitas iklim pembelajaran, terutama pada penggunaan media, sumber, maupun strategi pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, penting untuk menekankan upaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, kolaboratif, dan inovatif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan dan mendorong keterlibatan siswa secara maksimal.