-
Penggunaan Learning Management System (LMS) dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih fleksibel dengan memungkinkan siswa mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja. LMS juga memfasilitasi komunikasi antara siswa dan guru melalui forum diskusi dan alat evaluasi otomatis, yang meningkatkan efisiensi. Menurut Teori Pembelajaran Jarak Jauh (Moore, 1993), LMS memungkinkan pembelajaran yang lebih mandiri dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa, menciptakan fleksibilitas dalam waktu dan ruang belajar.
-
Potensi penggunaan augmented reality (AR) dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif terletak pada kemampuannya untuk menyediakan pengalaman imersif yang menggabungkan elemen visual dan praktis, yang membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Teori Konstruktivisme (Piaget, 1973) mendukung penggunaan AR karena memungkinkan siswa untuk aktif berinteraksi dengan materi, memperkuat pemahaman melalui pengalaman langsung dan pembelajaran berbasis eksplorasi.