Silahkan mahasiswa melakukan review video ini.
Mohon maaf untuk video yang pertama ini merupakan video saya sendiri. Sebelumnya ada 4 sub materi yg sudah saya jelaskan saat saya melakukan pengambilan video, yaitu materi :
1. Jarak
2. Perpindahan
3. Kecepatan, dan
4. Kelajuan
Total waktu yang mencukupi untuk menyampaikan 4 materi tsb adalah kurang lebih 30menit. Saya mengambil video ini setelah membuat modul ajar. (Sebelum adanya tugas mengumpulkan video proses mengajar)
Tetapi setelah melihat ketentuan tugas mengenai video proses mengajar di spada, maksimal waktu yang diperkenankan adalah 15 menit, maka dari itu dalam video tsb saya potong hanya menjelaskan 2 sub bab materi yaitu :
1. Jarak dan
2. Perpindahan
Sehingga dalam penyampaian materi atau pembawaan materi ada beberapa kali yang masih terbawa mengenai materi kecepatan dan kelajuan.
1. Jarak
2. Perpindahan
3. Kecepatan, dan
4. Kelajuan
Total waktu yang mencukupi untuk menyampaikan 4 materi tsb adalah kurang lebih 30menit. Saya mengambil video ini setelah membuat modul ajar. (Sebelum adanya tugas mengumpulkan video proses mengajar)
Tetapi setelah melihat ketentuan tugas mengenai video proses mengajar di spada, maksimal waktu yang diperkenankan adalah 15 menit, maka dari itu dalam video tsb saya potong hanya menjelaskan 2 sub bab materi yaitu :
1. Jarak dan
2. Perpindahan
Sehingga dalam penyampaian materi atau pembawaan materi ada beberapa kali yang masih terbawa mengenai materi kecepatan dan kelajuan.
Menurut saya video pembelajaran milik mba Isqi Nur Asyifa sudah memuat semua komponen- komponen kegiatan pembelajaran pada umumnya yang telah dirancang dalam sebuah modul ajar.
Pembuka Pembelajaran dimulai dengan mengucap salam, kemudian mengabsensi siswa, mengajak siswa untuk berdoa, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan apersepsi, pemahaman bermakna, dan menyampaikan bahan ajar yang akan digunakan. Kegiatan inti pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan model yang digunakan yaitu Discovery Learning yang meliputi orientasi siswa pada masalah, memecahkan masalah melalui diskusi, dan pembuktian serta evaluasi proses pemecahan masalah, dan menarik kesimpulan. Kemudian penutup dimulai dengan refleksi, penyampaian motivasi, penyampaian materi pertemuan selanjutnya dan diakhiri dengan salam.
Pembuka Pembelajaran dimulai dengan mengucap salam, kemudian mengabsensi siswa, mengajak siswa untuk berdoa, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan apersepsi, pemahaman bermakna, dan menyampaikan bahan ajar yang akan digunakan. Kegiatan inti pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan model yang digunakan yaitu Discovery Learning yang meliputi orientasi siswa pada masalah, memecahkan masalah melalui diskusi, dan pembuktian serta evaluasi proses pemecahan masalah, dan menarik kesimpulan. Kemudian penutup dimulai dengan refleksi, penyampaian motivasi, penyampaian materi pertemuan selanjutnya dan diakhiri dengan salam.
Video simulasi pengajaran milik Isqi Nur Ashifa menyajikan konsep pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dengan durasi yang tepat, meskipun ketentuan tugas mengenai video proses mengajar di spada, maksimal waktu yang diperkenankan adalah 15 menit tetapi isqi menyampaika materinya lebih dr waktu yang sudah ditentukan, video ini berhasil menyampaikan materi dengan jelas dan mudah dipahami.
Dengan beberapa aspek kelebihan:
1. Kualitas visual dan suara: Kualitas gambar dan suara yang baik membuat video ini menarik dan tidak membosankan.
2. Penggunaan animasi: Animasi yang tepat memperjelas konsep-konsep yang sulit dipahami.
3. Pembawaan narasi: Narasi yang jelas dan santai membuat materi terdengar menarik.
4. Contoh kasus: Penggunaan contoh kasus yang relevan membantu memperjelas konsep.
Dan ada sedikit aspek kekurangan yaitu:
1. Kurangnya referensi: Perlu ditambahkan referensi atau sumber tambahan untuk memperkuat materi.
Saran dari saya pribadi yaitu:
1. Berikan penjelasan yang lebih mendalam pada konsep-konsep yang sulit dipahami.
2. Sertakan referensi atau sumber tambahan untuk memperkuat materi.
Komponen Pembelajaran yang telah dilakukan oleh isqi anatara lain:
1. Tujuan Pembelajaran: Video ini berhasil menyampaikan tujuan pembelajaran yang jelas.
2. Materi Pembelajaran: Materi yang disajikan relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3. Metode Pembelajaran: Metode pembelajaran yang digunakan efektif, namun perlu ditambahkan elemen interaktif.
Penilaian dari saya pribadi Video ini layak mendapatkan nilai 8/10. Dengan perbaikan yang tepat, video ini dapat menjadi sumber belajar yang efektif dan menarik bagi mahasiswa.
Dengan beberapa aspek kelebihan:
1. Kualitas visual dan suara: Kualitas gambar dan suara yang baik membuat video ini menarik dan tidak membosankan.
2. Penggunaan animasi: Animasi yang tepat memperjelas konsep-konsep yang sulit dipahami.
3. Pembawaan narasi: Narasi yang jelas dan santai membuat materi terdengar menarik.
4. Contoh kasus: Penggunaan contoh kasus yang relevan membantu memperjelas konsep.
Dan ada sedikit aspek kekurangan yaitu:
1. Kurangnya referensi: Perlu ditambahkan referensi atau sumber tambahan untuk memperkuat materi.
Saran dari saya pribadi yaitu:
1. Berikan penjelasan yang lebih mendalam pada konsep-konsep yang sulit dipahami.
2. Sertakan referensi atau sumber tambahan untuk memperkuat materi.
Komponen Pembelajaran yang telah dilakukan oleh isqi anatara lain:
1. Tujuan Pembelajaran: Video ini berhasil menyampaikan tujuan pembelajaran yang jelas.
2. Materi Pembelajaran: Materi yang disajikan relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3. Metode Pembelajaran: Metode pembelajaran yang digunakan efektif, namun perlu ditambahkan elemen interaktif.
Penilaian dari saya pribadi Video ini layak mendapatkan nilai 8/10. Dengan perbaikan yang tepat, video ini dapat menjadi sumber belajar yang efektif dan menarik bagi mahasiswa.
Video simulasi pembelajaran yang dilakukan mba isqi, pada saat tahap pendahuluan sudah mencakup salam, do’a, dan presensi kehadiran. Tujuan pembelajaran dan apersepsi juga disampaikan dengan baik. Motivasi juga disampaikan dalam pembelajaran agar memberikan pemahaman bermakna bagi siswa. Pada saat proses pembelajaran, salah satu siswa juga diajak untuk melakukan demonstrasi sederhana dalam materi jarak dan perpindahan sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi menyenangkan. Demonstrasi yang sudah dilakukan juga dijelaskan kembali oleh mba isqi sehingga siswa dapat lebih memahaminya. Konsep materi juga dijelaskan dengan jelas oleh mba isqi. Penjelasan materi dijelaskan dengan urut dan rinci. Lembar kerja peserta didik juga diberikan untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi yang tadi sudah dijelaskan. Pembimbingan penyelidikan individu ataupun kelompok juga dilakukan dalam memecahkan masalah yang tadi sudah diberikan. Presentasi hasil kerja peserta didik juga dilakukan untuk mengembangkan hasil diskusi kelompoknya. Analisis dan proses evaluasi dalam proses pemecahan masalah juga disampaikan dan dijelaskan yang mengenai LKPD yang sudah ditugaskan agar siswa dapat mengevaluasi juga hasil diskusi kelompoknya. Kesimpulan dalam pembelajaran dikelas juga disampaikan secara langsung dengan menunjuk salah satu siswa sehingga dapat menguji pemahaman siswa dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Refleksi pembelajaran juga dilakukan bersama-sama dengan siswa. Motivasi setelah pembelajaran juga disampaikan agar siswa tetap semangat dalam belajar dan meraih cita-cita.
Kejelasan artikuasi dalam menyampaikan pembelajaran juga sudah cukup bagus. Mobilisasi juga dilakukan sehingga dapat menguasai kelas. Teknik penguasaan kelas juga sudah bagus dan mampu menghidupkan suasana kelas yang menarik. Urut-urutan proses pembelajaran juga sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tahapan dari pendahuluan, inti dan penutup. Akan tetapi untuk waktu ketentuan dalam pembuatan video simulasi pengajaran sudah melebihi batas waktu video yang sudah ditentukan yaitu 15 menit, sedangkan video simulasi pengajaran dari mba isqi mempunyai waktu 17 menit lebih 21 detik.
Kejelasan artikuasi dalam menyampaikan pembelajaran juga sudah cukup bagus. Mobilisasi juga dilakukan sehingga dapat menguasai kelas. Teknik penguasaan kelas juga sudah bagus dan mampu menghidupkan suasana kelas yang menarik. Urut-urutan proses pembelajaran juga sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tahapan dari pendahuluan, inti dan penutup. Akan tetapi untuk waktu ketentuan dalam pembuatan video simulasi pengajaran sudah melebihi batas waktu video yang sudah ditentukan yaitu 15 menit, sedangkan video simulasi pengajaran dari mba isqi mempunyai waktu 17 menit lebih 21 detik.
Menurut saya video pembelajaran mba isqi nur sudah memuat komponen - komponen kegiatan pembelajaran pada umumnya yang telah dirancang pada modul terbuka dan divideo pembelajaran mba isqi yang sudah saya liat juga termasuk video pembelajaran yang efektif dari materi yang di sajikan, yang melibatkan minta dan motivasi terhadap siswa, fokus dan konsentrasi siswa, interaksi dan kolaborasi yang di lakukan guru terhadap siswa,evaluasi dan refleksi yang diberikan guru terhadap siswa, dan cara guru menggunakan teknologi pembelajaran.
Video simulasi pengajaran pada materi konsep gerak oleh Mbak Rizki Nur ashifa sudah sangat baik dan kompleks. Di mana saat melaksanakan proses pembelajaran kepada siswa sudah berfokus kepada siswa dan bisa menciptakan kondisi kelas yang kondusif serta ceria dalam siswa menerima materi yang diajarkan oleh guru. Menurut saya tidak ada evaluasi lebih lanjut, Saya kira cukup. Terima kasih