Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan

    Selamat datang di Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran

    Halo rekan-rekan mahasiswa.

    Selamat datang di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teori dan praktek dalam pengembangan multimedia pembelajaran. Anda akan mempelajari konsep dasar, prinsip-prinsip, dan langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran yang akan membantu Anda mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pengembangan maupun pemanfaatan multimedia dalam konteks pendidikan.

    Dalam perkuliahan ini, Anda akan mencapai beberapa sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) berikut:

    1. Menguraikan konsep dasar dan peranan teori belajar dalam multimedia pembelajaran.
    2. Menjelaskan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran.
    3. Mengidentifikasi jenis-jenis multimedia pembelajaran.
    4. Menelaah langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran.
    5. Merancang multimedia pembelajaran berbasis android.
    6. Membuat flowchart dan storyboard program multimedia pembelajaran berbasis android.
    7. Membuat tampilan menu utama menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    8. Menyusun konten materi pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    9. Membuat evaluasi pembelajaran (kuis/tes) menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    10. Membuat tampilan penutup menggunakan aplikasi Smart Apps Creator.
    11. Mengekspor program multimedia pembelajaran ke dalam bentuk .apk.
    12. Mengevaluasi program multimedia pembelajaran berdasarkan kriteria kelayakan multimedia.
    13. Melakukan implementasi program multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan.
    14. Melakukan penilaian respon pengguna terhadap program multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan.

    Keseluruhan materi yang dibahas dalam perkuliahan ini dapat dicemati pada peta materi perkuliahan di bawah ini.

      Bobot Penilaian

    Mata kuliah Multimedi Pembelajaran dilaksanakan dengan model Project Based Learning, sehingga bobot penilaian yang digunakan mengacu pada hasil proyek akhir yang akan Anda kembangkan. Secara rinci bobot penilaiannya adalah sebagai berikut:

    • Tugas pada tiap topik/pertemuan : 20%
    • Aktivitas atau keaktifan di LMS : 10%
    • Ujian Tengah Semester (UTS) : 30%
    • Proyek akhir (UAS) : 40%

      Petunjuk Belajar

    Perkuliahan akan menggunakan metode flipped classroom, di mana Anda akan mempelajari materi secara mandiri melalui LMS  kemudian mendiskusikannya pada pertemuan tatap muka atau online synchronous. Kami berharap metode ini dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman Anda terhadap materi yang diajarkan. Apabila Anda memiliki kendala dalam proses belajar, silahkan manfaatkan forum diskusi yang disediakan pada masing-masing topik materi.

    Salam Tim Dosen Pengampu,
    Dr. Nurhikmah H., S.Pd, M.Si. (Universitas Negeri Makassar)
    Farida Febriati, S. S., M. Si. 
    (Universitas Negeri Makassar)
    Sella Mawarni, S. Pd. M. Pd. 
    (Universitas Negeri Makassar)
    Ervianti, S. Pd., M. Pd. (Universitas Kristen Indonesia Toraja)

    Selamat belajar dan semoga sukses!

  • 1. Konsep dasar dan peranan teori belajar dalam multimedia pembelajaran (Case Method)

    Halo rekan-rekan mahasiswa!

    Selamat datang di pertemuan pertama mata kuliah Multimedia Pembelajaran. Pada sesi kali ini, kita akan memulai dengan membahas topik yang sangat mendasar, yaitu Konsep Dasar dan Peranan Teori Belajar dalam Multimedia Pembelajaran.

    Pada pertemuan ini, kita akan menguraikan konsep dasar multimedia pembelajaran serta memahami bagaimana teori-teori belajar dapat diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan multimedia sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Pemahaman yang baik tentang dasar-dasar ini akan menjadi fondasi penting bagi Anda dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih lanjut di bidang ini.

    Tujuan dari pembahasan kita pada topik ini meliputi:

    1. Menjelaskan pengertian dan karakteristik multimedia pembelajaran.
    2. Mengidentifikasi manfaat penggunaan multimedia dalam pembelajaran.
    3. Menguraikan landasan teori belajar yang mendasari penggunaan multimedia pembelajaran.

    Silahkan akses keseluruhan materi dan aktivitas sehingga Anda dapat memperoleh pemahaman yang kuat tentang bagaimana multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Jangan ragu untuk bertanya melalui forum diskusi jika ada hal-hal yang kurang jelas.
    Selamat belajar!

    • Learning icons for free download | Freepik Modul Konsep Dasar Multimedia Pembelajaran Interaktif

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 1 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: (1) pengertian multimedia, (2) karakteristik multimedia, (3) pemanfaatan dan perkembangan multimedia dalam pendidikan. Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    • Learning icons for free download | Freepik Modul Teori Belajar dalam Multimedia Pembelajaran Interaktif 

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 2 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: peran teori belajar (1) behavioristik, (2) kognitif, dan (3) konstruktivitsik dalam melandasi program Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    • Interactive - Free multimedia icons Video Interaktif Konsep Dasar Multimedia Pembelajaran

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Interactive - Free multimedia icons Video Interaktif Teori Belajar

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Tablet Generic color lineal-color icon Rangkuman

      Rekan mahasiswa, apakah sekarang Anda sudah memahami dengan jelas apa itu multimedia pembelajaran interaktif? silahkan akses ringkasan poin-poin penting yang telah dibahas dalam pertemuan ini untuk membantu Anda mengingat kembali konsep-konsep utama yang telah disampaikan.

    • Receive a grade Receive a passing grade

       Evaluasi Formatif (Kuis)

      Setelah Anda mempelajari keseluruhan materi pada topik ini, mari kita asah pemahaman Anda terkait konsep dasar dan peranan terori belajar dalam multimedia pembelajaran. Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan 3 kali kesempatan pengerjaan. Waktu yang diberikan 5 menit untuk setiap sesi. Nilai yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Anda dilarang menggunakan AI. Utamakan kejujuran. Selamat Mengerjakan! 

    • Rekan-rekan mahasiswa, sebagai tahap awal. Silakan mencari contoh-contoh produk multimedia yang ada di internet (youtube, google, tiktok, instagram).

      Kriteria:

      - Kesesuaian contoh produk merupakan multimedia

      - Keabsahan (menyertakan URL sumberI)

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 2. Prinsip-prinsip multimedia pembelajaran (Case Method)

    Halo teman-teman pembelajar yang luar biasa. 

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Pada pertemuan kedua ini, kita akan membahas topik yang sangat penting yaitu Prinsip-prinsip Multimedia Pembelajaran

    Dalam pertemuan ini, kita akan menggali lebih dalam tentang prinsip-prinsip dasar yang harus diperhatikan saat mengembangkan multimedia untuk keperluan pembelajaran. Memahami prinsip-prinsip ini akan membantu Anda menciptakan konten multimedia yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran.

    Tujuan dari pembahasan kita pada topik ini meliputi:

    1. Menjelaskan prinsip-prinsip multimedia menurut teori Mayer.
    2. Mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam desain multimedia pembelajaran.
    3. Menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam contoh-contoh praktis pengembangan multimedia pembelajaran.

    Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip multimedia, Anda akan mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih efisien dan berdampak positif bagi proses belajar siswa.

    Pastikan Anda membaca setiap bagian dengan teliti dan jangan lupa untuk mengerjakan aktivitas yang telah disediakan, Apabila terdapat pertanyaan seputar topik ini, Anda bisa ajukan melalui kolom Forum Diskusi

    Selamat belajar!

    • Learning icons for free download | Freepik Modul Prinsip-Prinsip Multimedia Pembelajaran

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 3 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: prinsip dalam multimedia pembelajaran (prinsip multimedia, kedekatan ruang, kedekatan waktu, koherensi, modalitas, redundansi, dan perbedaan individual). Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    • Interactive - Free multimedia icons Video Prinsip-Prinsip Multimedia Pembelajaran

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Sebelumnya kita mengenal atau mengira bahwa prinsip multimedia pembelajaran hanya berjumlah 7, namun seiring dengan penelitian lanjutan yang dilakukan oleh Mayer saat ini prinsip multimedia pembelajaran telah berkembang menjadi 12 prinsip. Setelah Anda membaca artikel terkait 12 prinsip multimedia pembelajaran, silahkan cermati video berikut karena didalamnya berisi visualisasi dan penjelasan ringkas terkait prinsip-prinsip multimedia sehingga akan lebih mudah untuk dipahami.

    •  Bahan Bacaan (Artikel)

      Prinsip-prinsip multimedia pembelajaran ternyata lebih banyak berkembang. Saat ini, bahkan telah dirumuskan 12 prinsip multimedia pembelajaran yang telah diperbaharui oleh Richard E. Mayer. Sebelumnya dari 7 prinsip, berkembang menjadi 10 prinsip pada tahun 2017. 

      Untuk mengetahui prinsip-prinsip apa yang baru saja ditambahkan, silahkan simak artikel berikut ini. 

    •  Rangkuman

      Rekan mahasiswa, apakah sekarang Anda sudah bisa menjelaskan apa saja prinsip yang digunakan dalam multimedia pembelajaran interaktif? silahkan akses ringkasan poin-poin penting yang telah dibahas dalam pertemuan ini untuk membantu Anda mengingat kembali konsep-konsep utama yang telah disampaikan.

    •  Tugas Analisis (Studi Kasus)

      Instruksi Tugas :
      1. Silahkan unduh aplikasi Belajar TK PAUD Bersama Marbel melalui tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelpelajarantkpaud&hl=id.
      2. Setelah diunduh, lanjut diinstal di smartphone Anda. 
      3. Tugas Anda adalah melakukan analisis penerapan 12 prinsip multimedia pembelajaran yang diterapkan dalam aplikasi tersebut.
      4. Hasil kerja Anda dapat dituangkan dalam worksheet yang ada di bagian lampiran. 
      5. Selamat bekerja!

      Rubrik Penilaian:

      1. Kesesuaian prinsip multimedia pembelajaran (50%)
      2. Kevalidan bukti screenshoot yang diberikan (50%)
    • Receive a grade Receive a passing grade

       Evaluasi Formatif (Kuis)

      Setelah Anda mempelajari keseluruhan materi pada topik ini, mari kita asah pemahaman Anda terkait prinsip-prinsip multimedia pembelajaran. Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan 3 kali kesempatan pengerjaan. Waktu yang diberikan 5 menit untuk setiap sesi. Nilai yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Anda dilarang menggunakan AI. Utamakan kejujuran. Selamat Mengerjakan! 

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 3. Jenis-jenis multimedia pembelajaran (Case Method)

    Halo rekan-rekan mahasiswa, bagaimana kabar Anda?

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Setelah memperlajari konsep dasar dan prinsip-prinsip dalam multimedia pembelajaran, maka pada pertemuan ketiga ini kita akan membahas topik yang sangat menarik, yaitu Jenis-jenis Multimedia Pembelajaran. Kita akan menjelajahi berbagai jenis multimedia yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Dengan mengetahui jenis-jenis multimedia ini, akan membantu Anda memilih dan mengembangkan multimedia yang paling tepat untuk kebutuhan pembelajaran. Kita akan membahas empat jenis utama multimedia pembelajaran, yakni jenis multimedia simulasi, tutorial, drill, dan educational games. 

    Tujuan pembelajaran pada topik pembahasan kita hari ini meliputi:

    1. Mengidentifikasi berbagai jenis multimedia pembelajaran yang umum digunakan.
    2. Menjelaskan karakteristik dan kelebihan masing-masing jenis multimedia.
    3. Mengeksplorasi contoh-contoh penerapan multimedia dalam konteks pembelajaran.

    Dengan memahami berbagai jenis multimedia ini, kalian akan memiliki banyak pilihan dan kreativitas dalam merancang materi pembelajaran yang menarik dan efektif.

    Mari kita mulai pembahasan kita hari ini dengan penuh antusiasme dan rasa ingin tahu. Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diksusi. Diskusi kita akan lebih seru jika kalian aktif berpartisipasi.

    Selamat belajar!

    •  Modul Jenis-Jenis Multimedia Pembelajaran

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 4 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: jenis-jenis multimedia pembelajaran (multimedia tutrorial, simulasi, drills, dan educational games). Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    • Interactive - Free multimedia icons Video Jenis Multimedia Tutorial

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Interactive - Free multimedia icons Video Jenis Multimedia Simulasi

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Interactive - Free multimedia icons Video Jenis Multimedia Educational Games 

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Interactive - Free multimedia icons Video Jenis Multimedia Drills

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Rangkuman

      Rekan mahasiswa, apakah sekarang Anda sudah bisa menyebutkan ada berapa jenis multimedia pembelajaran interaktif beserta masing-masing karakteristik utamanya? silahkan akses ringkasan poin-poin penting yang telah dibahas dalam pertemuan ini untuk membantu Anda mengingat kembali konsep-konsep utama yang telah disampaikan.

    •  Evaluasi Formatif (Kuis)

      Setelah Anda mempelajari keseluruhan materi pada topik ini, mari kita asah pemahaman Anda terkait Jenis-jenis multimedia pembelajaran. Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan 3 kali kesempatan pengerjaan. Waktu yang diberikan 5 menit untuk setiap sesi. Nilai yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Anda dilarang menggunakan AI. Utamakan kejujuran. Selamat Mengerjakan! 

    • Rekan-rekan mahasiswa, Silakan mencari 1 contoh untuk masing-masing jenis multimedia pembelajaran yang ada di internet (youtube, google, tiktok, instagram). Ini sebagai bahan inspirasi Anda untuk nantinya dalam mengembangkan produk

      Kriteria:

      - Kesesuaian contoh produk merupakan multimedia

      - Keabsahan (menyertakan URL sumberI)

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 4. Langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran (Team Based Project)

    Halo rekan mahasiswa, bagaimana kabar Anda? Semoga makin tambah semangat dalam belajar di mata kuliah ini. 

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Pada pertemuan keempat ini, kita akan membahas Langkah-langkah Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Langkah pengembangan yang dibahas pada pertemuan ini merujuk pada model pengembangan Allesi & Trollip. Topik ini sangat penting karena akan memberikan kalian panduan praktis dalam merancang dan mengembangkan multimedia pembelajaran yang efektif.

    Capaian pembelajaran dari sesi ini adalah:

    1. Mengidentifikasi langkah-langkah model pengembangan Allesi & Trollip.
    2. Menjelaskan sub komponen dari masing-masing langkah pengembangan.

    Dengan memahami langkah-langkah ini, kalian akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang berkualitas.

    Mari kita mulai dengan penuh antusiasme dan jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide. Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diksusi. Diskusi kita akan lebih seru jika kalian aktif berpartisipasi.

    Selamat belajar!

     

    •  Modul Pengembangan Multimedia Pembelajaran

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 5 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: model-model pengembangan multimedia pembelajaran (model Borg & Gall, model Allesi & Trollip, dan Model Lee & Owens). Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    •  Bahan Bacaan (Artikel)

      Artikel ini menjelaskan tentang apa saja manfaat dari pengembangan multimedia pembelajaran, diantaranya boosts learner engagement, supports diverse learning needs, dan enhances memory retention. Beberapa manfaat tersebut tentunya hanya dapat dicapai bila multimedia dikembangkan berdasarkan langkah-langkah pengembangan yang sempurna kan? 

      Nah, pada artikel ini juga dijelaskan beberapa tips mengintegrasikan multimedia pembelajaran yang dapat dijadikan referensi dalam memulai pengembangan multimedia pembelajaran.  

    • Interactive - Free multimedia icons Video Langkah Pengembangan Multimedia Pembelajaran

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    • Rangkuman

      Rekan mahasiswa, apakah sekarang Anda sudah dapat menyebutkan langkah-langkah untuk mengembangkan sebuah multimedia pembelajaran interaktif ? Nah, beberapa model pengembangan memang memiliki tahapan yang berbeda-beda ya, namun pada dasarnya keseluruhan model memiliki tahapan yang hampir sama secara umum terdiri dari analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi.

      Silahkan akses ringkasan poin-poin penting dari salah satu model pengembangan Allesi & Trollip, yang telah dibahas dalam pertemuan ini untuk membantu Anda mengingat kembali konsep-konsep utama yang telah disampaikan.

    • Receive a grade Receive a passing grade

       Evaluasi Formatif (Kuis)

      Setelah Anda mempelajari keseluruhan materi pada topik ini, mari kita asah pemahaman Anda terkait langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran. Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan 3 kali kesempatan pengerjaan. Waktu yang diberikan 5 menit untuk setiap sesi. Nilai yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Anda dilarang menggunakan AI. Utamakan kejujuran. Selamat Mengerjakan! 

    • Rekan-rekan mahasiswa, Silakan identifikasi 1 produk multimedia pembelajaran yang ada di internet (youtube, google, tiktok, instagram) yang penggunaannya tidak tepat sasaran, laku kemukakan alasannya. Ini sebagai bahan inspirasi Anda untuk nantinya dalam mengembangkan produk tidak melakukan hal yang sama

      Kriteria:

      - Ulasan/alasan mengapa produk tersebut tidak sesuai dan harusnya seperti apa

      - Keabsahan (menyertakan URL sumberI)

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 5. Merancang multimedia pembelajaran berbasis Android (Team Based Project)

    Halo rekan-rekan mahasiswa, apakah Anda sudah siap untuk belajar di pertemuan ini? 

    Selamat datang kembali di perkuliahan Multimedia Pembelajaran. Pada pertemuan kelima ini, kita akan membahas Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif. Topik ini sangat penting karena akan memberikan kalian panduan praktis dalam merancang multimedia pembelajaran yang efektif dan menarik.

    Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini, yakni:

    1. Menentukan capaian pembelajaran/mata pelajaran yang akan dikembangkan.
    2. Ketepatan menentukan bahan ajar/materi pembelajaran.
    3. Merancang kuis/evaluasi pembelajaran.
    4. Membuat GBIPM (Garis Besar Isi Program Multimedia)

    Dengan memahami konsep-konsep ini, kalian akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk merancang multimedia pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

    Mari kita mulai dengan penuh antusiasme dan jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diskusi. Diskusi kita akan lebih seru jika kalian aktif berpartisipasi.

    Selamat belajar!

    •  Modul Merancang Multimedia Pembelajaran

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 6 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: merancang multimedia pembelajaran yang terdiri dari (1) melakukan Analisis Kebutuhan; (2) menyusun Garis Besar Isi Program Media (GBIPM); (3) membuat Flowchart; dan (4) Membuat Storyboard. Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    • Interactive - Free multimedia icons Video Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif

      Mari simak dan jawab pertanyaan yang muncul sepanjang pemutaran video, skor Anda akan dihitung dan ditampilkan pada bagian akhir video.

    •  Rangkuman

      Rekan mahasiswa, apakah sekarang Anda sudah dapat mengindentifikasi hal-hal apa saja yang perlu dilakukan pada tahap perancangan multimedia pembelajaran interaktif? Melalui perancangan yang matang, tentunya akan memberikan pedoman yang jelas untuk proses pengembangan selanjutnya.

      Silahkan akses ringkasan poin-poin penting dari materi yang telah dibahas dalam pertemuan ini untuk membantu Anda mengingat kembali konsep-konsep utama yang telah disampaikan.

    • Anda membutuhkan referensi contoh GBIPM? Silahkan akses file berikut ini untuk melihat contoh GBIPM yang lengkap dengan lampiran flowchart dan storyboard-nya.

    •  Tugas Pengembangan Proyek

      Pada tugas kali ini Anda diminta untuk membuat rancangan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dalam format GBIPM (Garis Besar Isi Program Media).

      Ketentuan Tugas

      • Materi yang dipilih boleh berasal dari semua jenjang pendidikan.
      • Multimedia pembelajaran yang akan dikembangkan cukup memuat 1 kompetensi dasar saja.
      • Setelah membuat GBIM, selanjutnya buatlah flowchart dan storyboardnya (untuk tugas pertemuan 6).
      • Pekan depan silahkan konsultasikan GBIM Anda kepad Dosen Pengampu. 

      Rubrik Penilaian didasarkan pada kualitas perumusan kompetensi dasar, perumusan indikator sesuai dengan kompetensi dasar, pemilihan pokok-pokok materi, pemilihan media, pemilihan jenis evaluasi dan kualitas referensi.

      Catatan: File format GBIPM ada pada lampiran. 

      Harap cermati deadline yang diberikan, selamat mengerjakan!

    • View Receive a grade Receive a passing grade

       Evaluasi Formatif (Kuis)

      Setelah Anda mempelajari keseluruhan materi pada topik ini, mari kita asah pemahaman Anda terkait perancangan multimedia pembelajaran. Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan 3 kali kesempatan pengerjaan. Waktu yang diberikan 5 menit untuk setiap sesi. Nilai yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Anda dilarang menggunakan AI. Utamakan kejujuran. Selamat Mengerjakan! 

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 6. Flowchart dan storyboard program multimedia pembelajaran berbasis Android (Team Based Project)

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? Selamat datang di pekan ke-6. 

    Pada pertemuan ke-6 ini, kita akan menjelajahi bagaimana cara merancang flowchart dan storyboard untuk program multimedia pembelajaran berbasis Android. Mungkin Anda pernah mendengar istilah ini, tapi pernahkah Anda membayangkan bagaimana sebuah aplikasi pembelajaran bisa terbentuk dari sekumpulan ide sederhana menjadi produk interaktif yang kaya akan fitur? Nah, di sinilah peran flowchart dan storyboard menjadi sangat krusial!

    Tujuan pembelajaran kita kali ini meliputi:

    1. Ketepatan dalam mengoperasikan aplikasi Clik Chart Diagram.
    2. Ketepatan dalam membuat flowchart untuk program multimedia pembelajaran.
    3. Ketepatan dalam menyusun storyboard yang menggambarkan alur dan desain tampilan program multimedia.


    Dengan memahami dan menguasai kemampuan ini, Anda akan memiliki dasar yang kuat dalam pengembangan aplikasi pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, simak keseluruhan materi dan silahkan berpartisipasi aktif dalam setiap aktivitas yang telah disiapkan.

    Selamat Belajar!

    •  Modul 7 Fitur Umum dalam Multimedia Pembelajaran

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 7 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: fitur umum dalam multimedia pembelajaran (intoduction of the program, user identification, learner control, presentation of information, help, & ending program). Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    •  Slide Presentasi 

      Apa saja arti simbol dari masing-masing bentuk (shapes) yang ada pada flowchart? Bagaimana format storyboard yang baik dan lengkap sehingga memudahkan proses pengembangan? Jika pada modul Anda masih menemukan materi yang sulit dipahami, silahkan akses slide berikut untuk mendapatkan penjelasan lebih detail terkait flowchart & storyboard.

    • Rekan-rekan mahasiswa, anda dapat melihat contoh Storyboard berikut ini untuk kalian adaptasi

    •  Rangkuman 

      Rekan mahasiswa, apakah sekarang Anda sudah dapat mengindentifikasi bagaimana alur multimedia pembelajaran interaktif yang akan Anda kembangkan? Flowchart dan storyboard yang jelas memberikan pedoman yang jelas untuk proses pengembangan selanjutnya. Berikut ringkasan poin-poin penting fitur utama/umum dalam sebuah multimedia pembelajaran untuk membantu Anda mengingat kembali konsep-konsep utama yang telah disampaikan.

    • View Receive a grade Receive a passing grade

       Evaluasi Formatif (Kuis)

      Setelah Anda mempelajari keseluruhan materi pada topik ini, mari kita asah pemahaman Anda terkait flowchart dan storyboard multimedia pembelajaran. Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan 3 kali kesempatan pengerjaan. Waktu yang diberikan 5 menit untuk setiap sesi. Nilai yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Anda dilarang menggunakan AI. Utamakan kejujuran. Selamat Mengerjakan! 

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 7. Membuat tampilan menu menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (Team Based Project)

    Jalan-jalan ke pasar pagi,
    Membeli kain untuk dijahitkan,
    Belajar desain menu yang asyik di hati,
    Aplikasi menarik pasti terwujudkan.

    Selamat datang di pertemuan ke-7. Pada pertemuan kali ini, kita akan memasuki tahap yang lebih menarik dalam pengembangan multimedia pembelajaran, yaitu membuat tampilan menu utama menggunakan aplikasi Smart Apps Creator. Bayangkan bagaimana kesan pertama yang Anda rasakan saat membuka sebuah aplikasi? apakah pertama kali yang dinilai adalah tampilannya yang menarik? Selanjutnya apakah navigasinya mudah? Ya, Semua itu bermula dari desain menu utama yang tepat dan kreatif.

    Capaian pembelajaran yang akan kita raih dalam topik ini adalah:

    1. Ketepatan dalam membuat tampilan menu utama yang selaras dengan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran.
    2. Kreativitas dalam mendesain tampilan menu utama agar mampu menarik perhatian dan memudahkan pengguna.


    Dengan menguasai keterampilan ini, Anda akan mampu menciptakan antarmuka yang tidak hanya fungsional, tetapi juga menarik secara visual. Jadi, pastikan Anda mengikuti seluruh materi dan praktik dengan penuh perhatian, karena inilah kesempatan Anda untuk berkreasi dan menguji kemampuan desain Anda.

    Selamat Belajar!

    • Silahkan unduh aplikasi Smart Apps Creator (SAC) melalui tautan berikut. Setelah Anda buka tautan tersebut, maka terdapat beberapa file, yaitu:

      + Contoh File Project (AHL)
      + Contoh Aset Project
      + Panduan SAC pengembangan project (PDF)
      + Tautan Video Tutorial SAC (YouTube)

      Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    •  Video Tutorial Membuat Tampilan Menu Utama

      Bagaimana membuat tampilan menu utama di aplikasi Smart Apps Creator (SAC)?
      Mari simak video berikut, kemudian Anda juga dapat mengikuti langkah demi langkah yang ditampilkan. 

    • Untuk memberikan Anda inspirasi contoh tampilan utama seuah program MPI, Anda dapat mengunjungi link berikut ini!
      Coba amati dan analisis apa saja yang ditampilkan pada saat opening/pembukaan aplikasi. 

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang Apa yang harus ditampilkan di menu utama pada multimedia pembelajaran. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    •  Unggah Hasil Praktik Mandiri 1

      Membuat Tampilan Menu Utama di SAC

      Pada pertemuan ini, Anda telah mempelajari bagaimana membuat tampilan menu menggunakan aplikasi SAC.
      Selanjutnya, silahkan unggah hasil praktik mandiri Anda sebagai bukti progres pengerjaan proyek akhir.


      Indikator Penilaian:

      1. Desain Tampilan Menu

        • Kesesuaian desain dengan prinsip estetika dan konsistensi.
        • Kemudahan pengguna dalam memahami dan menavigasi menu.
        • Responsivitas dan kesesuaian desain dengan tampilan pada berbagai perangkat.
      2. Fungsi Menu

        • Fungsionalitas menu bekerja sesuai dengan instruksi yang diberikan.
        • Ketiadaan error atau masalah dalam implementasi fitur menu.
        • Pengalaman pengguna yang sesuai dengan harapan terkait interaksi menu.
      3. Kreativitas

        • Penerapan ide atau konsep baru dalam desain dan fungsi menu.
        • Inovasi atau penambahan fitur yang tidak biasa untuk meningkatkan nilai tugas.
        • Penggunaan elemen visual atau teknik coding yang menunjukkan kreativitas.
      4. Kesesuaian dengan Instruksi

        • Menu mencakup semua elemen yang diminta dalam tugas.
        • Setiap instruksi dalam panduan tugas diimplementasikan dengan baik.
        • Menu bekerja sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.
      5. Kelengkapan File

        • Semua file yang diperlukan dalam tugas diunggah dengan benar.
        • Struktur file atau folder terorganisir dengan baik dan mudah diakses.
        • Tidak ada elemen yang hilang atau tertinggal dalam pengumpulan tugas.
      6. Dokumentasi Proyek

        • Deskripsi proses pembuatan menu dijelaskan dengan detail dan jelas.
        • Dokumentasi mencakup langkah-langkah teknis yang dilakukan.
        • Informasi yang disajikan lengkap, logis, dan mudah dipahami.
    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 8. Ujian Tengah Semester (Team Based Project)

    Di taman bunga mawar merekah,
    Harum semerbak di pagi hari.
    Hadapi ujian dengan penuh berkah,
    Usaha dan doa kunci meraih prestasi.

    Tidak terasa, perjalanan kita telah sampai pada pertengahan semester di Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran. Bagaimana pembelajaran yang telah Anda lalui selama ini? Apa materi yang menurut Anda paling berkesan? Pekan ini, silakan unggah rencana program dan isi refleksi perkuliahan tengah semester

    Gambaran Umum Projek UTS

    Pada projek UTS, rekan-rekan mahasiswa secara berkelompok merancang multimedia pembelajaran sesuai syarat-syarat yang telah dijelaskan pada materi sebelumnya.

    Detail pengerjaan UTS dapat dilihat pada penjelasan di bawah!

    •  Pengumpulan GBIPM Projek

      Rekan-rekan mahasiswa, sebagai bentuk penilaian tengah semester Anda diminta untuk mengumpulkan rancangan program multimedia pembelajaran yang terdiri dari GBIPM (Garis Besar Isi Program Multimedia), flowchart, dan storyboard serta laporan progress pengembangan di Smart Apps Creator. 

      Laporan progress dapat dibuat dalam format deskrpsi singkat dan bukti screenshot dari poyek Anda di aplikasi SAC.

      Rubrik Penilaian pada UTS :
      - Kejelasan GBIPM yang dibuat.
      - Kejelasan alur flowchart yang dibuat.
      - Kejelasan alur flowchart yang dibuat.
      - Pelaporan progres proyek akhir.

      Selamat Mengerjakan!

    • Berikut ini salah salu alternatif aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat flowchart. Silakan diunduh jika Anda memerlukan tautan langsungnya

    • Berikut ini contoh flowchart yang dapat diadaptasi. Flowchart ini dibuat menggunakan aplikasi NCH

    • View Make forum posts: 1

      Discussion - Free user icons Forum Diskusi

      Bagi yang ingin GBPIPM yang dikembangkan mendapat masukan dari teman-teman lainnya, silakan dishare disini untuk berbagi praktik baik rencana multimedia yang dikembangkan. Anda akan mendapatkan bonus poin jika berkenan berbagi.

      Posting pertanyaan Anda melalui tombol "Add a new discussion topic" dan buat balasan/komentar melalui tombol "Reply". 

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang apa yang telah Anda pelajari pada pertemuan 1-7. Soal yang diberikan berjumlah 20 nomor yang dikerjakan dalam waktu 10 menit. Anda memiliki 1 kesempatan.Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

    • Rekan-rekan mahasiswa, agar projek Anda dapat selesai optimal sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Silakan baca  tips berikut ini.

  • 9. Menyusun materi pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (Team Based Project)

    Halo rekan mahasiswa yang penuh semangat!

    Pada pertemuan ke-9 ini, kita akan mengupas tuntas tentang menyusun konten materi pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik dan mudah dipahami. Kita akan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator sebagai alat bantu utama. Pernahkah Anda berpikir bagaimana sebuah materi pembelajaran dapat dikemas sedemikian rupa sehingga mampu menarik perhatian dan memotivasi peserta didik? Inilah momen untuk mewujudkannya!

    Capaian pembelajaran yang ingin kita raih kali ini adalah:

    1. Menyusun konten materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran.
    2. Menghasilkan konten materi yang didesain dengan kreativitas tinggi.

    Dengan mengikuti keseluruhan materi ini, Anda akan dapat merancang materi yang tidak hanya berfungsi sebagai media penyampai informasi, tetapi juga mampu meningkatkan pemahaman dan minat belajar. Jadi, siapkan diri Anda untuk menyelami setiap tahap pembuatan konten dan eksplorasi ide-ide kreatif Anda melalui keseluruhan materi dan aktivitas yang ada pada pertemuan ini.

    Mari kita mulai dengan penuh antusiasme dan jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ide melalui Forum Diskusi. 

    Semangat Belajar!

    •  Video Tutorial Menyusun Konten Materi 

      Bagaimana memasukkan dan menyusun konten materi kedalam aplikasi Smart Apps Creator (SAC)?
      Mari simak video berikut, kemudian Anda juga dapat mengikuti langkah demi langkah yang ditampilkan. 

    •  Slide Presentasi 

      Menyusun konten materi pembelajaran bukan sekadar memasukkan isi modul/teks kedalam aplikasi multimedia pembelajaran interaktif. Tetapi perlu juga kita perhatikan bagaimana tips menyusun konten materi agar dapat membantu siswa belajar secara lebih efektif melalui aplikasi yang kita kembangkan. 
      Nah, apa saja tipsnya? silahkan akses slide berikut untuk mendapatkan penjelasan lebih detail terkait menyusun konten pembelajaran!

    • Silahkan unduh panduan menyusun materi di Smart Apps Creator (SAC) melalui tautan berikut. Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang Menyusun konten materi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    •  Unggah Hasil Praktik Mandiri 2

      Menyusun Materi Pembelajaran di SAC

      Pada pertemuan ini, Anda telah mempelajari bagaimana menyusun materi pembelajaran menggunakan aplikasi SAC.
      Selanjutnya, silahkan unggah hasil praktik mandiri Anda sebagai bukti progres pengerjaan proyek akhir.


      Kriteria Penilaian Tugas Unggah Hasil Praktik

      1. Kesesuaian Materi (30 poin)

        • Materi yang disusun relevan dengan topik yang telah dipelajari.
        • Konten sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
      2. Kualitas Penyajian (30 poin)

        • Struktur materi jelas dan sistematis (misalnya, pengantar, isi, dan penutup).
        • Penggunaan media dan elemen visual (gambar, grafik, video) mendukung pemahaman materi.
      3. Kreativitas (20 poin)

        • Inovasi dalam penyampaian materi.
        • Pendekatan yang unik dan menarik dalam menyusun konten.
      4. Keterbacaan dan Keterpahaman (10 poin)

        • Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan bebas dari kesalahan tata bahasa.
        • Format dan gaya penulisan mendukung keterbacaan.
      5. Kepatuhan Terhadap Tenggat Waktu (10 poin)

        • Tugas diunggah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 10. Menyusun evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (Team Based Project)

    •  Video Tutorial Membuat Kuis

      Bagaimana memasukkan dan menyusun konten materi kedalam aplikasi Smart Apps Creator (SAC)?
      Mari simak video berikut, kemudian Anda juga dapat mengikuti langkah demi langkah yang ditampilkan. 

    • Silahkan unduh panduan membuat kuis di Smart Apps Creator (SAC) melalui tautan berikut. Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang Pentingnya Evaluasi dalam Multimedia Pembelajaran. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    •  Unggah Hasil Praktik Mandiri 3

      Menyusun Evaluasi Pembelajaran di SAC

      Pada pertemuan ini, Anda telah mempelajari bagaimana membuat evaluasi menggunakan aplikasi SAC.
      Selanjutnya, silahkan unggah hasil praktik mandiri Anda sebagai bukti progres pengerjaan proyek akhir.


      Indikator Penilaian Tugas Pembuatan Evaluasi Menggunakan Aplikasi SAC

      1. Desain Evaluasi

        • Desain tampilan evaluasi jelas dan mudah dipahami.
        • Elemen visual (warna, font, gambar) digunakan secara konsisten dan menarik.
      2. Kesesuaian dengan Tujuan Evaluasi

        • Pertanyaan yang disusun relevan dengan materi yang diajarkan.
        • Tujuan pembelajaran tercermin dalam jenis dan konten pertanyaan.
      3. Kualitas Pertanyaan

        • Pertanyaan memiliki tingkat kesulitan yang sesuai
        • Pertanyaan dirumuskan dengan jelas, tanpa ambigu.
      4. Fungsi Evaluasi

        • Fungsi evaluasi (seperti penilaian otomatis) berjalan dengan baik.
        • Interaksi pengguna dengan evaluasi lancar dan tidak ada error.
      5. Kelengkapan File

        • Semua file yang diperlukan untuk tugas diunggah.
        • Struktur file terorganisir dan mudah diakses.
      6. Dokumentasi Proyek

        • Dokumentasi menjelaskan proses pembuatan evaluasi dengan baik.
        • Informasi teknis dan langkah-langkah pembuatan disajikan dengan lengkap.
    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 11. Membuat tampilan penutup program multimedia pembelajaran (Team Based Project)

    Selamat datang di pertemuan ke-11! Pada sesi kali ini, kita akan mendalami cara membuat tampilan penutup dalam program multimedia pembelajaran. Bagian ini sering kali dianggap sepele, padahal memiliki peran penting dalam memperkuat retensi pengetahuan. Tampilan penutup yang dirancang dengan baik dapat membantu peserta didik meninjau ulang informasi utama, memberikan pesan motivasi terakhir, dan mengarahkan mereka ke langkah selanjutnya, seperti kuis, umpan balik, atau materi tambahan. Ini sangat relevan untuk pembelajaran yang diakses di perangkat mobile, agar peserta didik tetap terarah meskipun berada di akhir sesi.

    Capaian Pembelajaran yang ingin dicapai:

    1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen penting dalam tampilan penutup program multimedia pembelajaran interaktif.
    2. Mahasiswa dapat merancang dan menghasilkan tampilan penutup yang efektif dan menarik pada program multimedia pembelajaran interaktif.

    Tampilan penutup tidak hanya harus informatif, tetapi juga memotivasi peserta didik untuk terus belajar, misalnya dengan menyarankan sumber belajar lain atau menampilkan ringkasan pencapaian mereka. Anda juga bisa menambahkan call-to-action (CTA), seperti ajakan untuk mengulang materi, memberikan umpan balik, atau mengakses konten lanjutan.

    Jangan lupa, ikuti seluruh instruksi perkuliahan dan praktik yang tersedia agar Anda mendapatkan pengalaman maksimal dalam perancangan ini. Jika ada hal-hal yang kurang jelas atau tantangan yang Anda temui, silakan bertanya di forum diskusi agar kita bisa saling membantu dan belajar bersama.

    Selamat Belajar!

     

    •  Video Tutorial Tampilan Penutup

      Bagaimana membuat tampilan penutup di aplikasi Smart Apps Creator (SAC)?
      Mari simak video berikut, kemudian Anda juga dapat mengikuti langkah demi langkah yang ditampilkan. 

    • Silahkan unduh panduan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) melalui tautan berikut. Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang Tampilan Penutup Program Multimedia Pembelajaran yang baik. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    •  Unggah Hasil Praktik Mandiri 4

      Membuat Tampilan Penutup di SAC

      Pada pertemuan ini, Anda telah mempelajari bagaimana membuat tampilan penutup menggunakan aplikasi SAC.
      Selanjutnya, silahkan unggah hasil praktik mandiri Anda sebagai bukti progres pengerjaan proyek akhir.


      Indikator Penilaian Tugas Membuat Tampilan Penutup di SAC

      1. Desain Tampilan Penutup

        • Tampilan penutup jelas, menarik, dan sesuai dengan tema.
        • Elemen visual (warna, gambar, teks) digunakan dengan konsisten dan efektif.
      2. Kesesuaian Konten

        • Konten yang disajikan relevan dengan materi yang telah dipelajari.
        • Penutup menyimpulkan informasi utama dengan baik.
      3. Kualitas Pesan

        • Pesan penutup disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami.
        • Ada elemen yang memotivasi atau mengajak siswa untuk refleksi lebih lanjut.
      4. Fungsi Interaktif

        • Jika ada elemen interaktif (misalnya, tombol atau link), fungsi tersebut berjalan dengan baik.
        • Interaksi dengan tampilan penutup berjalan lancar tanpa masalah teknis.
      5. Kelengkapan File

        • Semua file yang diperlukan diunggah sesuai instruksi.
        • Struktur file terorganisir dan mudah diakses.
      6. Dokumentasi Proyek

        • Dokumentasi menjelaskan proses pembuatan tampilan penutup dengan baik.
        • Informasi teknis dan langkah-langkah pembuatan disajikan secara jelas dan lengkap.
    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 12. Mengekspor program multimedia pembelajaran kedalam format .apk (Team Based Project)

    Halo, rekan-rekan mahasiswa! 
    Bagaimana kabar Anda? Semoga Anda semua dalam keadaan sehat, bahagia, dan siap menyambut materi baru dengan semangat.

    Pada pertemuan pekan ini, kita akan mempelajari cara mengekspor program multimedia pembelajaran ke dalam format .apk (Android). Kompetensi ini sangat penting, terutama dalam era pembelajaran digital yang semakin berkembang, di mana akses materi melalui perangkat mobile menjadi kebutuhan. Dengan mengonversi program multimedia menjadi aplikasi Android, Anda dapat memastikan bahwa peserta didik dapat belajar secara fleksibel dan interaktif, kapan saja dan di mana saja, tanpa bergantung pada akses internet yang terus-menerus.

    Capaian Pembelajaran yang ingin dicapai

    1. Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah teknis untuk mengekspor program multimedia pembelajaran ke format .apk.
    2. Mahasiswa dapat menghasilkan file .apk dari program multimedia yang telah dirancang dan siap digunakan di perangkat Android.

    Agar Anda dapat mencapai hasil maksimal, pastikan untuk mengikuti setiap petunjuk perkuliahan dengan cermat. Pada tahap awal, Anda akan dibimbing melalui langkah-langkah persiapan, seperti pengaturan proyek dan struktur file. Selanjutnya, Anda akan mempelajari cara mengatasi potensi kendala dalam proses ekspor, seperti kompatibilitas dan optimasi ukuran aplikasi. Jika di tengah proses ada kendala atau pertanyaan, jangan ragu untuk memanfaatkan forum diskusi.

    Selamat Belajar!

    •  Video Tutorial Mengekspor Proyek

      Bagaimana mengekspor proyek yang telah siap/selesai di aplikasi Smart Apps Creator (SAC)?
      Mari simak video berikut, kemudian Anda juga dapat mengikuti langkah demi langkah yang ditampilkan. 

    • Silahkan unduh panduan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) melalui tautan berikut. Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang Cara Export Projek SAC. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    •  Unggah Hasil Praktik Mandiri 5

      Mengekspor Program Multimedia di SAC

      Pada pertemuan ini, Anda telah mempelajari bagaimana mengekspor proyek multimedia di aplikasi SAC menjadi file .apk.
      Selanjutnya, silahkan unggah hasil praktik mandiri Anda sebagai bukti progres pengerjaan proyek akhir.


      Indikator Penilaian Tugas Mengekspor Program Multimedia di SAC

      1. Keberhasilan Ekspor (Proyek multimedia berhasil diekspor menjadi file .apk tanpa error).

      2. Fungsi File .apk (File .apk yang dihasilkan dapat dibuka dan berfungsi dengan baik di perangkat target).

      3. Kelengkapan Fitur (Semua fitur multimedia dalam proyek berfungsi seperti yang diharapkan setelah diekspor).

      4. Ukuran File (Ukuran file .apk yang dihasilkan efisien dan sesuai untuk diinstal).

      5. Pengunggahan File (File .apk diunggah tepat waktu sesuai instruksi, dan tidak ada elemen yang hilang).

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 13. Mengevaluasi program multimedia pembelajaran berdasarkan kriteria kelayakan(Team Based Project)

    Halo rekan-rekan mahasiswa!

    Kita telah memasuki pekan ke-13 dan itu berarti kita semakin dekat dengan akhir semester. Pada pertemuan kali ini, kita akan fokus pada evaluasi program multimedia pembelajaran. Evaluasi ini merupakan bagian penting dalam memastikan bahwa program yang Anda buat tidak hanya berfungsi secara teknis, tetapi juga berdampak secara efektif pada proses belajar peserta didik. Melalui evaluasi yang tepat, Anda bisa menentukan apakah program tersebut sudah memenuhi kriteria kelayakan, seperti relevansi konten, keterlibatan pengguna, kemudahan navigasi, serta stabilitas dan kinerja aplikasi.

    Capaian Pembelajaran yang Ingin Dicapai:

    1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kriteria evaluasi program multimedia pembelajaran.
    2. Mahasiswa dapat melakukan evaluasi secara komprehensif untuk menilai kualitas program multimedia berdasarkan kriteria kelayakan.

    Untuk memaksimalkan pemahaman, silahkan pelajari modul yang telah disediakan dan praktikkan sesuai dengan petunjuk tugas. Anda akan diarahkan untuk mengevaluasi program dari berbagai aspek, seperti desain visual, interaktivitas, serta kemampuan program dalam mendukung tujuan pembelajaran. Evaluasi yang baik tidak hanya bertujuan menemukan kelemahan, tetapi juga membantu Anda meningkatkan kualitas program secara keseluruhan.

    Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami modul atau menemukan kendala saat melakukan evaluasi, manfaatkan forum diskusi. Diskusi dengan rekan-rekan dan pengajar akan membantu Anda mendapatkan sudut pandang baru dan solusi terhadap setiap masalah yang muncul.

    Selamat belajar!

    •  Modul 8 Kriteria Penilaian Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif

      Rekan mahasiswa, bacalah modul 8 berikut ini. Anda akan mendapatkan penjelasan terkait: 4 kriteria penilaian kualitas multimedia pembelajaran (aspek isi, instruksional, tampilan, dan navigasi). Pada akhir materi terdapat video penjelasan serta kuis interaktif yang dapat Anda kerjakan untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi. 

    • Silahkan unduh panduan Smart Apps Creator (SAC) sesuai tahapannya melalui tautan berikut. Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    •  Rangkuman (Infografis)

      Rekan mahasiswa, sekarang Anda telah memiliki sebuah aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang siap digunakan oleh user. Nah, sekarang bagaimana Anda bisa mengetahui kualitas bahwa produk/aplikasi yang telah Anda hasilkan? Betul, terdapat kriteria penilaian kualitas multimedia pembelajaran interaktif. Agar dapat membantu Anda dalam mengingat poin-poin penting dari materi yang telah dibahas dalam pertemuan ini, silahkan cermati inforgrafis berikut.

    •  Lembar Evaluasi Teman Sebaya (Peer Assessment)

      Lembar kerja ini merupakan lembar penilaian teman sebaya untuk menilai produk multimedia pembelajaran interaktif milik kelompok lain, dengan ketentuan masing-masing kelompok mencari 1 tim lain untuk menilai produknya. 

    • Pengumpulan Hasil Peer-Assessment (Penilaian Teman Sebaya)

      Setelah melakukan penilaian teman sebaya di kelas, silahkan Anda kumpulkan hasil penilaian tersebut kemudian analisis lah bagian-bagian multimedia yang masih perlu direvisi dan diperbaiki. 

    • Silakan unggah produk kelompok di akun masing-masing. Untuk selanjutnya produk tersebut direview oleh kelompok lain sesuai rubrik penilaian di atas. Silakan kerjakan dengan jujur dan bertanggung jawab

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang Kriteria Kelayakan Multimedia Pembelajaran. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 14. Melakukan implementasi program multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan (Team Based Project)

    Halo rekan-rekan mahasiswa yang penuh semangat!

    Selamat datang di pertemuan ke-14!
    Pekan ini, kita akan melangkah ke tahap penting dalam proses pembelajaran kita, yaitu mengimplementasikan produk yang telah Anda buat kepada pengguna. Ini adalah momen yang sangat berharga untuk melihat hasil kerja keras Anda dan mendapatkan umpan balik yang konstruktif. Pastikan Anda mengikuti petunjuk perkuliahan yang telah disediakan dengan seksama agar proses implementasi berjalan lancar.

    Jika Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menyampaikannya di forum diskusi. Mari kita dukung satu sama lain dan saling berbagi pengalaman dalam perjalanan ini.

    Selamat belajar, dan sukses untuk kita semua!

    •  Dokumentasi Proses Implementasi Produk

      Anda telah melalui proses yang panjang dalam pengembangan produk multimedia pembelajaran interaktif, bukan?
      Nah, sekarang adalah saatnya Anda melakukan implementasi produk yang telah Anda kembangkan kepada user (pengguna). 
      Silahkan cermati ketentuan dalam proses implementasi berikut ini:

      1. Implementasikan produk Anda kepada minimal 3 orang user (misalnya: siswa SMP, kelas 2 yang sedang belajar topik yang dibahas didalam aplikasi Anda). 
      2. Dokumentasikan proses penggunaan aplikasi oleh user Anda. 
      3. Dokumentasi harus berupa foto dan video pendek (durasi maksimal 5 menit).
      4. Satukan keseluruhan dokumentasi, lalu unggah dalam folder Dokumentasi Proses Implementasi di GoogleDrive pada link berikut: https://s.id/dokimplementasi
      5. Salin atau bagikan link Anda, kemudian tuliskan atau paste dalam kolom Online Text Submission.

       Selamat Mengerjakan!

      Kriteria Penilaian
      Kualitas proses implementasi
      Kualitas dokumentasi dalam bentuk foto
      Kualitas dokumentasi dalam bentuk video 

    • Silahkan unduh panduan Smart Apps Creator (SAC) sesuai tahapannya melalui tautan berikut. Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang pentingnya implementasi produk yang dikembangkan. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 15. Penilaian respon pengguna program multimedia pembelajaran (Team Based Project)

    Halo rekan mahasiswa yang penuh semangat!

    Selamat datang di pertemuan ke-15! Pada sesi kali ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dalam pengembangan program multimedia pembelajaran, yaitu penilaian respon pengguna. Setelah kita berhasil membuat program pembelajaran, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi bagaimana pengguna (peserta didik) merespons program tersebut. Evaluasi ini tidak hanya membantu kita memahami efektivitas dan daya tarik program, tetapi juga memberikan wawasan berharga untuk perbaikan di masa mendatang. Misalnya, perubahan berdasarkan umpan balik pengguna sebelumnya telah meningkatkan pengalaman belajar secara signifikan dalam proyek-proyek sebelumnya.

    Capaian pembelajaran yang ingin kita raih dalam pertemuan ini adalah:

    1. Menerapkan metode untuk menilai respon pengguna terhadap program multimedia pembelajaran.
    2. Menganalisis hasil penilaian yang diperoleh dari pengguna.

    Dalam sesi ini, kita akan mengeksplorasi berbagai cara untuk mengukur kepuasan, efektivitas, dan keterlibatan pengguna, baik melalui kuesioner maupun umpan balik langsung. Penilaian ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan dampak dari program yang Anda kembangkan. Jangan ragu untuk bertanya melalui forum diskusi jika ada hal-hal yang kurang jelas.

    Selamat Belajar!

    •  Lembar Validasi Respon Pengguna

      Lembar validasi respon pengguna ini dapat digunakan untuk mendapatkan respon atau feedback dari sasaran pengguna (bisa dari guru dan siswa). Berdasarkan lembar validasi ini, Anda akan mendapatkan skor penilaian yang menunjukkan level kualitas produk multimedia pembelajaran yang telah Anda kembangkan.

    • Silahkan unduh panduan Smart Apps Creator (SAC) sesuai tahapannya melalui tautan berikut. Keseluruhan file tersebut dapat membantu Anda untuk belajar secara mandiri, jika terdapat pertanyaan silahkan komunikasikan ke dosen pengampu atau melalui forum diskusi

    •  Penilaian Respon Pengguna  

      Pada tugas ini Anda diminta untuk menilai respon pengguna yang telah menggunakan aplikasi yang telah Anda kembangkan. Formulir atau angket penilaian respon telah disediakan pada pertemuan ini, sehingga tugas Anda yakni:

      1. Memberikan angket tersebut dan memastikan pengguna dapat menilai produk Anda sesuai dengan angket yang disediakan.
      2. Ringkaslah hasil penilaian dari ke-3 user dalam format diagram lalu deskripsikan (maknai) skor yang diperoleh.
      3. Unggah lah dalam bentuk .pdf

      Selamat Mengerjakan!


      Indikator Penilaian Tugas Menilai Respon Pengguna

      1. Distribusi Angket (Angket dibagikan kepada pengguna dengan benar dan tepat waktu).

      2. Pengumpulan Data (Data dari ketiga pengguna terkumpul dengan lengkap dan valid).

      3. Penyajian Diagram (Diagram yang dibuat jelas dan sesuai untuk menggambarkan hasil).

      4. Interpretasi Hasil (Deskripsi hasil menggambarkan pemahaman yang baik terhadap skor angket).

      5. Format Dokumen (Hasil disusun dalam format PDF sesuai dengan instruksi yang diberikan).

      6. Pengunggahan (File PDF diunggah tepat waktu dan semua elemen tugas terlampir lengkap).

    • View Receive a grade

      Rekan-rekan mahasiswa, untuk mengukur pemahaman konseptual anda di sesi ini, silakan kerjakan kuis berikut. Kuis ini mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang indikator penilaian multimedia pembelajaran. Soal yang diberikan berjumlah 5 nomor yang dikerjakan dalam waktu 3 menit. Anda memiliki 3 kesempatan. Skor yang diambil adalah skor tertinggi. Selamat belajar. Untuk menjawab, dilarang menggunakan AI atau mesin pencari. Gunakan pemahaman Anda sendiri. Utamakan kejujuran. Selamat mencoba

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

  • 16. Ujian Akhir Semester (Team Based Project)

    Rekan-rekan mahasiswa,

    kita berjumpa kembali di pertemuan ke-16 pada mata kuliah multimedia pembelajaran ini. Tidak terasa, ini adalah pertemuan terakhir kita. Pada pekan ini, Anda diharapkan untuk dapat mengumpulkan produk akhir perkuliahan dan mempresentasikan produk tersebut

    Gambaran Umum Projek UAS

    Rekan-rekan mahasiswa menghasilkan sebuah produk multimedia pembelajaran yang dikerjakan secara berkelompok. Produk tersebut harus memenuhi kriteria kelayakan media

    Detail penugasan UAS dijelaskan pada deskripsi di bawah ini.

    • Rekan-rekan mahasiswa, agar projek Anda dapat selesai optimal sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Silakan baca  tips berikut ini.

    • Rekan-rekan mahasiswa, berikut ini contoh-contoh produk multimedia yang telah dikembangkan pada periode-periode selumnya. Silakan dibuka dan dijadikan insoirasi agar produk yang Anda kumpulkan lebih baik dari produk sebelumnya

    • View Make forum posts: 1

      Rekan-rekan mahasiswa, jika berkenan. Anda dapat berbagi tautan produk yang telah Anda hasilkan melalui forum diskusi ini sehingga mahasiswa lain dapat memberikan masukan sesuai kriteria yang telah ditentukan sebelumnya

    •  Pengumpulan Hasil Projek

      Sebagai bentuk penilaian akhir semester Anda diminta untuk mengumpulkan file produk akhir Anda lengkap dengan buku panduan penggunaannya. 

      Adapun hal yang perlu Anda lakukan:
      - unggah file Anda kedalam link google drive berikut: https://s.id/kumpulprodukakhir
      - copy link (bagikan) lalu paste/tuliskan pada kolom online text submission. 

      Rubrik Penilaian yang mejadi acuan penilaian UAS ini yakni:
      - Kelengkapan konten materi (teks, gambar, video, animasi, audio) 
      - Kualitas konten materi (teks, gambar, video, animasi, audio) 
      - Kemudahan akses dan penggunaan produk akhir MPI 
      - Kejelasan buku panduan 
      - Kemenarikan desain buku panduan 

      Selamat Mengerjakan!

    • Rekan-rekan mahasiswa, untuk melengkapi kegiatan belajar asinkron di LMS, sesuai jadwal perkuliahan kita akan melakukan pertemuan sinkron secara hybrid. Kegiatan sinkron dilakukan untuk berdiskusi mengenai materi yang kurang dipahami dan konsultasi projek yang dikembangkan. Bagi yang join via Zoom Meeting silakan melapor di Grup WA. Tautan Zoom dapat diakses pada tautan berikut (link tidak berubah untuk pertemuan 1-16)

      Beberapa ketentuan Online Meeting:

      1. Join di room paling lambat 5 menit sebelum jadwal perkuliahan
      2. Pastikan menggunakan koneksi yang stabil
      3. Ganti nama dengan format KELAS_NAMA
      4. Wajib mengaktifkan kamera
      5. Aktif di kelas dan menjaga ketertiban di room

      Join Zoom Meeting

      https://unm-ac-id.zoom.us/j/94497530419?pwd=tMehZEzSE7lEMdN5P3QZhjupxtxGCL.1

      Meeting ID: 944 9753 0419
      Passcode: 485349

    • Rekan-rekan mahasiswa. Kami berharap produk yang anda kumpulkan nantinya dapat diikutkan pada lomba - lomba media di tingkat nasional seperti contoh berikut. Silakan unduh dokumen tersebut dan jadikan bahan untuk tahun depan.

  • Kuisioner Evaluasi Kualitas Pembelajaran Daring