Topik diskusi:
- Seorang guru ingin mengajarkan materi tentang siklus hidrologi dan dampaknya terhadap perubahan iklim. Guru memutuskan menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran utama. Namun, siswa menganggap animasi tersebut terlalu cepat dan tidak memberikan penjelasan mendalam tentang hubungan kausal antar proses. Diskusikanlah: Bagaimana cara guru dapat memperbaiki strategi penggunaan media visual agar siswa dapat memahami topik kompleks secara mendalam? Apakah perlu kombinasi media lain, seperti audio narasi atau grafik interaktif? Jelaskan alasan dan pendekatan yang tepat.
- Di sebuah sekolah pedesaan, guru ingin menggunakan podcast dan video dokumenter untuk pembelajaran geografi tentang perbedaan iklim di berbagai belahan dunia. Namun, keterbatasan infrastruktur seperti jaringan internet dan perangkat multimedia menjadi penghambat utama.Diskusikanlah, Bagaimana guru dapat mengadaptasi media pembelajaran berbasis audio dan visual dalam kondisi terbatas tersebut? Diskusikan alternatif solusi yang tetap memanfaatkan media audio-visual secara efektif tanpa mengandalkan infrastruktur digital yang canggih.
- Sebuah sekolah menggunakan virtual field trips (kunjungan lapangan virtual) berbasis video untuk memperkenalkan lanskap alam dan budaya di berbagai negara. Meskipun menarik, siswa cenderung pasif saat mengikuti pembelajaran dan tidak terlibat aktif dalam eksplorasi konsep geografi. Diskusikanlah, Bagaimana cara guru memodifikasi penggunaan virtual field trips untuk meningkatkan keterlibatan siswa? Diskusikan metode pembelajaran berbasis audio dan visual yang mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis dan berkolaborasi selama proses pembelajaran.