LMS-SPADA INDONESIA

Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Selamat datang di Mata Kuliah Pembelajaran Online.
Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan teori dan praktek pengembangan pembelajaran online mulai dari konsep dasar sampai pada proses evaluasi pembelajaran online. Rangkaian materi pada mata kuliah pembelajaran online/e-learning bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pelaksanaan pembelajaran online/e-learning. Mata kuliah ini memiliki orientasi produk akhir berupa produk e-learning (sebuah course) yang dikembangkan menggunakan platform LMS Moodle atau Edx berdasarkan landasan teori Teknologi Pendidikan.
Agar hasil belajar Anda dapat maksimal, silahkan simak keseluruhan materi dan ikuti serangkaian aktifitas yang ada di setiap pertemuan hingga tuntas. Ketuntasan rekan-rekan pembelajar sangatlah penting, sebab menjadi dasar acuan penilaian perkuliahan.
Selamat dan semangat belajar!
Peta Materi Perkuliahan Pembelajaran Online

Silahkan download dan cermati RPS (Rencana Pembelajaran Semester) Mata Kuliah Pembelajaran Online berikut ini.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Apakah Anda pernah mendengar kata 'pembelajaran online'?
Pembelajaran online merupakan bagian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kata pembelajaran online menjadi semakin populer ketika seluruh dunia terkena dampak Pandemi COVID-19. Pembelajaran online seringkali diartikan sebagai antonim atau lawan kata dari pembelajaran tatap muka (face to face). Materi pada bab ini akan memberikan penjelasan lebih dalam tentang konsep dan teori belajar yang melandasi pembelajaran online.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Modul ini dikemas dalam format microlearning. Silahkan baca materi di modul ini terkait konsep dasar pembelajaran online.
Silahkan simak video interaktif (H5P) berjudul "K
Silahkan unduh infografis Karakteristik Pembelajaran Online berikut ini.
Silahkan kerjakan kuis ini untuk menilai pemahaman Anda terkait konsep dasar pembelajaran online. Kuis terdiri dari 10 soal pilihan ganda.
Silahkan unggah bukti screenshoot pengerjaan kuis pada topik ini.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Pada topik pembelajaran sebelumnya, Anda telah belajar tentang konsep dasar pembelajaran online. Pembelajaran online memiliki beberapa model dan bentuk/jenis yang beragam dan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apakah Anda pernah mendengar istilah blended learning? atau MOOC? atau synchronous learning? Beberapa istilah tersebut merupakan salah satu jenis atau format pembelajaran online. Dengan memahami berbagai mode dan jenis pembelajaran online yang dibahas dalam topik ini, Anda dapat mengidentifikasi jenis pembelajaran online mana yang sesuai untuk kondisi belajar tertentu. Dengan tersedianya beragam jenis pembelajaran online yang ada, Anda juga perlu memahami pertimbangan apa saja yang dapat membantu Anda dalam memilih jenis atau model pembelajaran online yang sesuai.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran di atas,
silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Selamat
belajar!
Silahkan simak materi yang ada dalam modul berbasis microlearning ini, terkait materi model dan jenis pembelajaran online. Modul ini dilengkapi dengan penjelasan berupa video serta diakhir modul disajikan latihan soal yang dapat dikerjakan secara interaktif.
Rekan-rekan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman tentang jenis-jenis pembelajaran online, silahkan buka dan cermati materi berikut ini.
Untuk menambah pemahaman Anda tentang blended learning sebagai salah satu jenis pembelajaran online, silahkan kunjungi tautan artikel di atas.
Silahkan simak video interaktif (H5P) berjudul "Jenis-Jenis Pembelajaran Online" berikut ini. Anda diminta untuk menjawab setiap pertanyaan yang muncul selama pemutaran video. Skor yang Anda dapatkan pada masing-masing soal, akan diakumulasikan kedalam nilai penugasan.
Silahkan unduh infografis Model & Jenis Pembelajaran Online berikut ini.
Silahkan kerjakan kuis ini untuk menguji pemahaman Anda terkait materi bentuk & model pembelajaran online. Kuis terdiri dari 10 soal pilihan ganda.
Silahkan kerjakan kuis/latihan soal berikut ini untuk menilai pemahaman Anda terkait topik bentuk dan model pembelajaran online.
Silahkan unggah hasil akhir pengerjaan kuis 1 dan 2 disini dalam bentuk file .pdf
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Tahap perancangan dalam proses pengembangan pembelajaran online memiliki peranan yang sangat penting dan krusial. Ini adalah tahap di mana fondasi keseluruhan dari pengalaman belajar online akan dirancang dan dibangun. Tahap perancangan atau desain dalam pengembangan pembelajaran online memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan merancang dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa semua elemen pembelajaran bekerja bersama untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran,
silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Selamat
belajar!
Silahkan simak materi singkat berikut ini terkait topik merancang desain pembelajaran online. Materi ini diambil dari buku Pembelajaran Online.
Silahkan baca artikel ini, agar pemahaman Anda terkait merancang pembelajaran online semakin kuat.
Silahkan simak materi berikut tentang rubrik perencanaan pembelajaran online yang bisa dipakai untuk mendesain pembelajaran online yang akan dikembangkan.
Silahkan simak video interaktif (H5P) berjudul "Merancang Pembelajaran Online" berikut ini. Anda diminta untuk menjawab setiap pertanyaan yang muncul selama pemutaran video. Skor yang Anda dapatkan pada masing-masing soal, akan diakumulasikan kedalam nilai penugasan.
Silahkan unduh workhseet rancangan pembelajaran online berikut ini. Pada file ini telah disertakan contoh pengisian workhseet, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan rencana course yang akan Anda kembangkan.
Selamat bekerja!
Silahkan unduh infografis Alur Perancangan Pembelajaran Online berikut ini.
Apabila Anda membutuhkan diskusi lebih lanjut terkait merancang pembelajaran online, silahkan tuliskan pertanyaan dan pendapat Anda pada forum diskusi ini.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Tahap perancangan dalam proses pengembangan pembelajaran online memiliki peranan yang sangat penting dan krusial. Ini adalah tahap di mana fondasi keseluruhan dari pengalaman belajar online akan dirancang dan dibangun. Tahap perancangan atau desain dalam pengembangan pembelajaran online memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan merancang dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa semua elemen pembelajaran bekerja bersama untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Selamat belajar!
Silahkan simak materi singkat berikut ini terkait topik merancang desain pembelajaran online. Materi ini diambil dari buku Pembelajaran Online.
Silahkan baca artikel ini, agar pemahaman Anda terkait merancang pembelajaran online semakin kuat.
Silahkan unduh workhseet rancangan pembelajaran online berikut ini. Pada file ini telah disertakan contoh pengisian workhseet, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan rencana course yang akan Anda kembangkan.
Selamat bekerja!
Silahkan unduh infografis Alur Perancangan Pembelajaran Online berikut ini.
Silahkan kerjakan kuis berikut untuk menilai pemahaman Anda terkait topik merancang desain pembelajaran online.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Tak terasa saat ini kita sudah memasuki pertemuan ke-5 sekaligus pada pertemuan inilah kita akan mulai belajar praktik mengembangkan pembelajaran online di Learning Management System (LMS). Platform Learning Management System (LMS) yang akan dibahas pada topik ini yakni berbasis Moodle dan EDx. Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Silahkan cermati modul berikut ini, yang menjelaskan tahapan mulai dari instalasi hingga pada konfigurasi kelas di Learning Management System (LMS) berbasis Moodle. Modul ini berisi penjelasan serta tutorial yang dilengkapi dengan link video terkait tutorial yang dijelaskan.
![]()
Setelah mempelajari bagaimana melakukan pengaturan kelas melalui Learning Management System (LMS) berbasis Edx dan Moodle, selanjutnya Anda diminta untuk melakukan:
1. Membuat kelas online menggunakan salah satu platform Moodle/Edx.
2. Melakukan pengaturan kelas dasar sesuai rancangan pembelajaran online yang telah dibuat pada pertemuan merancang pembelajaran online.
3. Lakukan screenshot halaman depan kelas Anda, kemudian silahkan diunggah pada kolom submission.
Selamat mengerjakan.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Setelah Anda membuat rancangan atau desain pembelajaran online, pada topik ini kita akan belajar tentang mengembangkan konten pembelajaran online.
Konten dalam pembelajaran online memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas dan efektivitas pengalaman belajar online. Pada topik ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek penting dalam mengembangkan konten pembelajaran online yang efektif. Kita akan melihat bagaimana merencanakan dan menyusun materi agar dapat disampaikan dengan cara yang jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Melalui pembahasan ini, diharapkan kita semua akan memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.Selain itu, kita juga akan membahas penggunaan beragam media, seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktif, untuk memberikan variasi dan mendukung pemahaman yang lebih baik. Melalui pembahasan materi dalam topik ini, diharapkan Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian
pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah
ini.
Selamat belajar!
Silahkan simak materi berikut untuk menambah pemahaman Anda terkait pengembangan konten dalam bentuk bahan ajar pembelajaran online.
Slide ini dikembangkan menggunakan bantuan AI. Silahkan simak setiap slide presentasi berikut ini untuk mendapatkan gambaran ringkas mengenai konten pembelajaran online.
Slide ini dikembangkan menggunakan bantuan AI. Silahkan cermati masing-masing slide berikut yang membahas terkait topik kriteria konten pembelajaran online yang berkualitas.
Silahkan simak video interaktif (H5P) berikut ini terkait pembahasan jenis-jenis atau ragam konten yang dalam dikembangkan dalam sebuah pembelajaran online. Sepanjang pemuataran video akan muncul pertanyaan yang harus Anda jawab dengan benar, sehingga skor tersebut dapat diakumulasikan kedalam nilai tugas di mata kuliah ini.
Silahkan unduh infografis tentang Konten Pembelajaran Online berikut ini.
Silahkan kerjakan kuis/latihan soal berikut ini untuk menguji pemahaman Anda terkait mengembangkan konten pembelajaran online.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Setelah Anda membuat rancangan atau desain pembelajaran online, pada topik ini kita akan belajar tentang mengembangkan konten pembelajaran online.
Konten dalam pembelajaran online memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas dan efektivitas pengalaman belajar online. Pada topik ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek penting dalam mengembangkan konten pembelajaran online yang efektif. Kita akan melihat bagaimana merencanakan dan menyusun materi agar dapat disampaikan dengan cara yang jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Melalui pembahasan ini, diharapkan kita semua akan memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.Selain itu, kita juga akan membahas penggunaan beragam media, seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktif, untuk memberikan variasi dan mendukung pemahaman yang lebih baik. Melalui pembahasan materi dalam topik ini, diharapkan Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Selamat belajar!
Silahkan simak materi berikut untuk menambah pemahaman Anda terkait pengembangan konten dalam bentuk bahan ajar pembelajaran online.
Silahkan simak video berikut ini terkait pembahasan jenis-jenis atau ragam konten yang dalam dikembangkan dalam sebuah pembelajaran online.
Slide ini dikembangkan menggunakan bantuan AI. Silahkan simak setiap slide presentasi berikut ini untuk mendapatkan gambaran ringkas mengenai konten pembelajaran online.
Slide ini dikembangkan menggunakan bantuan AI. Silahkan cermati masing-masing slide berikut yang membahas terkait topik kriteria konten pembelajaran online yang berkualitas.
Silahkan unduh infografis tentang Konten Pembelajaran Online berikut ini.
![]()
Pada penugasan ini Anda diminta untuk melakukan:
1. Membuat sebuah konten pembelajaran online dalam bentuk infografik terkait materi kelas online Anda.
2. Infografik harus terdiri dari unsur teks ringkas, gambar pendukung, serta atribut institusi (logo UNM, Kampus Merdeka, logo sekolah/dinas yang berkaitan).
3. Silahkan tuliskan nama Anda dan Prodi Anda dibagian bawah infografik dalam ukuran teks yang lebih kecil namun tetap dapat terbaca.
4. Apabila ada pertanyaan terkait penugasan ini silahkan hubungi kontak dosen pengampu.
Selamat mengerjakan.

Selamat datang di topik Ujian Tengah Semester (UTS). Bagaimana kabaranya rekan-rekan mahasiswa?
Pada UTS ini Anda diminta untuk mengumpulkan:
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Pada pekan 3 dan 4 kita telah belajar membuat rancangan pembelajaran online untuk dikembangkan kedalam Learning Management System (LMS). Rancangan pembelajaran online yang telah dibuat dan didiskusikan bersama (melalui forum diskusi), selanjutnya diunggah pada penugasan Ujian Tengah Semester (UTS) ini.
Silahkan unggah file rancangan pembelajaran online yang telah final (sudah direvisi). Masing-masing mahasiswa diharapkan mengunggah UTS nya masing-masing dan bukan perwakilan kelompok saja. Silahkan cermati deadline pengumpulan UTS yang telah ditetapkan.
Selamat bekerja, semoga berhasil!
Silahkan tuliskan link/URL Video kelompok Anda di kolom online text submission.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Pada materi sebelumnya, kita telah belajar tentang merancang dan mengembangkan konten pembelajaran online. Pada topik ini, kita akan belajar mengidentifikasi beragam sumber belajar online yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten pembelajaran online dalam sebuah course. Dalam proses pengembangan konten pembelajaran online yang efektif, kemampuan untuk mengenali dan memanfaatkan beragam sumber belajar online dengan bijak sangatlah penting. Kita akan melihat berbagai jenis sumber belajar online dan kriteria-kriteria yang dapat membantu kita memilih sumber belajar yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, mempertimbangkan keberagaman gaya belajar, dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan mengasah keterampilan dalam mengidentifikasi sumber belajar online yang tepat, kita dapat memastikan bahwa materi yang disajikan kepada peserta didik memiliki nilai edukatif yang tinggi dan dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam proses pembelajaran.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni diharapkan:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Selamat belajar!
Silahkan unduh dan pahami materi berikut ini terkait topik konsep dan jenis sumber belajar online.
Silahkan simak video interaktif (H5P) berikut ini yang akan membahas tentang "Framework SECTIONS" dan jawablah setiap pertanyaan yang muncul di sepanjang video. Skor yang Anda peroleh akan diakumulasikan kedalam nilai tugas pada mata kuliah ini.
Silahkan unduh infografis tentang Kriteria Memilih Sumber Belajar Online berikut ini.
Setelah membaca materi dan menyimak video pada topik ini, selanjutnya Anda perlu mengerjakan kuis berikut ini untuk menilai pemahaman Anda terkait materi mengidentifikasi sumber belajar online. Kuis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Pada materi sebelumnya, kita telah belajar tentang merancang dan mengembangkan konten pembelajaran online. Pada topik ini, kita akan belajar mengidentifikasi beragam sumber belajar online yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten pembelajaran online dalam sebuah course. Dalam proses pengembangan konten pembelajaran online yang efektif, kemampuan untuk mengenali dan memanfaatkan beragam sumber belajar online dengan bijak sangatlah penting. Kita akan melihat berbagai jenis sumber belajar online dan kriteria-kriteria yang dapat membantu kita memilih sumber belajar yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, mempertimbangkan keberagaman gaya belajar, dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan mengasah keterampilan dalam mengidentifikasi sumber belajar online yang tepat, kita dapat memastikan bahwa materi yang disajikan kepada peserta didik memiliki nilai edukatif yang tinggi dan dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam proses pembelajaran.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni diharapkan:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Selamat belajar!
Silahkan unduh dan pahami materi berikut ini terkait topik konsep dan jenis sumber belajar online.
Silahkan simak video berikut yang membahas tentang Framework SECTIONS (Tony Bates) untuk memilih sumber belajar dalam pembelajaran online.
Silahkan unduh infografis tentang Kriteria Memilih Sumber Belajar Online berikut ini.
Rekan-rekan mahasiswa, setelah mempelajari konsep, jenis, dan kriteria dalam memilih sumber belajar online, selanjutnya Anda diminta untuk melakukan analisis terhadap beberapa sumber belajar online yang digunakan dalam kelas/kursus online Anda. Beberapa tugas yang perlu Anda lakukan, yakni:
1. Silahkan unduh format worksheet penilaian sumber belajar yang ada pada lampiran di bawah ini.
2. Pilihlah 3 jenis sumber belajar online dalam format yang berbeda (misalkan dalam bentuk: video, jurnal, dan website) untuk kemudian dianalisis sesuai format worksheet yang telah diunduh.
3. Lakukanlah analisis terhadap ke-3 sumber belajar online tersebut dan beri nilai sesuai skala yang ada pada worksheet.
4. Unggah hasil kerja Anda dalam bentuk .pdf melalui kolom submission di bawah ini.
Selamat mengerjakan.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?
Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Silahkan simak file presentasi berikut yang menjelaskan tentang tujuan, jenis, dan cara mengkombinasikan alat evaluasi dalam pembelajaran online.
Silahkan simak video berikut yang menjelaskan tentang 5 aplikasi interaktif yang sangat bermanfaat dalam menghadirkan pengalaman pembelajaran yang menarik dan partisipatif. Kelima aplikasi tersebut yaitu Kahoot, Quizizz, Mentimeter, Google Form, dan Wordwall.
Silahkan kunjungi tautan berikut ini untuk menyimak video tutorial tentang bagaimana membuat kuis di aplikasi Wordwall.
Silahkan kunjungi tautan berikut ini untuk menyimak video tutorial tentang bagaimana membuat beberapa aktivitas interaktif di aplikasi Mentimeter.

Aplikasi Liveworksheets dapat dijadikan salah satu referensi materi tambahan pada topik ini.
Silahkan klik tautan berikut ini untuk membuka materi tutorial Aplikasi Liveworksheets.
Materi disajikan dalam bentuk modul dan video tutorial mulai dari membuat soal pilihan ganda, benar/salah, drag & drop, soal essai, dan menambahkan sumber belajar dalam Liveworksheets.
Silahkan unduh infografis tentang Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?
Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Silahkan simak file presentasi berikut yang menjelaskan tentang tujuan, jenis, dan cara mengkombinasikan alat evaluasi dalam pembelajaran online.
Silahkan simak video berikut yang menjelaskan tentang 5 aplikasi interaktif yang sangat bermanfaat dalam menghadirkan pengalaman pembelajaran yang menarik dan partisipatif. Kelima aplikasi tersebut yaitu Kahoot, Quizizz, Mentimeter, Google Form, dan Wordwall.
Silahkan unduh infografis tentang Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini.
Silahkan kunjungi tautan berikut ini untuk menyimak video tutorial tentang bagaimana membuat kuis di aplikasi Kahoot.
Silahkan kunjungi tautan berikut ini untuk menyimak video tutorial tentang bagaimana membuat kuis di aplikasi Quizizz.
Silahkan kunjungi tautan berikut ini untuk menyimak video tutorial tentang bagaimana membuat kuis di aplikasi Google Form.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?
Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Silahkan simak file presentasi berikut yang menjelaskan tentang tujuan, jenis, dan cara mengkombinasikan alat evaluasi dalam pembelajaran online.
Silahkan simak video berikut yang menjelaskan tentang 5 aplikasi interaktif yang sangat bermanfaat dalam menghadirkan pengalaman pembelajaran yang menarik dan partisipatif. Kelima aplikasi tersebut yaitu Kahoot, Quizizz, Mentimeter, Google Form, dan Wordwall.
Silahkan unduh infografis tentang Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini.
![]()
Setelah mempelajari beragam jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian di kelas online, selanjutnya Anda diminta untuk melakukan praktik mandiri sebagai bentuk penugasan pada topik materi ini. Langkah-langkah dalam pengerjaan tugas ini yakni:
1. Anda bebas memilih jenis aplikasi mana yang akan dipakai.
2. Tentukan materi dan capaian pembelajaran yang hendak dibuatkan kuis/latihan soal.
3. Copy share URL dari kuis yang telah Anda buat dan tuliskan pada format tugas (lampiran).
4. Silahkan unggah file tugas Anda dalam bentuk .pdf
Selamat bekerja!
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Tahap akhir setelah berhasil mengembangkan sebuah course dalam pembelajaran online adalah melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online. Apakah pentinya melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online?
Evaluasi kualitas pembelajaran online memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan efektivitas, efisiensi, dan kesuksesan keseluruhan dari pengalaman belajar secara daring. Evaluasi kualitas pembelajaran online adalah langkah kritis dalam memastikan bahwa pembelajaran yang disampaikan secara daring memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. Ini membantu dalam menyempurnakan pendekatan, meningkatkan pengalaman belajar, dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Pada topik ini kita akan membahas kriteria dan rubrik untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran online yang telah dilaksanakan.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Pada materi ini Anda akan mendalami materi penjaminan kualitas pembelajaran online berdasarkan pada kerangka penjaminan kualitas menurut Masoumi dan Lindstrom (2012). Kerangka tersebut menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran online dapat dan perlu dilihat dari berbagai aspek yang berhubungan dengan faktor: (1) institusi, (2) desain pembelajaran, (3) evaluasi, (4) teknologi, (5) faktor pedagogi, (6) dukungan bagi pembelajar, dan (6) dukungan bagi pengajar.
Sebagai referensi tambahan terkait rubrik evaluasi e-learning, silahkan cermati rubrik OSCQR 3.1 OSCQR Course Design Review yang dibuat oleh Online Learning Consortium.
Silahkan cermati rubrik berikut ini. Dalam evaluasi kualitas pembelajaran online, terdapat banyak sekali rubrik-rubrik penilaian yang dikembangkan oleh berbagai lemabaga/institusi. Salah satunnya Rubric for Online Instruction milik CSU, Chico yang dapat Anda jadikan referensi dalam menilai kualitas pembelajaran online.
Silahkan unduh infografis tentang Rubrik Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?
Tahap akhir setelah berhasil mengembangkan sebuah course dalam pembelajaran online adalah melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online. Apakah pentinya melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online?
Evaluasi kualitas pembelajaran online memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan efektivitas, efisiensi, dan kesuksesan keseluruhan dari pengalaman belajar secara daring. Evaluasi kualitas pembelajaran online adalah langkah kritis dalam memastikan bahwa pembelajaran yang disampaikan secara daring memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. Ini membantu dalam menyempurnakan pendekatan, meningkatkan pengalaman belajar, dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Pada topik ini kita akan membahas kriteria dan rubrik untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran online yang telah dilaksanakan.
Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:
Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
Pada materi ini Anda akan mendalami materi penjaminan kualitas pembelajaran online berdasarkan pada kerangka penjaminan kualitas menurut Masoumi dan Lindstrom (2012). Kerangka tersebut menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran online dapat dan perlu dilihat dari berbagai aspek yang berhubungan dengan faktor: (1) institusi, (2) desain pembelajaran, (3) evaluasi, (4) teknologi, (5) faktor pedagogi, (6) dukungan bagi pembelajar, dan (6) dukungan bagi pengajar.
Sebagai referensi tambahan terkait rubrik evaluasi e-learning, silahkan cermati rubrik OSCQR 3.1 OSCQR Course Design Review yang dibuat oleh Online Learning Consortium.
Silahkan cermati rubrik berikut ini. Dalam evaluasi kualitas pembelajaran online, terdapat banyak sekali rubrik-rubrik penilaian yang dikembangkan oleh berbagai lemabaga/institusi. Salah satunnya Rubric for Online Instruction milik CSU, Chico yang dapat Anda jadikan referensi dalam menilai kualitas pembelajaran online.
Silahkan unduh infografis tentang Rubrik Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini.
![]()
Pada topik ini Anda telah belajar landasan teori terkait pentingnya evaluasi kualitas pembelajaran online serta mempelajari berbagai rubrik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai kualitas pembelajaran online.
Pada penugasan ini, Anda diminta untuk menilai proyek pembelajaran online (course/kelas online) milik kelompok lain, kemudian hasil pengisian rubrik tersebut harus diunggah pada kolom file submission. File yang diunggah diharapkan dalam bentuk .pdf.
Silahkan unduh format penilaiannya pada lampiran di bawah ini.

Pada Ujian Akhir Semester ini Anda diminta untuk mengumpulkan proyek akhir berupa course atau kelas online yang telah selesai dikembangkan.
Silahkan kumpulkan link course atau kelas online Anda melalui online text submission.