Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan


    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Selamat datang di Mata Kuliah Pembelajaran Online. 

    Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan teori dan praktek pengembangan pembelajaran online mulai dari konsep dasar sampai pada proses evaluasi pembelajaran online. Rangkaian materi pada mata kuliah pembelajaran online/e-learning bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pelaksanaan pembelajaran online/e-learning. Mata kuliah ini memiliki orientasi produk akhir berupa produk e-learning  (sebuah course) yang dikembangkan menggunakan platform LMS Moodle atau Edx berdasarkan landasan teori Teknologi Pendidikan.

    Agar hasil belajar Anda dapat maksimal, silahkan simak keseluruhan materi dan ikuti serangkaian aktifitas yang ada di setiap pertemuan hingga tuntas. Ketuntasan rekan-rekan pembelajar sangatlah penting, sebab menjadi dasar acuan penilaian perkuliahan. 

    Selamat dan semangat belajar!


    Peta Materi Perkuliahan Pembelajaran Online 


  • P1 Konsep Dasar dan Teori yang Melandasi Pembelajaran Online

    person in red shirt wearing black and gray headphones

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Apakah Anda pernah mendengar kata 'pembelajaran online'?

    Pembelajaran online merupakan bagian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kata pembelajaran online menjadi semakin populer ketika seluruh dunia terkena dampak Pandemi COVID-19. Pembelajaran online seringkali diartikan sebagai antonim atau lawan kata dari pembelajaran tatap muka (face to face). Materi pada bab ini akan memberikan penjelasan lebih dalam tentang konsep dan teori belajar yang melandasi pembelajaran online.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan pengertian pembelajaran online.
    2. Menjelaskan ciri-ciri pembelajaran online.
    3. Mendeskripskan blended learning, syncrhonous, asynchronous, hyflex, dan istilah-istilah lain dalam pembelajaran online.
    4. Menjelaskan peran pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran online.
    5. Menjelaskan landasan teori belajar dalam pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran di atas, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!


  • P2 Bentuk dan Model Pembelajaran Online.


    macbook pro displaying group of people

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Pada topik pembelajaran sebelumnya, Anda telah belajar tentang konsep dasar pembelajaran online. Pembelajaran online memiliki beberapa model dan bentuk/jenis yang beragam dan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apakah Anda pernah mendengar istilah blended learning? atau MOOC? atau synchronous learning? Beberapa istilah tersebut merupakan salah satu jenis atau format pembelajaran online. Dengan memahami berbagai mode dan jenis pembelajaran online yang dibahas dalam topik ini, Anda dapat mengidentifikasi jenis pembelajaran online mana yang sesuai untuk kondisi belajar tertentu. Dengan tersedianya beragam jenis pembelajaran online yang ada, Anda juga perlu memahami pertimbangan apa saja yang dapat membantu Anda dalam memilih jenis atau model pembelajaran online yang sesuai.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi berbagai model pembelajaran online.
    2. Menjelaskan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran di atas, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P3 Merancang Desain Pembelajaran Online

    MacBook Pro near white open book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Tahap perancangan dalam proses pengembangan pembelajaran online memiliki peranan yang sangat penting dan krusial. Ini adalah tahap di mana fondasi keseluruhan dari pengalaman belajar online akan dirancang dan dibangun. Tahap perancangan atau desain dalam pengembangan pembelajaran online memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan merancang dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa semua elemen pembelajaran bekerja bersama untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan pentingnya tahap perancangan dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan poin-poin penting dalam merancang pembelajaran online.
    3. Membuat format rancangan pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P4 Merancang Desain Pembelajaran Online

    MacBook Pro near white open book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Tahap perancangan dalam proses pengembangan pembelajaran online memiliki peranan yang sangat penting dan krusial. Ini adalah tahap di mana fondasi keseluruhan dari pengalaman belajar online akan dirancang dan dibangun. Tahap perancangan atau desain dalam pengembangan pembelajaran online memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan merancang dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa semua elemen pembelajaran bekerja bersama untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan pentingnya tahap perancangan dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan poin-poin penting dalam merancang pembelajaran online.
    3. Membuat format rancangan pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!


  • P5 Melakukan Pengaturan Dasar Pada LMS

    person writing on brown wooden table near white ceramic mug

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Tak terasa saat ini kita sudah memasuki pertemuan ke-5 sekaligus pada pertemuan inilah kita akan mulai belajar praktik mengembangkan pembelajaran online di Learning Management System (LMS). Platform Learning Management System (LMS) yang akan dibahas pada topik ini yakni berbasis Moodle dan EDx. Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Melakukan instalasi Learning Management System (LMS) berbasis Moodle/Edx.
    2. Melakukan pengaturan kelas di Learning Management System (LMS) berbasis Moodle/Edx.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

    • Silahkan cermati modul berikut ini, yang menjelaskan tahapan mulai dari instalasi hingga pada konfigurasi kelas di Learning Management System (LMS) berbasis Moodle. Modul ini berisi penjelasan serta tutorial yang dilengkapi dengan link video terkait tutorial yang dijelaskan. 


    • Pada sesi praktik melakukan konfigurasi kelas ini, kita dapat mencoba menggunakan platform Open Edx yang ternyata menyediakan akses simulasi melalui fitur Open Edx Sandbox.

      Silahkan klik pada URL berikut ini, kemudian Anda akan dialihkan ke website Open Edx Sandbox. Selanjutnya, Anda perlu melakukan "register" dan "log in" untuk dapat mempraktikkan materi pengaturan dasar pada LMS ini.  
    • Silahkan cermati video berikut ini terkait tutorial melakukan setting kelas khususnya pada menu schedule & details di LMS berbasis Edx.
    • Skill Generic color lineal-color icon

      Setelah mempelajari bagaimana melakukan pengaturan kelas melalui Learning Management System (LMS) berbasis Edx dan Moodle, selanjutnya Anda diminta untuk melakukan:

      1. Membuat kelas online menggunakan salah satu platform Moodle/Edx. 
      2. Melakukan pengaturan kelas dasar sesuai rancangan pembelajaran online yang telah dibuat pada pertemuan merancang pembelajaran online. 
      3. Lakukan screenshot halaman depan kelas Anda, kemudian silahkan diunggah pada kolom submission. 

      Selamat mengerjakan. 

  • P6 Mengembangkan Konten Pembelajaran Online

    black smartphone taking photo of yellow round fruits

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Setelah Anda membuat rancangan atau desain pembelajaran online, pada topik ini kita akan belajar tentang mengembangkan konten pembelajaran online.

    Konten dalam pembelajaran online memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas dan efektivitas pengalaman belajar online. Pada topik ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek penting dalam mengembangkan konten pembelajaran online yang efektif. Kita akan melihat bagaimana merencanakan dan menyusun materi agar dapat disampaikan dengan cara yang jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Melalui pembahasan ini, diharapkan kita semua akan memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.Selain itu, kita juga akan membahas penggunaan beragam media, seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktif, untuk memberikan variasi dan mendukung pemahaman yang lebih baik. Melalui pembahasan materi dalam topik ini, diharapkan Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi berbagai jenis konten dalam pembelajarn online. 
    2. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk teks.
    3. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk audio. 
    4. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk gambar.
    5. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk video.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!


  • P7 Mengembangkan Konten Pembelajaran Online

    black smartphone taking photo of yellow round fruits

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Setelah Anda membuat rancangan atau desain pembelajaran online, pada topik ini kita akan belajar tentang mengembangkan konten pembelajaran online.

    Konten dalam pembelajaran online memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas dan efektivitas pengalaman belajar online. Pada topik ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek penting dalam mengembangkan konten pembelajaran online yang efektif. Kita akan melihat bagaimana merencanakan dan menyusun materi agar dapat disampaikan dengan cara yang jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Melalui pembahasan ini, diharapkan kita semua akan memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.Selain itu, kita juga akan membahas penggunaan beragam media, seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktif, untuk memberikan variasi dan mendukung pemahaman yang lebih baik. Melalui pembahasan materi dalam topik ini, diharapkan Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi berbagai jenis konten dalam pembelajarn online. 
    2. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk teks.
    3. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk audio. 
    4. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk gambar.
    5. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk video.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!



  • P8 Ujian Tengah Semester


    Selamat datang di topik Ujian Tengah Semester (UTS). Bagaimana kabaranya rekan-rekan mahasiswa?

    Pada UTS ini Anda diminta untuk mengumpulkan:

    1. Worksheet rancangan pembelajaran online (yang telah dibuat pada pertemuan 3 & 4). 
    2. Sebuah video pembelajaran yang dikembangkan (by design) berdasarkan kebutuhan course/kelas online kelompok Anda. 

    Selamat mengerjakan dan semoga berhasil. 

    • Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

      Pada pekan 3 dan 4 kita telah belajar membuat rancangan pembelajaran online untuk dikembangkan kedalam Learning Management System (LMS). Rancangan pembelajaran online yang telah dibuat dan didiskusikan bersama (melalui forum diskusi), selanjutnya diunggah pada penugasan Ujian Tengah Semester (UTS) ini. 

      Silahkan unggah file rancangan pembelajaran online yang telah final (sudah direvisi). Masing-masing mahasiswa diharapkan mengunggah UTS nya masing-masing dan bukan perwakilan kelompok saja. Silahkan cermati deadline pengumpulan UTS yang telah ditetapkan. 

      Selamat bekerja, semoga berhasil!

    • Silahkan tuliskan link/URL Video kelompok Anda di kolom online text submission.

  • P9 Mengidentifikasi Beragam Sumber Belajar Online

    people sitting down near table with assorted laptop computers

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Pada materi sebelumnya, kita telah belajar tentang merancang dan mengembangkan konten pembelajaran online. Pada topik ini, kita akan belajar mengidentifikasi beragam sumber belajar online yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten pembelajaran online dalam sebuah course.  Dalam proses pengembangan konten pembelajaran online yang efektif, kemampuan untuk mengenali dan memanfaatkan beragam sumber belajar online dengan bijak sangatlah penting. Kita akan melihat berbagai jenis sumber belajar online dan kriteria-kriteria yang dapat membantu kita memilih sumber belajar yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, mempertimbangkan keberagaman gaya belajar, dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan mengasah keterampilan dalam mengidentifikasi sumber belajar online yang tepat, kita dapat memastikan bahwa materi yang disajikan kepada peserta didik memiliki nilai edukatif yang tinggi dan dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam proses pembelajaran.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni diharapkan:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sumber belajar online.
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi beragam sumber belajar online.
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria pemilihan sumber belajar online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

  • P10 Mengidentifikasi Beragam Sumber Belajar Online

    people sitting down near table with assorted laptop computers

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Pada materi sebelumnya, kita telah belajar tentang merancang dan mengembangkan konten pembelajaran online. Pada topik ini, kita akan belajar mengidentifikasi beragam sumber belajar online yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten pembelajaran online dalam sebuah course.  Dalam proses pengembangan konten pembelajaran online yang efektif, kemampuan untuk mengenali dan memanfaatkan beragam sumber belajar online dengan bijak sangatlah penting. Kita akan melihat berbagai jenis sumber belajar online dan kriteria-kriteria yang dapat membantu kita memilih sumber belajar yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, mempertimbangkan keberagaman gaya belajar, dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan mengasah keterampilan dalam mengidentifikasi sumber belajar online yang tepat, kita dapat memastikan bahwa materi yang disajikan kepada peserta didik memiliki nilai edukatif yang tinggi dan dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam proses pembelajaran.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni diharapkan:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sumber belajar online.
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi beragam sumber belajar online.
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria pemilihan sumber belajar online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!


    • Silahkan unduh dan pahami materi berikut ini terkait topik konsep dan jenis sumber belajar online. 

    • Silahkan simak video berikut yang membahas tentang Framework SECTIONS (Tony Bates) untuk memilih sumber belajar dalam pembelajaran online. 

    • Silahkan unduh infografis tentang Kriteria Memilih Sumber Belajar Online berikut ini. 

    • Rekan-rekan mahasiswa, setelah mempelajari konsep, jenis, dan kriteria dalam memilih sumber belajar online, selanjutnya Anda diminta untuk melakukan analisis terhadap beberapa sumber belajar online yang digunakan dalam kelas/kursus online Anda. Beberapa tugas yang perlu Anda lakukan, yakni:

      1. Silahkan unduh format worksheet penilaian sumber belajar yang ada pada lampiran di bawah ini. 
      2. Pilihlah 3 jenis sumber belajar online dalam format yang berbeda (misalkan dalam bentuk: video, jurnal, dan website) untuk kemudian dianalisis sesuai format worksheet yang telah diunduh. 
      3. Lakukanlah analisis terhadap ke-3 sumber belajar online tersebut dan beri nilai sesuai skala yang ada pada worksheet. 
      4. Unggah hasil kerja Anda dalam bentuk .pdf melalui kolom submission di bawah ini. 

      Selamat mengerjakan. 

  • P11 Mengkombinasikan Beragam Alat Evaluasi Pembelajaran Online

    silver iPad on top of MacBook Pro

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?

    Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan fitur beragam aplikasi evaluasi pembelajaran online.
    2. Mengidentifikasi kelebihan dari masing-masing aplikasi.
    3. Mengidentifikasi kelemahan dari masing-masing aplikasi.
    4. Membuat kuis pembelajaran online menggunakan salah satu aplikasi yang telah dipelajari.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P12 Mengkombinasikan Beragam Alat Evaluasi Pembelajaran Online

    silver iPad on top of MacBook Pro

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?

    Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan fitur beragam aplikasi evaluasi pembelajaran online.
    2. Mengidentifikasi kelebihan dari masing-masing aplikasi.
    3. Mengidentifikasi kelemahan dari masing-masing aplikasi.
    4. Membuat kuis pembelajaran online menggunakan salah satu aplikasi yang telah dipelajari.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P13 Mengkombinasikan Beragam Alat Evaluasi Pembelajaran Online

    silver iPad on top of MacBook Pro

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?

    Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan fitur beragam aplikasi evaluasi pembelajaran online.
    2. Mengidentifikasi kelebihan dari masing-masing aplikasi.
    3. Mengidentifikasi kelemahan dari masing-masing aplikasi.
    4. Membuat kuis pembelajaran online menggunakan salah satu aplikasi yang telah dipelajari.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

    • Silahkan simak file presentasi berikut yang menjelaskan tentang tujuan, jenis, dan cara mengkombinasikan alat evaluasi dalam pembelajaran online. 

    • Silahkan simak video berikut yang menjelaskan tentang 5 aplikasi interaktif yang sangat bermanfaat dalam menghadirkan pengalaman pembelajaran yang menarik dan partisipatif. Kelima aplikasi tersebut yaitu Kahoot, Quizizz, Mentimeter, Google Form, dan Wordwall.

    • Silahkan unduh infografis tentang Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini. 

    • Setelah mempelajari beragam jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian di kelas online, selanjutnya Anda diminta untuk melakukan praktik mandiri sebagai bentuk penugasan pada topik materi ini. Langkah-langkah dalam pengerjaan tugas ini yakni:
      1. Anda bebas memilih jenis aplikasi mana yang akan dipakai. 
      2. Tentukan materi dan capaian pembelajaran yang hendak dibuatkan kuis/latihan soal.
      3. Copy share URL dari kuis yang telah Anda buat dan tuliskan pada format tugas (lampiran).
      4. Silahkan unggah file tugas Anda dalam bentuk .pdf
      Selamat bekerja!

  • P14 Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online

    person writing bucket list on book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Tahap akhir setelah berhasil mengembangkan sebuah course dalam pembelajaran online adalah melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online. Apakah pentinya melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online?

    Evaluasi kualitas pembelajaran online memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan efektivitas, efisiensi, dan kesuksesan keseluruhan dari pengalaman belajar secara daring. Evaluasi kualitas pembelajaran online adalah langkah kritis dalam memastikan bahwa pembelajaran yang disampaikan secara daring memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. Ini membantu dalam menyempurnakan pendekatan, meningkatkan pengalaman belajar, dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Pada topik ini kita akan membahas kriteria dan rubrik untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran online yang telah dilaksanakan. 

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan manfaat evaluasi belajar dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan kriteria keberhasilan pembelajaran online.
    3. Mengidentifikasi rubrik penilaian evaluasi pembelajaran online.
    4. Melakukan evaluasi pada kelas online atau course yang telah dikembangkan.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

    • Pada materi ini Anda akan mendalami materi penjaminan kualitas pembelajaran online berdasarkan pada kerangka penjaminan kualitas menurut Masoumi dan Lindstrom (2012). Kerangka tersebut menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran online dapat dan perlu dilihat dari berbagai aspek yang berhubungan dengan faktor: (1) institusi, (2) desain pembelajaran, (3) evaluasi, (4) teknologi, (5) faktor pedagogi, (6) dukungan bagi pembelajar, dan (6) dukungan bagi pengajar.  

    • Sebagai referensi tambahan terkait rubrik evaluasi e-learning, silahkan cermati rubrik OSCQR 3.1 OSCQR Course Design Review yang dibuat oleh Online Learning Consortium.

    • Silahkan cermati rubrik berikut ini. Dalam evaluasi kualitas pembelajaran online, terdapat banyak sekali rubrik-rubrik penilaian yang dikembangkan oleh berbagai lemabaga/institusi. Salah satunnya Rubric for Online Instruction milik CSU, Chico yang dapat Anda jadikan referensi dalam menilai kualitas pembelajaran online. 

    • Silahkan unduh infografis tentang Rubrik Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini. 

  • P15 Evaluasi kualitas pembelajaran online

    person writing bucket list on book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Tahap akhir setelah berhasil mengembangkan sebuah course dalam pembelajaran online adalah melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online. Apakah pentinya melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online?

    Evaluasi kualitas pembelajaran online memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan efektivitas, efisiensi, dan kesuksesan keseluruhan dari pengalaman belajar secara daring. Evaluasi kualitas pembelajaran online adalah langkah kritis dalam memastikan bahwa pembelajaran yang disampaikan secara daring memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. Ini membantu dalam menyempurnakan pendekatan, meningkatkan pengalaman belajar, dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Pada topik ini kita akan membahas kriteria dan rubrik untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran online yang telah dilaksanakan. 

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan manfaat evaluasi belajar dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan kriteria keberhasilan pembelajaran online.
    3. Mengidentifikasi rubrik penilaian evaluasi pembelajaran online.
    4. Melakukan evaluasi pada kelas online atau course yang telah dikembangkan.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

    • Pada materi ini Anda akan mendalami materi penjaminan kualitas pembelajaran online berdasarkan pada kerangka penjaminan kualitas menurut Masoumi dan Lindstrom (2012). Kerangka tersebut menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran online dapat dan perlu dilihat dari berbagai aspek yang berhubungan dengan faktor: (1) institusi, (2) desain pembelajaran, (3) evaluasi, (4) teknologi, (5) faktor pedagogi, (6) dukungan bagi pembelajar, dan (6) dukungan bagi pengajar.  

    • Sebagai referensi tambahan terkait rubrik evaluasi e-learning, silahkan cermati rubrik OSCQR 3.1 OSCQR Course Design Review yang dibuat oleh Online Learning Consortium.

    • Silahkan cermati rubrik berikut ini. Dalam evaluasi kualitas pembelajaran online, terdapat banyak sekali rubrik-rubrik penilaian yang dikembangkan oleh berbagai lemabaga/institusi. Salah satunnya Rubric for Online Instruction milik CSU, Chico yang dapat Anda jadikan referensi dalam menilai kualitas pembelajaran online. 

    • Silahkan unduh infografis tentang Rubrik Evaluasi Pembelajaran Online berikut ini. 

    • Pada topik ini Anda telah belajar landasan teori terkait pentingnya evaluasi kualitas pembelajaran online serta mempelajari berbagai rubrik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai kualitas pembelajaran online. 

      Pada penugasan ini, Anda diminta untuk menilai proyek pembelajaran online (course/kelas online) milik kelompok lain, kemudian hasil pengisian rubrik tersebut harus diunggah pada kolom file submission. File yang diunggah diharapkan dalam bentuk .pdf.

      Silahkan unduh format penilaiannya pada lampiran di bawah ini. 

  • P16 Ujian Akhir Semester


    • Pada Ujian Akhir Semester ini Anda diminta untuk mengumpulkan proyek akhir berupa course atau kelas online yang telah selesai dikembangkan. 

      Silahkan kumpulkan link course atau kelas online Anda melalui online text submission.