LMS-SPADA INDONESIA


![]() |
Nama : KHADIJAH MAMING Email: khadijahmaming@gmail.com |
|
| Mata Kuliah | : | INTRODUCTION TO LINGUISTICS |
| Kode | : | MKP110036 |
| Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Perguruan Tinggi | : | Universitas Muhammadiyah Pare-pare |
Mata Kuliah ini berkenaan dengan hakikat bahasa dan peranan bahasa dalam sistem komunikasi manusia sehari-hari. Selain itu, mata kuliah ini akan menjadi dasar yang kuat untuk memahami mengenai kajian ilmiah tentang bahasa atau ruang lingkup pembelajaran bahasa, seperti; ilmu tentang sistem bunyi bahasa (Phonology) ilmu yang membahasa struktur kata (Morphology), ilmu tentang struktur kalimat (Syntax), serta ilmu makna / meaning (Semantic). Mata kuliah ini juga membahas terkait konsep linguistik secara mikro dan makro serta akan menjadi pengetahuan dasar dalam memahami adanya ragam bahasa yang terjadi di dunia.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
| Unduh RPS |

Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan buku dalam format PDF sebagai sumber materi pembelajaran untuk mendukung perkuliahan Introduction to Linguistics.
Silakan dibaca dan dipelajari sebagai referensi utama maupun tambahan untuk memahami konsep-konsep yang akan kita bahas di pertemuan-pertemuan mendatang.
Selamat datang di perkuliahan Introduction to Linguistics. Pada pertemuan pertama ini, kita membahas mengenai Lecturing Contract dan Course Orientation. Materi ini penting karena menjadi dasar pemahaman tentang:
Kontrak perkuliahan – mencakup aturan, kesepakatan, serta ekspektasi antara dosen dan mahasiswa selama satu semester.
Orientasi mata kuliah – penjelasan mengenai tujuan, capaian pembelajaran (CPMK), pokok bahasan, metode pembelajaran, serta sistem penilaian yang akan digunakan.

Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan buku dalam format PDF yang membahas mengenai Definitions and Characteristics of Linguistics and Language. Bacaan ini akan membantu Anda memahami konsep dasar yang menjadi fondasi dalam kajian linguistik.
Silakan dipelajari sebagai referensi utama sebelum kita mendiskusikan lebih lanjut pada pertemuan materi ini.
Mahasiswa sekalian, silakan akses link Mentimeter berikut untuk mengikuti aktivitas interaktif terkait materi Definitions and Characteristics of linguistics and language.
Melalui aktivitas ini, Anda dapat menyampaikan pemahaman awal, ide, maupun kata kunci yang terlintas di pikiran Anda mengenai linguistik dan bahasa.
Dear Students,
These slides introduce the Definitions and Characteristics of Linguistics and Language, explaining what linguistics is, how it studies language, and the main features of language as a system. Please review them carefully to support your preparation for class discussions.
Capaian pembelajaran di pertemuan ke 3 ini adalah Memahami dan menjelaskan fungsi bahasa.Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan file PDF yang membahas mengenai Functions of Language. Bacaan ini akan membantu Anda memahami peran penting bahasa dalam komunikasi serta berbagai aspek penggunaannya.
Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan slide powerpoint yang berisi ringkasan materi mengenai Functions of Language.
Silakan dipelajari untuk mendapatkan gambaran utama sebelum dan sesudah pertemuan kelas, sehingga pembahasan kita dapat lebih terarah dan mendalam.
Halo mahasiswa,
Pada pertemuan kali ini kita akan mendalami topik “Functions of Language.” Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari bahasa secara ilmiah, sementara bahasa sendiri adalah sistem komunikasi yang memiliki aturan, fungsi, serta ciri khas tertentu. Pemahaman mengenai definisi dan karakteristik keduanya sangat penting sebagai dasar untuk mempelajari cabang-cabang linguistik berikutnya.
Capaian Pembelajaran Pertemuan 4: Menjelaskan dan memberikan contoh unit-unit linguistik.

Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan slide powerpoint yang berisi materi mengenai Linguistics Units.
Silakan dipelajari untuk memahami satuan-satuan dasar dalam linguistik yang akan menjadi fondasi bagi pembahasan topik-topik berikutnya.
Dear Students,
To support your study of Linguistics Units, this reference book is provided. It introduces the fundamental levels of linguistic analysis, including sounds, words, phrases, and sentences, as the basic units of language.
Please read the selected sections carefully, as they will help you build a solid foundation for understanding how language is structured and analyzed.

Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan buku dalam format PDF yang membahas mengenai Micro and Macro Linguistics.
Bacaan ini akan membantu Anda memahami perbedaan ruang lingkup kajian linguistik yang bersifat mikro (menganalisis bahasa dari segi internal, seperti fonologi, morfologi, sintaksis) maupun makro (mengaitkan bahasa dengan faktor eksternal, seperti budaya, masyarakat, dan psikologi).
Mahasiswa sekalian, berikut saya lampirkan slide powerpoint yang berisi materi mengenai Micro linguistics dan Macro Linguistics.
Slide ini dirancang untuk membantu Anda memahami perbedaan kajian linguistik yang bersifat micro (analisis internal bahasa: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik) dan macro (kajian eksternal bahasa: sosiolinguistik, psikolinguistik, antropologi linguistik, dll.).

Selamat datang pada materi Basics of Phonology. Pada pertemuan ini, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar fonologi, yaitu cabang ilmu linguistik yang mengkaji sistem bunyi dalam bahasa. Fonologi membantu kita memahami bagaimana bunyi diatur, dibedakan, dan digunakan dalam komunikasi.
Materi ini disajikan dalam bentuk slide powerpoint agar lebih ringkas, jelas, dan mudah dipelajari. Di dalamnya mahasiswa akan menemukan:
Penjelasan tentang perbedaan fonetik dan fonologi.
Konsep phonemes dan allophones.
Contoh aturan fonologis dalam bahasa Inggris.
Selamat datang pada materi Basics of Phonology. Pada kesempatan ini, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar fonologi melalui buku referensi yang telah disediakan. Fonologi merupakan cabang linguistik yang berfokus pada sistem bunyi dalam bahasa, bagaimana bunyi tersebut diorganisasikan, serta bagaimana bunyi memengaruhi makna.
Dear Students,
To support your study of Basic Concepts of Phonology, this reference book is provided. It introduces the fundamental aspects of phonology, including the sound system of language, phonemes, and their patterns. By reading this material, you will gain a clearer understanding of how sounds are organized and function in communication.
Please go through the selected sections carefully, as they will be useful for our upcoming discussions and assignments.
https://wordwall.net/play/99891/591/467

Selamat datang pada materi Basic Concepts of Morphology. Pada pertemuan ini, mahasiswa akan mempelajari morfologi, yaitu cabang linguistik yang menelaah struktur kata dan proses pembentukannya. Morfologi membantu kita memahami bagaimana morfem sebagai unit terkecil yang bermakna membentuk kata, serta bagaimana perubahan bentuk kata dapat memengaruhi makna dalam bahasa.
Selamat datang pada materi Basics of Morphology. Pada pertemuan ini, mahasiswa akan mempelajari morfologi, yaitu cabang linguistik yang menelaah struktur internal kata serta proses pembentukannya. Morfologi penting untuk memahami bagaimana kata terbentuk dari morfem, yaitu unit terkecil yang memiliki makna.
Materi ini disajikan dalam bentuk slide powerpoint agar lebih ringkas, sistematis, dan mudah dipahami. Dalam slide ini mahasiswa akan menemukan penjelasan tentang:
Definisi dan ruang lingkup morfologi.
Jenis-jenis morfem (bebas dan terikat).
Proses morfologis seperti infleksi, derivasi, reduplikasi, dan komposisi.
Contoh analisis kata dalam bahasa Inggris.
Selamat datang pada materi Basics of Morphology. Pada topik ini, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar morfologi, yaitu cabang linguistik yang mengkaji struktur kata serta proses pembentukannya. Dengan mempelajari morfologi, mahasiswa dapat memahami bagaimana morfem—sebagai unit terkecil yang bermakna—bersatu membentuk kata dan bagaimana perubahan bentuk kata dapat memengaruhi makna dalam bahasa.
In this final project, students are required to collect real-life examples of linguistic phenomena found in daily communication. The examples may include photos of public signs, screenshots of chats, song lyrics, news articles, or other authentic language data. Each example should be classified according to major branches of linguistics, such as phonology, morphology, syntax, semantics, and pragmatics, and explained briefly in 1–2 paragraphs.
The collected examples and analyses should be compiled into an online digital flipbook (using platforms such as Canva, FlipHTML5, Issuu, or Book Creator). This project aims to help students:
identify and analyze linguistic features in real contexts,
apply basic linguistic concepts to everyday communication, and
Develop creativity and digital literacy skills.
Output: Online Flipbook (link + backup PDF)
Language: English
Deadline: December 17, 2025

Dear Students,
To support your learning of Basic Concepts of Syntax, this reference book is provided. It explains the fundamental principles of how words are combined into phrases and sentences, covering core topics such as sentence structure, grammatical relations, and syntactic rules.
Please read the relevant sections carefully, as they will strengthen your understanding and prepare you for class discussions and assignments.
Dear Students,
This reference book introduces the Basic Concepts of Syntax, focusing on how words are organized into phrases and sentences. Please read the selected sections to strengthen your understanding and prepare for class activities.
Mahasiswa yang terhormat,
Mahasiswa yang terhormat,
Bahan referensi ini memperkenalkan Analisis Tagmemik, yaitu pendekatan linguistik yang dikembangkan oleh Kenneth L. Pike dengan menekankan hubungan antara slot, class, role, dan cohesion dalam struktur bahasa. Silakan pelajari bagian yang ditentukan untuk memahami bagaimana kerangka ini digunakan menganalisis kalimat maupun wacana secara lebih mendalam.
Mahasiswa yang terhormat,
Buku referensi ini membahas Konsep Dasar Sintaksis, khususnya bagaimana kata disusun menjadi frasa dan kalimat. Silakan pelajari bagian yang telah ditentukan untuk memperkuat pemahaman dan mempersiapkan diri menghadapi aktivitas kelas.
Mahasiswa Sekalian, mohon disimak video ini.
Dear Students,
Pelajari terlebih dahulu materi Syntax pada buku yang telah disediakan, kemudian pahami konsep dasar seperti phrase structure dan clause. Setelah itu, kerjakan Kuis Syntax dengan membaca setiap soal secara cermat dan pastikan Anda mengirimkan jawaban sebelum waktu berakhir.

Mahasiswa yang terhormat,
Buku referensi ini membahas Struktur Sintaksis, yaitu bagaimana kalimat dibentuk dan diatur berdasarkan kaidah tata bahasa. Silakan pelajari bagian yang telah ditentukan untuk memperkuat pemahaman Anda serta mempersiapkan diskusi di kelas.
Dear Students,
These slides provide an overview of Syntactic Structures, explaining how words combine into phrases and sentences according to grammatical rules. Please study the material carefully as it will support your preparation for class discussions and assignments.
Dear Students,
This video provides an introduction to Syntactic Structures, showing how words are arranged into phrases and sentences based on grammatical rules. Please watch it carefully, as it will help you understand the basic principles of syntax and prepare for our class activities.
https://drive.google.com/file/d/1uHJtN5YGCPR2i6Xg4f6qzZPU7fGOJxpj/view?usp=sharing

Dear Students,
To support your understanding of the topic Basic Concepts of Semantics, this reference book has been provided. It introduces the fundamental ideas of meaning in language, including definitions, types of meaning, and key semantic relations such as synonymy, antonymy, and ambiguity.
Please read the selected sections carefully as they will help you build a strong foundation in semantics and prepare you for upcoming class discussions and assignments.
Dear Students,
To explore the Basic Concepts of Semantics, please participate in the Padlet activity by answering the provided questions and sharing your own examples. Engage with your classmates’ posts to deepen your understanding of meaning in language.
Dear Students,
These slides introduce the Basic Concepts of Semantics, covering the study of meaning in language, types of meaning, and basic semantic relations. Please review them carefully to build a strong foundation for our discussions and assignments.
Dear Students
Pelajari materi Basic Concepts of Semantics pada modul yang tersedia untuk memahami makna, denotasi, konotasi, serta relasi makna antar kata. Setelah itu, kerjakan Kuis Semantics dengan teliti dan pastikan semua jawaban dikirim sebelum batas waktu berakhir.

Dear Students,
This reference book introduces the Basic Concepts of Pragmatics, focusing on how language is used in context, including speaker intention, implicature, and the role of context in meaning. Please read the selected sections carefully to strengthen your understanding and prepare for class activities.
Dear Students,
These slides present the Basic Concepts of Pragmatics, focusing on how language is used in real contexts, including speaker meaning, implicature, and the role of context in interpretation. Please study the material carefully as it will support your preparation for discussions and assignments.
Dear Students
Pelajari kembali konsep dasar pragmatik sebelum memulai proyek, lalu amati percakapan nyata di sekitar Anda untuk dianalisis berdasarkan konteks makna dan tindak tutur. Kerjakan Ujian Tengah Semester (UTS) ini secara mandiri dengan mengikuti langkah-langkah dan kriteria yang telah ditetapkan.

Materi Second Language Acquisition terdapat pada Bab 9 di Buku ini. Bab ini membahas secara komprehensif tentang pemerolehan bahasa kedua (Second Language Acquisition atau SLA), mencakup konsep multilingualisme, perbedaan antara pemerolehan bahasa pertama (L1) dan bahasa kedua (L2), serta teori-teori utama yang menjelaskan proses tersebut.
Materi menjelaskan berbagai fokus pendekatan dalam kajian SLA, antara lain:
Fokus linguistik internal dan eksternal, termasuk pandangan Transformational Generative Grammar (Chomsky), Functionalism, dan teori Universal Grammar.
Aspek psikologis dalam SLA, mencakup peran otak, proses belajar, serta perbedaan individu seperti usia, motivasi, dan kemampuan kognitif.
Tahapan pemerolehan bahasa yang meliputi kondisi awal (initial state), proses pemerolehan, hingga hasil akhir (final state).
Isu penting seperti fossilization dan logical problem of language learning, yang membedakan pembelajar bahasa kedua dengan penutur asli.
Bab ini memberikan landasan teoritis bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana seseorang belajar bahasa kedua, mengapa tingkat kemahirannya bervariasi, dan bagaimana teori-teori linguistik serta psikologi dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena tersebut.
Mulailah dengan membaca bagian pendahuluan (9.1) untuk memahami konteks multilingualisme dan relevansinya dalam dunia modern.
Catat perbedaan utama antara L1 dan L2 acquisition, terutama dalam hal faktor usia, motivasi, dan kapasitas biologis.
Pahami teori-teori utama seperti Universal Grammar (UG), Functionalism, dan Information Processing Theory yang dibahas pada subbagian 9.6–9.7.
Buat ringkasan konsep penting seperti initial state, interlanguage, transfer, fossilization, dan final state dengan contoh nyata dari pengalaman belajar bahasa Anda sendiri.
Refleksikan bagaimana teori-teori tersebut dapat diterapkan dalam konteks pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).
Setelah membaca, diskusikan di forum LMS:
Menurut Anda, faktor apa yang paling berpengaruh dalam keberhasilan seseorang mempelajari bahasa kedua—apakah faktor internal (seperti kapasitas kognitif) atau eksternal (seperti lingkungan dan motivasi)?
Kerjakan kuis atau tugas reflektif yang diberikan dosen untuk mengukur pemahaman terhadap teori SLA dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa.
Bacalah bab 1–3 untuk memperoleh pemahaman dasar tentang konsep acquisition vs learning, teori linguistik, dan faktor individual dalam SLA.
Catat poin-poin penting dari setiap teori (misalnya teori Krashen, teori interaksional, teori kognitif) dan buatkan peta konsep untuk membantu pemahaman.
Diskusikan dengan teman sekelas atau dalam forum LMS tentang faktor apa saja yang paling berpengaruh terhadap kemampuan seseorang mempelajari bahasa kedua.
Hubungkan teori dengan pengalaman pribadi dalam mempelajari bahasa Inggris — bagaimana teori tersebut menjelaskan proses belajar Anda.
In this assignment, you will analyze one Second Language Acquisition (SLA) theory and connect it with your own experience in learning English or another second language. This task aims to help you understand how theoretical perspectives explain real-world language learning processes.
Selamat datang pada materi Second Language Acquisition (SLA). Pada sesi ini, mahasiswa akan mempelajari proses bagaimana seorang pembelajar memperoleh bahasa kedua setelah menguasai bahasa pertama. Materi ini memberikan landasan teoretis dan praktis mengenai faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pemerolehan bahasa, peran input serta interaksi, serta konsep-konsep penting seperti Critical Period Hypothesis dan perkembangan interlanguage.
Melalui bahan presentasi ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar SLA, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa kedua, serta mengaitkannya dengan konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Buku Sociolinguistics and Language Education memberikan tinjauan komprehensif tentang hubungan antara bahasa, masyarakat, dan pendidikan di era globalisasi. Dieditori oleh Nancy H. Hornberger dan Sandra Lee McKay, buku ini menyatukan berbagai perspektif teoretis dan praktis yang membahas isu-isu utama seperti ideologi bahasa, kekuasaan dan pedagogi, multibahasa, kebijakan bahasa, identitas, serta variasi dan interaksi bahasa di dalam konteks pendidikan.
Materi dalam buku ini mencakup tujuh bagian utama:
Language and Ideology – membahas bagaimana ideologi memengaruhi kebijakan dan praktik bahasa.
Language and Society – menyoroti peran bahasa dalam konteks sosial dan politik global, termasuk isu English as an International Language.
Language and Variation – mengeksplorasi gaya, kesadaran kritis berbahasa, serta peran pidgin dan kreol.
Language and Literacy – mengaitkan literasi, multimodalitas, dan praktik sosial dalam pengajaran bahasa.
Language and Identity – membahas konstruksi identitas melalui bahasa, gender, dan etnisitas.
Language and Interaction – menelaah analisis percakapan, budaya, dan wacana kelas.
Language and Education – mengintegrasikan seluruh tema dalam konteks kebijakan dan praktik pendidikan multilingual.
"Materi ini dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar sosiolinguistik dan hubungan antara bahasa, masyarakat, serta konteks sosial. Melalui pembahasan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami bagaimana variasi bahasa, identitas sosial, dan situasi komunikasi memengaruhi penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam praktik pengajaran."
"Selamat datang pada penjelasan materi Basic Concepts of Sociolinguistics. Pada video ini, kita akan membahas bagaimana bahasa berinteraksi dengan masyarakat, mengapa variasi bahasa terjadi, serta bagaimana faktor sosial seperti identitas, konteks, dan budaya memengaruhi cara kita berkomunikasi. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami konsep dasar sosiolinguistik secara lebih mudah dan aplikatif."

Selamat datang pada pertemuan ini yang membahas Basic Concepts of Psycholinguistics. Materi ini dirancang untuk membantu Anda memahami bagaimana bahasa diproses, diproduksi, dan dipahami oleh manusia dari sudut pandang kognitif. Psycholinguistics mempelajari hubungan antara bahasa dan pikiran—bagaimana otak mengolah kata, bagaimana kita memahami makna secara cepat, serta bagaimana faktor perkembangan, lingkungan, dan memori mempengaruhi kemampuan berbahasa.
Pada pertemuan ini, Anda akan mempelajari konsep-konsep dasar seperti language processing, language comprehension, language production, mental lexicon, dan language acquisition dari perspektif psikologis. Pemahaman konsep-konsep ini akan menjadi landasan penting untuk memahami proses belajar bahasa, perkembangan bahasa pada anak, serta tantangan linguistik yang muncul dalam konteks pembelajaran.
Silakan pelajari materi yang telah disediakan melalui modul, slide, dan video penjelasan. Pastikan Anda membaca dengan cermat, mencatat poin penting, dan mengajukan pertanyaan apabila ada konsep yang belum dipahami. Semoga pembelajaran ini membantu Anda membangun pemahaman yang kuat tentang hubungan antara bahasa dan proses kognitif.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!
Please read this lecturing material.
Please read this lecturing material.

