Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Ringkasan Mingguan

  • NISAK RUWAH IBNATUR HUSNUL, M.Pd.0409039101

    DESKRIPSI MATA KULIAH :

    Dalam mata kuliah ini akan dibahas bagaimana cara menyusun dan merumuskan strategi perusahaan atas dasar visi, misi perusahaan beserta dasar pemikiran SWOT analisis. Berbagai masalah yang berhubungan dengan penentuan strategi perusahaan yang menyeluruh juga merupakan bagian yang terpenting sebagai dasar penyajian agar terjadi pemikiran yang integral dan komprehensip terhadap perubahan.
    Dalam materi mata kuliah ini akan membahas tentang proses dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan/perumusan strategi perusahaan yang antara lain terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu pembuatan visi dan misi perusahaan yang relevan, menetapkan tujuan umum perusahaan maupun tujuan khusus/sasaran perusahaan sampai akhirnya mengembangkan suatu strategi baik ditingkat perusahaan maupun ditingkat fungsional.
    Pada mata kuliah ini dibahas mengenai bagaimana melakukan pengamatan atas lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang menjadi dasar dalam perumusan strategi perusahaan.

    POKOK BAHASAN MATERI :

    1. Pengantar ekonomi strategi 8. Strategi korporat
    2. Strategi dalam manajemen strategi 9. Strategi internasional
    3. Lingkungan eksternal perusahaan : Analisis industri dan pesaing 10. Strategi aliansi strategi
    4. Lingkungan internal : Sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti 11. Tata kelola korporat yang baik
    5. Merumuskan visi dan misi 12. Struktur dan desain organisasi
    6. Formulasi dan safari strategi 13. Kepemimpinan strategi
    7. Strategi bersaing pada unit bisnis 14. Pengendalian, evaluasi dan kinerja strategi

    CAPAIAN MATA KULIAH :

    Setelah pembelajaran, setiap peserta didik diwajibkan menyelesaikan suatu kasus perusahan yang berkaitan dengan pembahasan di mata ajaran ini dan berdasarkan situasi perusahaan di Indonesia.
    Setiap peserta didik diwajibkan membuat kelompok kerja dan mulai mencari perusahaan sebagai sarana studi kasus dengan cara kunjungan langsung/field trip atau dari sumber lainnya yang lengkap untuk selanjutnya di-scanning, diaudit dan dianalisis berdasarkan materi yang diterima setiap minggunya atas pengarahan dosen pengampu untuk dilaporkan perkembangan kajiannya.

  • PENGANTAR EKONOMI STRATEGI

    APA ITU MANAJEMEN???

    APA ITU STRATEGI???

    Silahkan terlebih dahulu menyimak video berikut ini :

    Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa Inggris), turunan dari kata to manage yang artinya mengurus atau tata laksana atau ketatalaksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing, dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
    Kata strategi berasal dari bahasa yunani Strategos terdiri dari dua kata stratos yang berarti militer dan ag yang berarti memimpin yang berarti generalship atau sesuatu yang dikerjakan oleh para jenderal perang untuk memenangkan perang. (Agustinus, 1996 ; 19).
  • STRATEGI DALAM PROSES MANAJEMEN STRATEGI

    Strategi-strategi itu berinteraksi erat dan berkelanjutan serta harus diintegrasikan dengan baik demi kesuksesan perusahaan.
    Manajemen strategik dimulai dari satu atau semua level hirarki dalam organisasi. Dasar Proses Manajemen Strategik : 1. Menetapkan visi, misi dan tujuan organisasi 2. Pengamatan Lingkungan 3. Perumusan dan Pemilihan Strategi 4. Implementasi strategi 5. Evaluasi kinerja dan Pengendalian/tindakan koreksi

    Untuk mengetahui materi lebih luas mengenai strategi dalam proses manajemen strategi, silahkan download materi PDF dan simak VIDEO juga di link bawah ini, silahkan anda pahami bagaimana seharusnya sebuah strategi itu di implementasikan dalam perusahaan.
  • LINGKUNGAN EKSTRENAL PERUSAHAAN

    BAGAIMANA MENURUT ANDA LINGKUNGAN EKSTERNAL SEBUAH PERUSAHAAN?

    Secara umum, lingkungan perusahaan dapat dikategorikan ke dalam dua bagian besar, yakni lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Lingkungan eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri. Kategori lingkungan Eksternal perusahaan adalah sebagai berikut:

    Lingkungan Umum

    Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Lingkungan ini hanya memiliki sedikit dampak implikasi langsung bagi pengaturan suatu organisasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah: a. Ekonomi
    b. Sosial
    c. Politik dan Hukum
    d. Teknologi
    e. Demografi Dengan kata lain, Lingkungan umum adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya.

    Lingkungan Industri

    Lingkungan industri adalah serangkaian faktor-faktor-ancaman dari pelaku bisnis baru, supplier, pembeli, produk pengganti, dan intensitas persaingan di antara para pesaing yang secara langsung mempengaruhi perusahaan dan tindakan dan tanggapan kompetitifnya. Semakin besar kapasitas perusahaan untuk mempengaruhi lingkungan industri, semakin besar kemungkinan perusahaan untuk menghasilkan laba di atas rata-rata. Laba di atas rata-rata adalah kelebihan penghasilan yang diharapkan yang diharapkan seorang investor dari investor lain dengan jumlah risiko serupa. Risiko adalah ketidakpastian investor tentang laba atau rugi yang dihasilkan oleh investasi tertentu. Bagaimana perusahaan mengumpulkan dan menafsirkan informasi tentang para pesaing mereka disebut analisis pesaing
    • LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN Lingkungan Eksternal ialah lingkungan diluar organisasi/perusahan yang berpengaruh terhadap perusahaan.
      Lingkungan terpencil (remote environment), Lingkungan industri (environment industry) atau kekuatan kompetitif (competitive forces) dan Lingkungan operasi (operating environment).+
    • Untuk lebih memahami materi di atas, silahkan simak video ini dan cermati bagaimana lingkungan ekstrenal dalam sebuah perusahaan.
    • Sebagai bahan diskusi, setelah membaca materi pdf dan menyimak video yang dipaparkan di atas, silahkan berdiskusi disini mengenai permasalahan atau kendala yang belum dipahami dari materi ini.
    • LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN Lingkungan Eksternal ialah lingkungan diluar organisasi/perusahan yang berpengaruh terhadap perusahaan.
      Lingkungan terpencil (remote environment), Lingkungan industri (environment industry) atau kekuatan kompetitif (competitive forces) dan Lingkungan operasi (operating environment).+
    • Untuk lebih memahami materi di atas, silahkan simak video ini dan cermati bagaimana lingkungan ekstrenal dalam sebuah perusahaan.
    • Sebagai bahan diskusi, setelah membaca materi pdf dan menyimak video yang dipaparkan di atas, silahkan berdiskusi disini mengenai permasalahan atau kendala yang belum dipahami dari materi ini.
    • LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN Lingkungan Eksternal ialah lingkungan diluar organisasi/perusahan yang berpengaruh terhadap perusahaan.
      Lingkungan terpencil (remote environment), Lingkungan industri (environment industry) atau kekuatan kompetitif (competitive forces) dan Lingkungan operasi (operating environment).+
    • Untuk lebih memahami materi di atas, silahkan simak video ini dan cermati bagaimana lingkungan ekstrenal dalam sebuah perusahaan.
    • Sebagai bahan diskusi, setelah membaca materi pdf dan menyimak video yang dipaparkan di atas, silahkan berdiskusi disini mengenai permasalahan atau kendala yang belum dipahami dari materi ini.
    • LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN Lingkungan Eksternal ialah lingkungan diluar organisasi/perusahan yang berpengaruh terhadap perusahaan.
      Lingkungan terpencil (remote environment), Lingkungan industri (environment industry) atau kekuatan kompetitif (competitive forces) dan Lingkungan operasi (operating environment).+
    • Untuk lebih memahami materi di atas, silahkan simak video ini dan cermati bagaimana lingkungan ekstrenal dalam sebuah perusahaan.
    • Sebagai bahan diskusi, setelah membaca materi pdf dan menyimak video yang dipaparkan di atas, silahkan berdiskusi disini mengenai permasalahan atau kendala yang belum dipahami dari materi ini.
  • LINGKUNGAN INTERNAL PERUSAHAAN

    LINGKUNGAN INTERNAL PERUSAHAAN???

    Berbalik dari lingkungan ekstrenal perusahaan, pengertian dari lingkungan internal perusahaan adalah lingkungan dalam perusahaan yang perludi identifikasi kekuatan dan kelemahannya. Untuk menganalisis lingkungan internal digunakan analisis SWOT dan simak video berikut untuk mengetahui contoh dari analisis SWOT!

    Analisis SWOT adalah cara sistematis untuk mengindentifikasi faktor-faktordan strategi yang paling cocok. Tujuannya adalah untuk memaksimumkan kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan dan meminimalkan kelemahan dan ancaman yang ada diperusahaan

    • Analisis SWOT merupakan kegiatan menganalisis atas situasi perusahaan yaitu : Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Digunakan untuk mengevaluasi kesempatan dan tantangan di lingkungan bisnis maupun pada lingkungan internal perusahaan. Untuk penunjang materi, silahkan download PDF ini, pelajari dan pahami mengenai lingkungan internal perusahaan.
    • Simak video untuk mempermudah anda dalam memahami materi tentang lingkungan internal perusahaan, silahkan pahami dan cermati dengan baik!
    • Di sini kalian bisa saling berdiskusi mengenai permasalahan dengan tema lingkungan internal perusahaan
    • Analisis SWOT merupakan kegiatan menganalisis atas situasi perusahaan yaitu : Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Digunakan untuk mengevaluasi kesempatan dan tantangan di lingkungan bisnis maupun pada lingkungan internal perusahaan. Untuk penunjang materi, silahkan download PDF ini, pelajari dan pahami mengenai lingkungan internal perusahaan.
    • Simak video untuk mempermudah anda dalam memahami materi tentang lingkungan internal perusahaan, silahkan pahami dan cermati dengan baik!
    • Di sini kalian bisa saling berdiskusi mengenai permasalahan dengan tema lingkungan internal perusahaan
    • Analisis SWOT merupakan kegiatan menganalisis atas situasi perusahaan yaitu : Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Digunakan untuk mengevaluasi kesempatan dan tantangan di lingkungan bisnis maupun pada lingkungan internal perusahaan. Untuk penunjang materi, silahkan download PDF ini, pelajari dan pahami mengenai lingkungan internal perusahaan.
    • Simak video untuk mempermudah anda dalam memahami materi tentang lingkungan internal perusahaan, silahkan pahami dan cermati dengan baik!
    • Di sini kalian bisa saling berdiskusi mengenai permasalahan dengan tema lingkungan internal perusahaan
    • Analisis SWOT merupakan kegiatan menganalisis atas situasi perusahaan yaitu : Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Digunakan untuk mengevaluasi kesempatan dan tantangan di lingkungan bisnis maupun pada lingkungan internal perusahaan. Untuk penunjang materi, silahkan download PDF ini, pelajari dan pahami mengenai lingkungan internal perusahaan.
    • Simak video untuk mempermudah anda dalam memahami materi tentang lingkungan internal perusahaan, silahkan pahami dan cermati dengan baik!
    • Di sini kalian bisa saling berdiskusi mengenai permasalahan dengan tema lingkungan internal perusahaan
  • MERUMUSKAN VISI MISI PERUSAHAAN

    APA ITU VISI???
    DAN APA BEDANYA DENGAN MISI???

    BAGAIMANA MERUMUSKAN VISI DAN MISI YANG BAIK DALAM PERUSAHAAN?

    Empat Komponen Menyusun Visi : 1. Visi dibangun berdasarkan nilai inti 2. Visi perlu mengelaborasi tujuan organisasi 3. Visi perlu memasukkan gambaran singkat mengenai bagaimana cara organisasi mencapai tujuannya 4. Visi perlu merumuskan sasaran umum. Sedangkan misi perusahaan adalah tujuan atau alasan mengapa organisasi hidup. Pernyataan misi yang disusun dengan baik mendifinisikan tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain, dan mengidentifikasi jangkauan operasi perusahaan dalam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani.
    • Penetapan visi perusahaan sangat dipengaruhi situasi dan kondisi lingkungan internal dan eksternal peusahan, ragam kepentingan stakeholders, evolusi dan dinamika bisnis yang digeluti organisasi serta aspirasi pendiri organisai/ peruahaan. Misi perusahaan biasanya memberikan gambaran yang jelas tentang ciri pokok produk yang ditawarkan dan teknologi yang digunakan oleh peusahaan, kebutuhan konsumen yang hendak dipenuhi dan konsumen yang hendak dituju, serta karakter, pasar dimana perusahaan akan bersaing, komitmen terhadap karyawan, filosofi diri serta citra perusahaan yang diharapkan diperoleh dari masyarakat.

      Untuk lebih memahami materi secara detail, silahkan download materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi yang baik untuk perusahaan.
    • Untuk menunjang materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi perusahaan, silahkan simak video berikut ini!
    • Silahkan berdiskusi disini terkait dengan merumuskan visi dan misi perusahaan!
    • Penetapan visi perusahaan sangat dipengaruhi situasi dan kondisi lingkungan internal dan eksternal peusahan, ragam kepentingan stakeholders, evolusi dan dinamika bisnis yang digeluti organisasi serta aspirasi pendiri organisai/ peruahaan. Misi perusahaan biasanya memberikan gambaran yang jelas tentang ciri pokok produk yang ditawarkan dan teknologi yang digunakan oleh peusahaan, kebutuhan konsumen yang hendak dipenuhi dan konsumen yang hendak dituju, serta karakter, pasar dimana perusahaan akan bersaing, komitmen terhadap karyawan, filosofi diri serta citra perusahaan yang diharapkan diperoleh dari masyarakat.

      Untuk lebih memahami materi secara detail, silahkan download materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi yang baik untuk perusahaan.
    • Untuk menunjang materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi perusahaan, silahkan simak video berikut ini!
    • Silahkan berdiskusi disini terkait dengan merumuskan visi dan misi perusahaan!
    • Penetapan visi perusahaan sangat dipengaruhi situasi dan kondisi lingkungan internal dan eksternal peusahan, ragam kepentingan stakeholders, evolusi dan dinamika bisnis yang digeluti organisasi serta aspirasi pendiri organisai/ peruahaan. Misi perusahaan biasanya memberikan gambaran yang jelas tentang ciri pokok produk yang ditawarkan dan teknologi yang digunakan oleh peusahaan, kebutuhan konsumen yang hendak dipenuhi dan konsumen yang hendak dituju, serta karakter, pasar dimana perusahaan akan bersaing, komitmen terhadap karyawan, filosofi diri serta citra perusahaan yang diharapkan diperoleh dari masyarakat.

      Untuk lebih memahami materi secara detail, silahkan download materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi yang baik untuk perusahaan.
    • Untuk menunjang materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi perusahaan, silahkan simak video berikut ini!
    • Silahkan berdiskusi disini terkait dengan merumuskan visi dan misi perusahaan!
    • Penetapan visi perusahaan sangat dipengaruhi situasi dan kondisi lingkungan internal dan eksternal peusahan, ragam kepentingan stakeholders, evolusi dan dinamika bisnis yang digeluti organisasi serta aspirasi pendiri organisai/ peruahaan. Misi perusahaan biasanya memberikan gambaran yang jelas tentang ciri pokok produk yang ditawarkan dan teknologi yang digunakan oleh peusahaan, kebutuhan konsumen yang hendak dipenuhi dan konsumen yang hendak dituju, serta karakter, pasar dimana perusahaan akan bersaing, komitmen terhadap karyawan, filosofi diri serta citra perusahaan yang diharapkan diperoleh dari masyarakat.

      Untuk lebih memahami materi secara detail, silahkan download materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi yang baik untuk perusahaan.
    • Untuk menunjang materi tentang bagaimana merumuskan visi dan misi perusahaan, silahkan simak video berikut ini!
    • Silahkan berdiskusi disini terkait dengan merumuskan visi dan misi perusahaan!
  • FORMULASI DAN SAFARI PERUSAHAAN

    APA ITU FORMULASI STRATEGI??

    Formulasi strategi adalah suatu tahap merumuskan, menyusun atau memformat strategi yang dimulai dengan pengembangan suatu visi, misi organisasi, mengidentifkasi peluang dan ancaman eksternal organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal, penentuan tujuan jangka panjang, untuk menghasilkan strategi alternatif dan strategi terpilih yang berkelanjutan.

    Sebelum masuk ke materi, silahkan simak video berikut ini :

    Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan strategi adalah bagaimana organisasi mampu merumuskan sebuah visi,misi dan tujuan yang jelas dan terukur kemudian menghubungkan dengan kondisi existing yang dihadapi ( lingkungan internal dan eksternal ), menentukan sumberdaya yang menjadi nilai keunggulan strategis organisasi, menciptakan strategi-strategi yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.
    • Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menciptakan kapabilitas khusus pada hubungan yang dibuatnya dan juga perusahaan yang beroperasi pada lingkungan yang mampu memaksimalkan nilai dari kekhususannya. Untuk selengkapnya bisa download materi disini ya, pahami dan cermati dari semua aspek!
    • Untuk memahami materi lebih lanjut, silahkan simak video berikut ini!
    • Untuk mendiskusikan permasalahan mengenai materi formulasi dan safari perusahaan, silahkan diskusi disini!
    • Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menciptakan kapabilitas khusus pada hubungan yang dibuatnya dan juga perusahaan yang beroperasi pada lingkungan yang mampu memaksimalkan nilai dari kekhususannya. Untuk selengkapnya bisa download materi disini ya, pahami dan cermati dari semua aspek!
    • Untuk memahami materi lebih lanjut, silahkan simak video berikut ini!
    • Untuk mendiskusikan permasalahan mengenai materi formulasi dan safari perusahaan, silahkan diskusi disini!
    • Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menciptakan kapabilitas khusus pada hubungan yang dibuatnya dan juga perusahaan yang beroperasi pada lingkungan yang mampu memaksimalkan nilai dari kekhususannya. Untuk selengkapnya bisa download materi disini ya, pahami dan cermati dari semua aspek!
    • Untuk memahami materi lebih lanjut, silahkan simak video berikut ini!
    • Untuk mendiskusikan permasalahan mengenai materi formulasi dan safari perusahaan, silahkan diskusi disini!
    • Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menciptakan kapabilitas khusus pada hubungan yang dibuatnya dan juga perusahaan yang beroperasi pada lingkungan yang mampu memaksimalkan nilai dari kekhususannya. Untuk selengkapnya bisa download materi disini ya, pahami dan cermati dari semua aspek!
    • Untuk memahami materi lebih lanjut, silahkan simak video berikut ini!
    • Untuk mendiskusikan permasalahan mengenai materi formulasi dan safari perusahaan, silahkan diskusi disini!
  • STRATEGI BERSAING PADA UNIT BISNIS

    Persaingan adalah keadaan ketika organisasi berperang atau berlomba untuk mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan. Keunggulan kompetitif merupakan konsep kunci dalam manajemen stratejik. Keunggulan kompetitif adalah strategi bersaing terhadap sesuatu yang dirancang untuk dieksploitasi oleh suatu organisasi. Keunggulan kompetitif bersifat sementara sehingga muncul hiperkompetisi, yaitu situasi dengan tingkat kompetisi yang intensif dan terus-menerus meningkat. Sebagai bentuk aplikatif dari persaingan bisnis, coba simak praktiknya langsung dalam video ini :

    Ada lima teknik analisa yang dikembangkan untuk membantu para perencana strategi dalasm proses pembuatan strategi. APA SAJA ??? silahkan pelajari materi lebih lanjut di bawah ini ya!

    • Ada lima teknik analisa yang dikembangkan untuk membantu para perencana strategi dalasm proses pembuatan strategi.
      Teknik pertama adalah Analisa Kesenjangan, kedua adalah Matrik Strategi Umum, teknik ketiga+diberi nama Matrik Group Konsultan Boston (BCG Matrix). Teknik keempat adalah dengan menggunakan Matrik SWOT dan terakhir adalah analisa Daur Kehidupan Produk. Silahkan untuk lebih detail materinya, bisa download disini ya!
    • Untuk lebih memahami materi, simak video berikut sebagai penunjang dari materi PDF di atas ya!
    • Untuk mendiskusikan materi tentang strategi bersaing pada unit bisnis, bisa di forum ini ya!
    • Ada lima teknik analisa yang dikembangkan untuk membantu para perencana strategi dalasm proses pembuatan strategi.
      Teknik pertama adalah Analisa Kesenjangan, kedua adalah Matrik Strategi Umum, teknik ketiga+diberi nama Matrik Group Konsultan Boston (BCG Matrix). Teknik keempat adalah dengan menggunakan Matrik SWOT dan terakhir adalah analisa Daur Kehidupan Produk. Silahkan untuk lebih detail materinya, bisa download disini ya!
    • Untuk lebih memahami materi, simak video berikut sebagai penunjang dari materi PDF di atas ya!
    • Untuk mendiskusikan materi tentang strategi bersaing pada unit bisnis, bisa di forum ini ya!
    • Ada lima teknik analisa yang dikembangkan untuk membantu para perencana strategi dalasm proses pembuatan strategi.
      Teknik pertama adalah Analisa Kesenjangan, kedua adalah Matrik Strategi Umum, teknik ketiga+diberi nama Matrik Group Konsultan Boston (BCG Matrix). Teknik keempat adalah dengan menggunakan Matrik SWOT dan terakhir adalah analisa Daur Kehidupan Produk. Silahkan untuk lebih detail materinya, bisa download disini ya!
    • Untuk lebih memahami materi, simak video berikut sebagai penunjang dari materi PDF di atas ya!
    • Untuk mendiskusikan materi tentang strategi bersaing pada unit bisnis, bisa di forum ini ya!
    • Ada lima teknik analisa yang dikembangkan untuk membantu para perencana strategi dalasm proses pembuatan strategi.
      Teknik pertama adalah Analisa Kesenjangan, kedua adalah Matrik Strategi Umum, teknik ketiga+diberi nama Matrik Group Konsultan Boston (BCG Matrix). Teknik keempat adalah dengan menggunakan Matrik SWOT dan terakhir adalah analisa Daur Kehidupan Produk. Silahkan untuk lebih detail materinya, bisa download disini ya!
    • Untuk lebih memahami materi, simak video berikut sebagai penunjang dari materi PDF di atas ya!
    • Untuk mendiskusikan materi tentang strategi bersaing pada unit bisnis, bisa di forum ini ya!
  • STRATEGI KORPORAT

    Silahkan untuk mengetahui taktik sebuah perusahaan, bisa simak video berikut ya :

    STRATEGI KORPORAT???

    Strategi yang menitikberatkan pada pertanyaan jangka panjang dan luas mengenai bisnis apa yang akan dimasuki oleh suatu organisasi dan apa yang diinginkan dalam bisnis tersebut.

  • STRATEGI INTERNASIONAL

    STRATEGI INTERNASIONAL?

    TAHUKAH ANDA?

    Strategi bisnis internasional memiliki ciri-ciri yang unik. Dalam menerapkan strategi tingkat bisnis internasional, kegiatan operasional suatu negara asal seringkali menjadi sumber keunggulan kompetitif yang paling penting. Sumber daya dan kapabilitas yang dibangun di negara asal secara berkala memungkinkan perusahaan menerapkan strategis tersebut di dalam pasar-pasar yang berlokasi di negara lain.
    Untuk mempelajari bagaimana praktek dari penerapan strategi internasional, bisa simak vide berikut ini :

    Mengembangkan strategi internasional bukan merupakan proses satu dimensi. Perusahaan biasanya menghasilakn manajemen strategi internasional dalam dua proses, formulasi strategi dan implementasi strategi. Secara sederhana, dapat diartikan formulasi strategi untuk memutuskan apa yang dilakukan dan implementasi strategi yang melakukannya.
    Dalam formulasi strategi, perusahaan menetapkan tujuan dan rencana strategis yang akan memimpin kepada pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Dalam formulasi strategi internasional, manajer mengembangkan, memperhalus, dan menyetujui dimana pasar yang akan mereka masuki atau keluar dan bagaimana cara yang balik baik untuk berkompetisi di masingmasing pasar tersebut.

    • Manajemen Strategis Internasional adalah perkembangan dari beberapa strategis internasional, yang merupakan kerangka kerja yang komperhensif untuk mencapai tujuan pokok suatu perusahaan. Secara konsep, terdapat beberapa kesamaan antara mengembangkan sebuah strategi dalam bersaing dalam sebuah negara dan mengembangkan satu strategi untuk bersaing pada beberapa negara. Namun, mengembangkan strategi internasional jauh lebih rumit dibandingkan dengan mengembangkan strategi domestik.+
      Silahkan download materi lebih lanjut disini ya!

    • Untuk memahami strategi internasional lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Untuk mendiskusikan materi ini, silahkan bisa mendiskusikan disini ya!
      Tuliskan saja permasalahan yang ada di lingkungan kita mengenai strategi internasional!
    • Manajemen Strategis Internasional adalah perkembangan dari beberapa strategis internasional, yang merupakan kerangka kerja yang komperhensif untuk mencapai tujuan pokok suatu perusahaan. Secara konsep, terdapat beberapa kesamaan antara mengembangkan sebuah strategi dalam bersaing dalam sebuah negara dan mengembangkan satu strategi untuk bersaing pada beberapa negara. Namun, mengembangkan strategi internasional jauh lebih rumit dibandingkan dengan mengembangkan strategi domestik.+
      Silahkan download materi lebih lanjut disini ya!

    • Untuk memahami strategi internasional lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Untuk mendiskusikan materi ini, silahkan bisa mendiskusikan disini ya!
      Tuliskan saja permasalahan yang ada di lingkungan kita mengenai strategi internasional!
    • Manajemen Strategis Internasional adalah perkembangan dari beberapa strategis internasional, yang merupakan kerangka kerja yang komperhensif untuk mencapai tujuan pokok suatu perusahaan. Secara konsep, terdapat beberapa kesamaan antara mengembangkan sebuah strategi dalam bersaing dalam sebuah negara dan mengembangkan satu strategi untuk bersaing pada beberapa negara. Namun, mengembangkan strategi internasional jauh lebih rumit dibandingkan dengan mengembangkan strategi domestik.+
      Silahkan download materi lebih lanjut disini ya!

    • Untuk memahami strategi internasional lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Untuk mendiskusikan materi ini, silahkan bisa mendiskusikan disini ya!
      Tuliskan saja permasalahan yang ada di lingkungan kita mengenai strategi internasional!
    • Manajemen Strategis Internasional adalah perkembangan dari beberapa strategis internasional, yang merupakan kerangka kerja yang komperhensif untuk mencapai tujuan pokok suatu perusahaan. Secara konsep, terdapat beberapa kesamaan antara mengembangkan sebuah strategi dalam bersaing dalam sebuah negara dan mengembangkan satu strategi untuk bersaing pada beberapa negara. Namun, mengembangkan strategi internasional jauh lebih rumit dibandingkan dengan mengembangkan strategi domestik.+
      Silahkan download materi lebih lanjut disini ya!

    • Untuk memahami strategi internasional lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Untuk mendiskusikan materi ini, silahkan bisa mendiskusikan disini ya!
      Tuliskan saja permasalahan yang ada di lingkungan kita mengenai strategi internasional!
  • ALIANSI STRATEGI

    Globalisasi ekonomi meningkatkan jalinan kerjasama antara pelaku ekonomi di berbagai kawasan.
    Syarat aliansi: bergesernya fokus perhatian dari ROI (Return on Investment) menjadi ROS (Return on Sale).
    Tujuan aliansi stratejik adalah memungkinkan suatu perusahaan atau grup untuk mencapai tujuan tertentu yang tidak dapat dicapai dengan usaha sendiri.

    • Faktor adanya aliansi strategi adalah :
      1. Adanya kebutuhan untuk bekerja sama untuk mencapai fleksibilitas, kompetensi inti, dan insentif yang berasal dari otonomi, pada waktu yang sama memanfaatkan sumber daya yang saling melengkapi bagi pembelajaran dan efisiensi.+
      2. Motif dan tujuan dibentuknya aliansi stratejik meliputi: Teknologi (know- how); Aset finansial; Persaingan; Akses pada segmen pasar; Akses terhadap input, output, dan pengalaman manajemen; Sumber daya dan kapabilitas yang saling melengkapi.

    • Untuk memahami materi lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Setelah mempelajari materi dan menyimak video di atas, silahkan bagi teman-teman yang mempunyai bahan diskusi atau permasalahan di lingkungan kita mengenai strategi aliasni, bisa diskusi sini ya!
    • Faktor adanya aliansi strategi adalah :
      1. Adanya kebutuhan untuk bekerja sama untuk mencapai fleksibilitas, kompetensi inti, dan insentif yang berasal dari otonomi, pada waktu yang sama memanfaatkan sumber daya yang saling melengkapi bagi pembelajaran dan efisiensi.+
      2. Motif dan tujuan dibentuknya aliansi stratejik meliputi: Teknologi (know- how); Aset finansial; Persaingan; Akses pada segmen pasar; Akses terhadap input, output, dan pengalaman manajemen; Sumber daya dan kapabilitas yang saling melengkapi.

    • Untuk memahami materi lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Setelah mempelajari materi dan menyimak video di atas, silahkan bagi teman-teman yang mempunyai bahan diskusi atau permasalahan di lingkungan kita mengenai strategi aliasni, bisa diskusi sini ya!
    • Faktor adanya aliansi strategi adalah :
      1. Adanya kebutuhan untuk bekerja sama untuk mencapai fleksibilitas, kompetensi inti, dan insentif yang berasal dari otonomi, pada waktu yang sama memanfaatkan sumber daya yang saling melengkapi bagi pembelajaran dan efisiensi.+
      2. Motif dan tujuan dibentuknya aliansi stratejik meliputi: Teknologi (know- how); Aset finansial; Persaingan; Akses pada segmen pasar; Akses terhadap input, output, dan pengalaman manajemen; Sumber daya dan kapabilitas yang saling melengkapi.

    • Untuk memahami materi lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Setelah mempelajari materi dan menyimak video di atas, silahkan bagi teman-teman yang mempunyai bahan diskusi atau permasalahan di lingkungan kita mengenai strategi aliasni, bisa diskusi sini ya!
    • Faktor adanya aliansi strategi adalah :
      1. Adanya kebutuhan untuk bekerja sama untuk mencapai fleksibilitas, kompetensi inti, dan insentif yang berasal dari otonomi, pada waktu yang sama memanfaatkan sumber daya yang saling melengkapi bagi pembelajaran dan efisiensi.+
      2. Motif dan tujuan dibentuknya aliansi stratejik meliputi: Teknologi (know- how); Aset finansial; Persaingan; Akses pada segmen pasar; Akses terhadap input, output, dan pengalaman manajemen; Sumber daya dan kapabilitas yang saling melengkapi.

    • Untuk memahami materi lebih lanjut, simak video berikut ya!
    • Setelah mempelajari materi dan menyimak video di atas, silahkan bagi teman-teman yang mempunyai bahan diskusi atau permasalahan di lingkungan kita mengenai strategi aliasni, bisa diskusi sini ya!
  • TATA KELOLA KORPORAT YANG BAIK

    Sistem tata kelola korporat terdiri dari :
    1. Berbagai peraturan yang menjelaskan hubungan antara pemegang saham, manajer, kreditor, pemerintah, dan stakeholders yang lain (menjelaskan hak dan kewajiban pihak tersebut).
    2. Berbagai mekanisme yang secara langsung ataupun tidak langsung menegakkan peraturan tersebut.
    Tujuan tata kelola korporat ialah untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholders).

    • Perspektif Luas (Perspektif Stakeholder)++ Seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang, pengurus (pengelola) perusahaan, pihak kreditur, pemerintah, karyawan, serta para pemegang kepentingan internal dan eksternal lainnya yang berkaitan dengan hak-hak dan kewajiban mereka atau dengan kata lain suatu sistem yang mengendalikan perusahaan. Tujuan tata kelola korporat ialah untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholders)+++. Perspektif Sempit (Perspektif Shareholder)++ Struktur dimana manajer pada berbagai tingkat organisasi dikendalikan melalui dewan direksi, struktur yang berkaitan, insentif eksekutif dan skema lainnya+++.
    • Untuk menunjang materi di atas, silahkan simak video berikut ya!
    • Silahkan beridkusi disini, dengan permasalahan yang belum dipahami mengenai materi tata kelola korporat yang sering terjadi pada lingkungan kita!

    • Perspektif Luas (Perspektif Stakeholder)++ Seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang, pengurus (pengelola) perusahaan, pihak kreditur, pemerintah, karyawan, serta para pemegang kepentingan internal dan eksternal lainnya yang berkaitan dengan hak-hak dan kewajiban mereka atau dengan kata lain suatu sistem yang mengendalikan perusahaan. Tujuan tata kelola korporat ialah untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholders)+++. Perspektif Sempit (Perspektif Shareholder)++ Struktur dimana manajer pada berbagai tingkat organisasi dikendalikan melalui dewan direksi, struktur yang berkaitan, insentif eksekutif dan skema lainnya+++.
    • Untuk menunjang materi di atas, silahkan simak video berikut ya!
    • Silahkan beridkusi disini, dengan permasalahan yang belum dipahami mengenai materi tata kelola korporat yang sering terjadi pada lingkungan kita!

    • Perspektif Luas (Perspektif Stakeholder)++ Seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang, pengurus (pengelola) perusahaan, pihak kreditur, pemerintah, karyawan, serta para pemegang kepentingan internal dan eksternal lainnya yang berkaitan dengan hak-hak dan kewajiban mereka atau dengan kata lain suatu sistem yang mengendalikan perusahaan. Tujuan tata kelola korporat ialah untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholders)+++. Perspektif Sempit (Perspektif Shareholder)++ Struktur dimana manajer pada berbagai tingkat organisasi dikendalikan melalui dewan direksi, struktur yang berkaitan, insentif eksekutif dan skema lainnya+++.
    • Untuk menunjang materi di atas, silahkan simak video berikut ya!
    • Silahkan beridkusi disini, dengan permasalahan yang belum dipahami mengenai materi tata kelola korporat yang sering terjadi pada lingkungan kita!

    • Perspektif Luas (Perspektif Stakeholder)++ Seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang, pengurus (pengelola) perusahaan, pihak kreditur, pemerintah, karyawan, serta para pemegang kepentingan internal dan eksternal lainnya yang berkaitan dengan hak-hak dan kewajiban mereka atau dengan kata lain suatu sistem yang mengendalikan perusahaan. Tujuan tata kelola korporat ialah untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholders)+++. Perspektif Sempit (Perspektif Shareholder)++ Struktur dimana manajer pada berbagai tingkat organisasi dikendalikan melalui dewan direksi, struktur yang berkaitan, insentif eksekutif dan skema lainnya+++.
    • Untuk menunjang materi di atas, silahkan simak video berikut ya!
    • Silahkan beridkusi disini, dengan permasalahan yang belum dipahami mengenai materi tata kelola korporat yang sering terjadi pada lingkungan kita!

  • STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI

    Struktur organisasi pada dasarnya merupakan konfigurasi peran formal, prosedur, tata kelola, mekanisme pengendalian, kewenangan, dan proses pengambilan kebijakan.
    Structure follows strategy: Struktur organisasi menyesuaikan dengan strategi yang dipilih dan diformulasikan. Silahkan simak video berikut ini untuk tahap awal mengetahui bagaimana struktur dan desain organisasi pada sebuah perusahaan.

  • KEPEMIMPINAN STRATEGI

    APA ITU KEPEMIMPINAN?

    BAGAIMANA DENGAN KEPEMIMPINAN STRATEGI?

    Kepemimpinan strategi adalah kemampuan untuk mengantisipasi, memberi inspirasi, mempertahankan fleksibilitas, dan memberdayakan orang lain untuk menciptakan perubahan stratejik yang diinginkan. Kepemimpinan stratejik perlu dikembangkan karena : - Kepemimpinan stratejik merupakan syarat bagi sukses tidaknya strategi - Banyak organisasi yang kinerjanya buruk akibat tidak dipimpin dengan baik atau terlalu banyak diatur

    Silahkan simak video ini untuk mempelajari tentang kepemimpinan strategi :

    Sebagai bahan diskusi teman-teman, bagaimana cara kepemimpinan oleh pengusaha kelas atas (Apple), silahkan simak video nya berikut ini :

    Empat macam karakter paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin : Honest (jujur) Forward-looking (selalu memandang ke depan) Inspiring (mampu memberikan inspirasi kepada bawahannya) Competent (mampu menjalankan semua tugas)

    • Tantangan bagi seorang pemimpin adalah mengarahkan komitmen semua orang dalam suatu perusahaan dan para stakeholder di luar perusahaan untuk meraih perubahan dan mengimplementasikan strategi yang dirumuskan. Pemimpin mengarahkan komitmen untuk mencapai perubahan dengan tiga aktivitas utama yang saling berkaitan: klarifikasi maksud stratejik (strategic intent), mengembangkan organisasi, dan membentuk budaya perusahaan.
      Silahkan download materi detailnya disini ya!

    • Silahkan menyimak video dari penjelasan kepemimpinan strategi berikut ini ya!

    • Silahkan teman-teman bisa berdiskusi disini mengenai permasalahan tentang kepemimpinan strategi ya!
    • Tantangan bagi seorang pemimpin adalah mengarahkan komitmen semua orang dalam suatu perusahaan dan para stakeholder di luar perusahaan untuk meraih perubahan dan mengimplementasikan strategi yang dirumuskan. Pemimpin mengarahkan komitmen untuk mencapai perubahan dengan tiga aktivitas utama yang saling berkaitan: klarifikasi maksud stratejik (strategic intent), mengembangkan organisasi, dan membentuk budaya perusahaan.
      Silahkan download materi detailnya disini ya!

    • Silahkan menyimak video dari penjelasan kepemimpinan strategi berikut ini ya!

    • Silahkan teman-teman bisa berdiskusi disini mengenai permasalahan tentang kepemimpinan strategi ya!
    • Tantangan bagi seorang pemimpin adalah mengarahkan komitmen semua orang dalam suatu perusahaan dan para stakeholder di luar perusahaan untuk meraih perubahan dan mengimplementasikan strategi yang dirumuskan. Pemimpin mengarahkan komitmen untuk mencapai perubahan dengan tiga aktivitas utama yang saling berkaitan: klarifikasi maksud stratejik (strategic intent), mengembangkan organisasi, dan membentuk budaya perusahaan.
      Silahkan download materi detailnya disini ya!

    • Silahkan menyimak video dari penjelasan kepemimpinan strategi berikut ini ya!

    • Silahkan teman-teman bisa berdiskusi disini mengenai permasalahan tentang kepemimpinan strategi ya!
    • Tantangan bagi seorang pemimpin adalah mengarahkan komitmen semua orang dalam suatu perusahaan dan para stakeholder di luar perusahaan untuk meraih perubahan dan mengimplementasikan strategi yang dirumuskan. Pemimpin mengarahkan komitmen untuk mencapai perubahan dengan tiga aktivitas utama yang saling berkaitan: klarifikasi maksud stratejik (strategic intent), mengembangkan organisasi, dan membentuk budaya perusahaan.
      Silahkan download materi detailnya disini ya!

    • Silahkan menyimak video dari penjelasan kepemimpinan strategi berikut ini ya!

    • Silahkan teman-teman bisa berdiskusi disini mengenai permasalahan tentang kepemimpinan strategi ya!
  • PENGENDALIAN, EVALUASI DAN KINERJA STRATEGI

    APA SAJA PENGENDALIAN, EVALUASI, DAN KINERJA STRATEGI SEBUAH PERUSAHAAN?

    Agar sistem pengendalian kontemporer efektif :
    • Harus fokus pada informasi yang terus berubah yang dapat diidentifikasi oleh manajer puncak sehingga mempunyai arti stratejik yang penting
    • Informasi harus cukup penting untuk dapat menarik perhatian manajer operasi pada semua tingkatan organisasi secara rutin dan terus-menerus
    • Data dan informasi yang dihasilkan oleh sistem pengendalian paling baik bila diinterpretasikan dan didiskusikan pada pertemuan tatap muka dengan atasan, bawahan, dan rekan bisnis
    • Sistem pengendalian kontemporer adalah katalis kunci bagi perdebatan tentang data, asumsi dan rencana aksi yang dilakukan terus-menerus
    • Dalam pengendalian startegi dibagi menjadi dua yaitu pendekatan tradisional dan pendekatan kontemporer. Pendekatan Tradisional mengikuti tahapan yang berurutan, yaitu: (1) strategi diformulasikan dan manajemen puncak menetapkan sasaran, (2) strategi diimplementasikan, dan (3) kinerja diukur berdasarkan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan Pendekatan Kontemporer dinamakan double-loop, dimana asumsi, dasar pemikiran, sasaran dan strategi organisasi dievaluasi, diuji, dan dikaji ulang secara terus-menerus.+
      Silahkan download materi lengkapnya disini ya!
    • Untuk lebih jelasnya penunjang materi, silahkan simak video berikut ini ya!
    • Silahkan berdiskusi disini untuk bisa mengetahui permasalahan yang ada dalam tema ini ya!

    • Dalam pengendalian startegi dibagi menjadi dua yaitu pendekatan tradisional dan pendekatan kontemporer. Pendekatan Tradisional mengikuti tahapan yang berurutan, yaitu: (1) strategi diformulasikan dan manajemen puncak menetapkan sasaran, (2) strategi diimplementasikan, dan (3) kinerja diukur berdasarkan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan Pendekatan Kontemporer dinamakan double-loop, dimana asumsi, dasar pemikiran, sasaran dan strategi organisasi dievaluasi, diuji, dan dikaji ulang secara terus-menerus.+
      Silahkan download materi lengkapnya disini ya!
    • Untuk lebih jelasnya penunjang materi, silahkan simak video berikut ini ya!
    • Silahkan berdiskusi disini untuk bisa mengetahui permasalahan yang ada dalam tema ini ya!

    • Dalam pengendalian startegi dibagi menjadi dua yaitu pendekatan tradisional dan pendekatan kontemporer. Pendekatan Tradisional mengikuti tahapan yang berurutan, yaitu: (1) strategi diformulasikan dan manajemen puncak menetapkan sasaran, (2) strategi diimplementasikan, dan (3) kinerja diukur berdasarkan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan Pendekatan Kontemporer dinamakan double-loop, dimana asumsi, dasar pemikiran, sasaran dan strategi organisasi dievaluasi, diuji, dan dikaji ulang secara terus-menerus.+
      Silahkan download materi lengkapnya disini ya!
    • Untuk lebih jelasnya penunjang materi, silahkan simak video berikut ini ya!
    • Silahkan berdiskusi disini untuk bisa mengetahui permasalahan yang ada dalam tema ini ya!

    • Dalam pengendalian startegi dibagi menjadi dua yaitu pendekatan tradisional dan pendekatan kontemporer. Pendekatan Tradisional mengikuti tahapan yang berurutan, yaitu: (1) strategi diformulasikan dan manajemen puncak menetapkan sasaran, (2) strategi diimplementasikan, dan (3) kinerja diukur berdasarkan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan Pendekatan Kontemporer dinamakan double-loop, dimana asumsi, dasar pemikiran, sasaran dan strategi organisasi dievaluasi, diuji, dan dikaji ulang secara terus-menerus.+
      Silahkan download materi lengkapnya disini ya!
    • Untuk lebih jelasnya penunjang materi, silahkan simak video berikut ini ya!
    • Silahkan berdiskusi disini untuk bisa mengetahui permasalahan yang ada dalam tema ini ya!