LMS-SPADA INDONESIA

DESKRIPSI MATA KULIAH :
Dalam mata kuliah ini akan dibahas bagaimana cara menyusun dan merumuskan strategi perusahaan atas dasar visi, misi perusahaan beserta dasar pemikiran SWOT analisis. Berbagai masalah yang berhubungan dengan penentuan strategi perusahaan yang menyeluruh juga merupakan bagian yang terpenting sebagai dasar penyajian agar terjadi pemikiran yang integral dan komprehensip terhadap perubahan.
POKOK BAHASAN MATERI :
| 1. Pengantar ekonomi strategi | 8. Strategi korporat |
| 2. Strategi dalam manajemen strategi | 9. Strategi internasional |
| 3. Lingkungan eksternal perusahaan : Analisis industri dan pesaing | 10. Strategi aliansi strategi |
| 4. Lingkungan internal : Sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti | 11. Tata kelola korporat yang baik |
| 5. Merumuskan visi dan misi | 12. Struktur dan desain organisasi |
| 6. Formulasi dan safari strategi | 13. Kepemimpinan strategi |
| 7. Strategi bersaing pada unit bisnis | 14. Pengendalian, evaluasi dan kinerja strategi |

CAPAIAN MATA KULIAH :
Setelah pembelajaran, setiap peserta didik diwajibkan menyelesaikan suatu kasus perusahan yang berkaitan dengan pembahasan di mata ajaran ini dan berdasarkan situasi perusahaan di Indonesia.




Secara umum, lingkungan perusahaan dapat dikategorikan ke dalam dua bagian besar, yakni lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Lingkungan eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri. Kategori lingkungan Eksternal perusahaan adalah sebagai berikut:
Lingkungan Umum

LINGKUNGAN INTERNAL PERUSAHAAN???
Berbalik dari lingkungan ekstrenal perusahaan, pengertian dari lingkungan internal perusahaan adalah lingkungan dalam perusahaan yang perludi identifikasi kekuatan dan kelemahannya. Untuk menganalisis lingkungan internal digunakan analisis SWOT dan simak video berikut untuk mengetahui contoh dari analisis SWOT!

APA ITU VISI???
DAN APA BEDANYA DENGAN MISI???
BAGAIMANA MERUMUSKAN VISI DAN MISI YANG BAIK DALAM PERUSAHAAN?






APA ITU FORMULASI STRATEGI??
Formulasi strategi adalah suatu tahap merumuskan, menyusun atau memformat strategi yang dimulai dengan pengembangan suatu visi, misi organisasi, mengidentifkasi peluang dan ancaman eksternal organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal, penentuan tujuan jangka panjang, untuk menghasilkan strategi alternatif dan strategi terpilih yang berkelanjutan.



STRATEGI KORPORAT???
Strategi yang menitikberatkan pada pertanyaan jangka panjang dan luas mengenai bisnis apa yang akan dimasuki oleh suatu organisasi dan apa yang diinginkan dalam bisnis tersebut.





STRATEGI INTERNASIONAL?
TAHUKAH ANDA?
Strategi bisnis internasional memiliki ciri-ciri yang unik. Dalam menerapkan strategi tingkat bisnis internasional, kegiatan operasional suatu negara asal seringkali menjadi sumber keunggulan kompetitif yang paling penting. Sumber daya dan kapabilitas yang dibangun di negara asal secara berkala memungkinkan perusahaan menerapkan strategis tersebut di dalam pasar-pasar yang berlokasi di negara lain.



































APA ITU KEPEMIMPINAN?
BAGAIMANA DENGAN KEPEMIMPINAN STRATEGI?
Kepemimpinan strategi adalah kemampuan untuk mengantisipasi, memberi inspirasi, mempertahankan fleksibilitas, dan memberdayakan orang lain untuk menciptakan perubahan stratejik yang diinginkan. Kepemimpinan stratejik perlu dikembangkan karena : - Kepemimpinan stratejik merupakan syarat bagi sukses tidaknya strategi - Banyak organisasi yang kinerjanya buruk akibat tidak dipimpin dengan baik atau terlalu banyak diaturSilahkan simak video ini untuk mempelajari tentang kepemimpinan strategi :
Sebagai bahan diskusi teman-teman, bagaimana cara kepemimpinan oleh pengusaha kelas atas (Apple), silahkan simak video nya berikut ini :










APA SAJA PENGENDALIAN, EVALUASI, DAN KINERJA STRATEGI SEBUAH PERUSAHAAN?







