Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan

    Selamat datang di mata kuliah Strategi dan Media Pembelajaran Ekonomi. Dalam perkuliahan ini, kita akan bersama-sama menjelajahi berbagai metode dan media yang efektif untuk mengajarkan mata pelajaran ekonomi. Tujuan utama mata kuliah ini adalah untuk:

    1. Mengenal dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran ekonomi, baik yang berbasis teori maupun praktik.
    2. Memahami beragam media pembelajaran, mulai dari media tradisional hingga teknologi digital, yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ekonomi.
    3. Mengembangkan kemampuan merancang dan memodifikasi media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pendidikan.
    4. Meningkatkan keterampilan evaluasi efektivitas strategi dan media pembelajaran yang telah diterapkan.
    5. Mengintegrasikan inovasi dalam pembelajaran ekonomi, termasuk pemanfaatan simulasi ekonomi, video pembelajaran, game edukasi, dan platform online.

    Dalam perkuliahan ini, kita akan menggunakan pendekatan yang interaktif dan aplikatif. Kegiatan perkuliahan akan mencakup diskusi, presentasi kelompok, analisis kasus, dan praktik dalam merancang media pembelajaran. Anda akan diberi kesempatan untuk merancang dan menerapkan strategi pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan konteks pengajaran di dunia nyata, baik menggunakan alat-alat konvensional maupun teknologi digital terbaru.

    Penilaian dalam perkuliahan ini akan meliputi:

    • Keaktifan dalam diskusi dan kerja kelompok,
    • Kualitas tugas individu dan kelompok,
    • Proyek akhir berupa rancangan pembelajaran ekonomi dengan media yang inovatif.

    Saya berharap kita dapat menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan kreatif, di mana setiap mahasiswa bisa berbagi pengalaman dan ide. Jangan ragu untuk bertanya atau berdiskusi jika ada konsep atau strategi yang kurang dipahami.

    Mari kita bersama-sama menciptakan pengalaman belajar yang bermanfaat, tidak hanya untuk diri kita sendiri sebagai calon pendidik, tetapi juga untuk siswa-siswa yang akan kita ajar di masa depan.

    Selamat belajar, semoga sukses!

  • Pertemuan 1. Konsep dasar dan hakikat Belajar

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu menganalisis hakekat belajar dan pembelajaran

    Tujuan Pembelajaran:

    • Memahami Konsep Dasar Belajar
    • Menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar
    • Menguraikan Hakikat Belajar sebagai Proses Perubahan Perilaku
    • Membedakan Antara Belajar dan Pembelajaran
    • Menerapkan Konsep Belajar dalam Konteks Pendidikan

  • Pertemuan 2. Pembelajaran Berorientasi Masalah

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu mengidentifikasi pembelajaran berorientasi masalah

    Tujuan Pembelajaran:

    • Mengenal konsep dasar Pembelajaran Berorientasi Masalah (Problem-Based Learning)
    • Menganalisis manfaat Pembelajaran Berorientasi Masalah

    • Menerapkan strategi Pembelajaran Berorientasi Masalah
    • Mengevaluasi efektivitas Pembelajaran Berorientasi Masalah
    • Mengembangkan keterampilan kolaboratif dan mandiri
  • Pertemuan 3. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran

    Capaian Pembelajaran:
    Mahasiswa mampu  memperagakan pemanfaatan media dalam pembelajaran

    Tujuan Pembelajaran:
    • Memahami Konsep Media Pembelajaran
    • Memilih Media Pembelajaran yang Tepat
    • Mengintegrasikan Media dalam Desain Pembelajaran
    • Mengaplikasikan Media Teknologi dalam Pembelajaran
    • Menganalisis Kelebihan dan Keterbatasan Media Pembelajaran
    • Mengevaluasi Efektivitas Penggunaan Media dalam Pembelajaran

  • Pertemuan 4. Media Pembelajaran Interaktif

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

    Mahasiswa mampu menghasilkan media pembelajaran interaktif


    Tujuan Pembelajaran:

    • Mahasiswa mampu mengidentifikasi media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik peserta didik.

    • Mahasiswa mampu menganalisis prinsip-prinsip desain interaktif yang efektif dalam pengembangan media pembelajaran.

    • Mahasiswa mampu merancang skenario media pembelajaran interaktif yang mendukung keterlibatan peserta didik secara aktif.

    • Mahasiswa mampu menggunakan berbagai perangkat lunak dan aplikasi untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan konten dan tujuan pembelajaran.

    • Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas media pembelajaran interaktif yang telah dibuat dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi.

  • Pertemuan 5. Hakekat, fungsi dan manfaat Media Pembelajaran

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu memahami hakekat, fungsi dan manfaat media pembelajaran

    Tujuan Pembelajaran:

    • Memahami konsep dasar media pembelajaran
    • Mengidentifikasi fungsi media pembelajaran
    • Menganalisis manfaat media pembelajaran
    • Mengevaluasi jenis-jenis media pembelajaran
    • Mengaplikasikan media pembelajaran secara efektif

  • Pertemuan 6. Macam-macam media pembelajaran

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu menguraikan macam-macam media pembelajaran


    Tujuan Pembelajaran:

    • Memahami Jenis-jenis Media Pembelajaran

    • Mengklasifikasikan Media Pembelajaran

    • Menilai Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran

    • Memilih Media Pembelajaran yang Tepat

    • Merancang Pembelajaran dengan Berbagai Media


  • Pertemuan 7. Strategi Pembelajaran Interaktif

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu memilih strategi pembelajaran interaktif

    Tujuan Pembelajaran: 

    • Mahasiswa dapat menganalisis berbagai jenis strategi pembelajaran interaktif 
    • Mahasiswa dapat merancang rencana pembelajaran yang mengintegrasikan strategi interaktif
    • Mahasiswa dapat mengimplementasikan teknik-teknik pembelajaran interaktif 
    • Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran interaktif yang diterapkan


  • Pertemuan 8,9,10 UTS (Penugasan Proyek)

    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

    Deskripsi Proyek: Mahasiswa diminta untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas. Media ini harus dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memudahkan pemahaman materi pelajaran.

    Tujuan Proyek:

    1. Mengembangkan keterampilan dalam merancang media pembelajaran.
    2. Meningkatkan pemahaman tentang teknologi pendidikan.
    3. Mendorong kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran.

    Langkah-langkah Proyek:

    1. Pilih Topik Pembelajaran:

      • Pilih satu topik yang relevan dalam MK. Pengantar Ilmu Ekonomi
      • Pastikan topik tersebut memiliki potensi untuk disajikan dalam bentuk interaktif.
    2. Riset dan Analisis Kebutuhan:

      • Lakukan riset tentang kebutuhan siswa terkait topik yang dipilih.
      • Identifikasi tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami materi.
    3. Rancang Media Pembelajaran:

      • Tentukan jenis media interaktif yang akan digunakan (misalnya, aplikasi, website, video interaktif, kuis online, atau permainan edukatif).
      • Buatlah sketsa atau prototype media tersebut.
    4. Pengembangan Konten:

      • Kembangkan konten yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
      • Sertakan elemen interaktif seperti kuis, animasi, atau simulasi yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa.
    5. Uji Coba:

      • Lakukan uji coba media pembelajaran yang telah dibuat kepada sekelompok siswa.
      • Kumpulkan umpan balik dari siswa tentang pengalaman mereka menggunakan media tersebut.
    6. Revisi dan Penyempurnaan:

      • Berdasarkan umpan balik, lakukan revisi dan perbaikan pada media pembelajaran.
      • Pastikan media tersebut mudah diakses dan digunakan.
    7. Presentasi:

      • Siapkan presentasi untuk memamerkan media pembelajaran yang telah dibuat.
      • Jelaskan proses pengembangan, tantangan yang dihadapi, dan bagaimana media tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran.

    Format Pengumpulan:

    • Media pembelajaran dalam bentuk digital (file aplikasi, link website, video, dll.)
    • Laporan proyek (5-10 halaman) yang mencakup semua langkah di atas.
    • Presentasi (maksimal 10 slide) yang menampilkan hasil proyek.

    Kriteria Penilaian:

    • Kreativitas dan orisinalitas media pembelajaran.
    • Kesesuaian konten dengan tujuan pembelajaran.
    • Kualitas interaktivitas dan kemudahan penggunaan.
    • Presentasi yang jelas dan informatif.

    Batas Waktu:

    • Proyek ini harus diselesaikan dalam waktu 3 minggu.

  • Pertemuan 11. Menyusun media infografis

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu menyusun media pembelajaran infografis

    Tujuan Pembelajaran:

    • Mahasiswa dapat menjelaskan konsep infografis dan fungsinya dalam menyampaikan informasi secara visual.
    • Mahasiswa dapat menganalisis konten yang relevan untuk diubah menjadi infografis, termasuk pemilihan data dan informasi yang tepat.
    • Mahasiswa dapat merancang elemen visual yang efektif, termasuk pemilihan warna, font, dan tata letak, untuk menciptakan infografis yang menarik dan informatif.
    • Mahasiswa dapat menggunakan alat atau perangkat lunak desain grafis untuk menyusun infografis, seperti Canva, Piktochart, atau Adobe Spark.
    • Mahasiswa dapat mengevaluasi infografis yang dibuat oleh teman sekelas dengan memberikan umpan balik konstruktif berdasarkan kriteria desain dan efektivitas penyampaian informasi.
    • Mahasiswa dapat mempresentasikan infografis yang telah disusun kepada kelas, menjelaskan proses pembuatan dan pilihan desain yang diambil.


  • Pertemuan 12. Penyusunan Modul Elektronik

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu menyusun modul elektronik

    Tujuan Pembelajaran:

    • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar modul elektronik, fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan modul cetak.
    • Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan siswa dan kurikulum dalam penyusunan modul elektronik yang relevan dan efektif.
    • Mahasiswa mampu merancang struktur modul elektronik yang sistematis, mulai dari tujuan pembelajaran, konten, hingga penilaian akhir.
    • Mahasiswa mampu memasukkan elemen interaktif (video, kuis, simulasi, dll.) ke dalam modul elektronik untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
    • Mahasiswa mampu melakukan evaluasi terhadap modul elektronik yang telah disusun, berdasarkan umpan balik pengguna, serta melakukan revisi jika diperlukan.
    • Mahasiswa mampu mengaplikasikan modul elektronik dalam konteks pembelajaran yang sebenarnya, dan mengukur efektivitasnya terhadap pencapaian hasil belajar.


  • Pertemuan 13. Hybrid Learning

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu menelaah implementasi pembelajaran hybrid learning

    Tujuan Pembelajaran:

    • Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Hybrid Learning
    • Merancang Strategi Hybrid Learning
    • Menggunakan Teknologi dalam Hybrid Learning
    • Mengukur Efektivitas Pembelajaran Hybrid
    • Mengembangkan Modul Pembelajaran untuk Hybrid Learning

  • Pertemuan 14. Blended Learning

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu menelaah implementasi pembelajaran blended learning

    Tujuan Pembelajaran:

    • Memahami Konsep Blended Learning
    • Mengidentifikasi Komponen Blended Learning
    • Menganalisis Kelebihan dan Tantangan Blended Learning
    • Merancang Model Pembelajaran Blended Learning
    • Mengintegrasikan Teknologi dalam Blended Learning
    • Mengevaluasi Efektivitas Blended Learning


  • Pertemuan 15. Evaluasi pembelajaran Daring

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mamapu mengevaluasi pembelajaran Daring

    Tujuan Pembelajaran:

    • Menganalisis Metode Evaluasi: Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai metode evaluasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring, seperti penilaian formatif, sumatif, dan autentik.

    • Mendesain Alat Evaluasi: Mahasiswa dapat merancang alat evaluasi yang efektif untuk pembelajaran daring, termasuk rubrik penilaian dan instrumen pengukuran yang sesuai.

    • Menggunakan Data untuk Perbaikan Pembelajaran: Mahasiswa dapat mengumpulkan dan menganalisis data.


  • Pertemuan 16. UAS

    Tugas akhir ini merupakan presentasi proyek di mana mahasiswa diminta untuk mempresentasikan pembelajaran inovatif yang telah dibuat dalam bentuk media interaktif pada pertemuan 8,9, dan 10.  Presentasi ini bertujuan untuk menilai pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep yang telah diajarkan, serta kemampuan mereka dalam menerapkan teori ke dalam praktik.

    Struktur Presentasi:

    Presentasi proyek harus mencakup komponen berikut:

    1. Pendahuluan:

      • Perkenalan diri dan penjelasan singkat tentang topik yang dipilih.
      • Alasan pemilihan topik dan relevansinya dalam konteks pendidikan.
    2. Analisis Kebutuhan:

      • Ringkasan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan (karakteristik siswa, tantangan, dan konteks).
      • Penjelasan tentang bagaimana analisis ini mempengaruhi rencana pembelajaran yang disusun.
    3. Tujuan Pembelajaran:

      • Penyampaian tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur.
      • Penjelasan tentang pentingnya tujuan tersebut dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan.
    4. Strategi dan Media Pembelajaran:

      • Deskripsi strategi pembelajaran yang dipilih (misalnya, pembelajaran berbasis proyek, kolaboratif, dsb.).
      • Identifikasi media pembelajaran yang digunakan dan bagaimana media tersebut mendukung strategi yang telah ditentukan
      • Tampilkan beberapa contoh media pembelajaran yang telah dikembangkan (misalnya, handout, video, presentasi)
    5. Rencana Evaluasi:

      • Penjelasan tentang metode evaluasi yang akan digunakan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran.
      • Diskusikan bagaimana umpan balik dari siswa akan digunakan untuk perbaikan di masa mendatang.
    6. Kesimpulan:

      • Ringkasan poin-poin utama dari presentasi.
      • Harapan dan prospek untuk penerapan rencana pembelajaran dalam konteks nyata.

    Format Presentasi:

    • Durasi presentasi: 10-15 menit, diikuti dengan sesi tanya jawab selama 5-10 menit.
    • Mahasiswa dapat menggunakan alat bantu visual, seperti slide presentasi (PowerPoint, Google Slides), poster, atau media lainnya.
    • Pastikan presentasi disusun dengan jelas dan menarik, dengan pengorganisasian informasi yang logis.

    Penilaian:

    Presentasi akan dinilai berdasarkan kriteria berikut:

    • Kejelasan dan relevansi informasi yang disampaikan.
    • Kualitas analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran.
    • Kreativitas dalam pemilihan strategi dan media pembelajaran.
    • Kualitas materi pembelajaran yang ditampilkan.
    • Kemampuan komunikasi dan presentasi (termasuk bahasa tubuh, kontak mata, dan penggunaan alat bantu visual).