Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • GEOMETRI TRANSFORMASI


    Dosen Pengampu

      Nama : NUR EVA ZAKIAH
    Email: nurevazakiah@unigal.ac.id

    Mata Kuliah   :   GEOMETRI TRANSFORMASI
    Kode   :   KMT5321
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Matematika
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Galuh

    Pada mata kuliah ini mahasiswa mengkaji tentang konsep-konsep dasar dan lanjutan dalam geometri transformasi mencakup relasi, fungsi, dan berbagai jenis transformasi geometri seperti relasi, fungsi dan transformasi, isometri dan pencerminan, setengah putaran, ruas garis berarah, translasi, rotasi, refleksi geser, grup isometri, teorema dasar isometri, similaritas, dan dilatasi. Pembelajaran mengintegrasikan isu Sustainable Development Goals (SDGs) dengan menekankan pada pemahaman konsep, pembuktian matematis, penggunaan representasi matriks, serta penerapan transformasi dalam penyelesaian masalah geometris secara analitis dan visual berbantuan Geogebra. Mahasiswa juga dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis melalui diskusi, latihan, dan tugas berbasis proyek atau kasus.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. CPMK-1: Mahasiswa mampu menunjukkan sikap tanggung jawab, mandiri, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal dalam penerapan transformasi geometri dalam konteks kehidupan nyata
      • Mampu memahami keterkaitan relasi dan fungsi dengan transformasi geometri
      • Mampu menjelaskan konsep isometri dan contoh-contohnya dalam konteks budaya, kearifan lokal dan kehidupan sehari-hari
    2. CPMK-2: Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim untuk menganalisis permasalah transformasi geometri dalam kontek kearifan lokal, budaya dan kehidupan sehari-hari melalui penggunaan aplikasi teknologi
      • Mampu memecahkan masalah kontekstual melalui konsep refleksi dengan menggunakan Software Geometri
      • Mampu menganalisis keterkaitan setengah putaran, ruas garis berarah dan translasi melalui bantuan Software Geometri serta mencari konteks yang relevan di lingkungan sekitar
      • Mampu menguraikan masalah kontekstual melalui konsep rotasi dengan menggunakan Software Geometri dan Simulasi Virtual Reality
    3. CPMK-3: Mahasiswa mampu memvalidasi dan menyajikan komposisi isometri (refleksi, rotasi, translasi, refleksi geser, dan komposisinya) dengan pendekatan pedagogik berbasis teknologi.
      • Mampu memvalidasi konsep refleksi geser sebagai hasil dari komposisi berbagai isometri (refleksi, translasi, dan rotasi) dengan software geometri
      • Mampu mengonstruksi penyajian komposisi isometri yang komprehensif secara efektif dan efisien dalam berbagai bentuk
    4. CPMK-4: Mahasiswa mampu merancang konten pembelajaran geometri transformatif berbantuan teknologi yang relevan dengan konteks kehidupan dan kearifan lokal.
      • Mampu merancang konten matematis berbantuan Software Geometri berkaitan dengan teori kesebangunan pada konteks sehari-hari dari berbagai fenomena kearifan lokal

      Unduh RPS
  • Pertemuan ke-1: Relasi, fungsi dan definisi tranformasi geometri

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-1 ini adalah mahasiswa mampu memahami keterkaitan relasi dan fungsi dengan transformasi geometri.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu: Relasi, Fungsi, dan Definisi Transformasi Geometri
  • Pertemuan ke-2: Cakupan materi transformasi geometri sekolah menengah dan lanjut

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-2 ini adalah mahasiswa mampu memahami keterkaitan relasi dan fungsi dengan transformasi geometri.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu: Cakupan materi transformasi geometri sekolah menengah dan lanjut.
  • Pertemuan ke-3: Isometri dan fenomenanya dalam masalah nyata

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-3 ini adalah mahasiswa mampu menjelaskan konsep isometri dan contoh-contohnya dalam konteks budaya, kearifan lokal, dan kehidupan sehari-hari.
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu: Isometri dan fenomenanya dalam masalah nyata.
    • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan isometri secara tepat dan lengkap pada fenomena budaya lokal dan kehidupan sehari-hari.

    • Opened: Thursday, 11 September 2025, 7:00 AM
      Due: Wednesday, 17 September 2025, 11:59 AM

      Menentukan jenis isometri yang muncul, menjelaskan sifat-sifatnya, dan menyajikan hasil analisis dalam bentuk laporan singkat atau presentasi.

    • Opened: Thursday, 11 September 2025, 7:00 AM
      Due: Wednesday, 17 September 2025, 11:59 AM

      Menyusun esai yang mencakup:
      * Penjelasan konsep isometri;
      * Contoh penerapan dalam budaya lokal (batik, ukiran, arsitektur, anyaman);
      * Contoh dalam kehidupan sehari-hari (cermin, pola lantai, bayangan); dan
      * Refleksi pribadi tentang pentingnya mengaitkan matematika dengan realitas sosial dan budaya

  • Pertemuan ke-4: Konsep refleksi dalam transformasi geometri

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-4 ini adalah mahasiswa mampu memecahkan masalah kontekstual melalui konsep refleksi dengan menggunakan Software Geometri
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Konsep refleksi dalam transformasi geometri
  • Pertemuan ke 5: Refleksi dalam kapita selekta transformasi geometri melalui pemanfaatan Geogebra

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 5 ini adalah Mampu memecahkan masalah kontekstual melalui konsep refleksi dengan menggunakan Software Geometri
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Refleksi dalam kapita selekta transformasi geometri melalui pemanfaatan Geogebra
  • Pertemuan ke 6: Setengah putaran dan ruas garis berarah melalui Sketchpad

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 6 ini adalah Mampu menganalisis keterkaitan setengah putaran, ruas garis berarah dan translasi melalui bantuan Software Geometri serta mencari konteks yang relevan di lingkungan sekitar
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Setengah putaran dan ruas garis berarah
  • Pertemuan ke 7: Konsep translasi melalui Geogebra

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Mampu menganalisis keterkaitan setengah putaran, ruas garis berarah dan translasi melalui bantuan Software Geometri serta mencari konteks yang relevan di lingkungan sekitar
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Konsep translasi melalui Geogebra
  • Pertemuan ke 8: UTS

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 8 ini adalah
    1. Mampu memahami keterkaitan relasi dan fungsi dengan transformasi geometri
    2. Mampu memecahkan masalah kontekstual melalui konsep refleksi dengan menggunakan Software Geometri
    3. Mampu menganalisis keterkaitan setengah putaran, ruas garis berarah dan translasi melalui bantuan Software Geometri serta mencari konteks yang relevan di lingkungan sekitar

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu
    1. Relasi dan fungsi
    2. Konsep refleksi dalam transformasi geometri
    3. Berbagai contoh konsep refleksi dalam kapita selekta transformasi geometri melalui Geogebra
    4. Setengah putaran dan ruas garis berarah melalui Sketchpad
    5. Konsep translasi melalui Geogebra
    • Opened: Thursday, 16 October 2025, 7:00 AM
      Due: Thursday, 16 October 2025, 9:00 AM

      Ujian Tengah Semester (UTS) Geometri Transformasi untuk mengukur kemampuan mahasiswa pada:

      • Sub CPMK-1 : Mampu memahami keterkaitan relasi dan fungsi dengan transformasi geometri
      • ⁠Sub CPMK-3 : Mampu memecahkan masalah kontekstual melalui konsep refleksi dengan menggunakan software geometri
      • ⁠Sub CMPK-4 : Mampu menganalisis keterkaitan setengah putaran, ruas garis berarah dan translasi melalui bantuan software geometri serta mencari konteks yang relevan di lingkungan sekitar
  • Pertemuan ke 9: Konsep rotasi dalam transformasi geometri dengan Virtual Reality

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 9 ini adalah Mampu menguraikan masalah kontekstual melalui konsep rotasi dengan menggunakan Software Geometri dan Simulasi Virtual Reality
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Konsep rotasi dalam transformasi geometri dengan Virtual Reality
  • Pertemuan ke 10: Matriks-matriks rotasi dengan Geogebra

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Mampu menguraikan masalah kontekstual melalui konsep rotasi dengan menggunakan Software Geometri dan Simulasi Virtual Reality
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Matriks-matriks rotasi dengan Geogebra
  • Pertemuan ke 11: Refleksi geser

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Mampu memvalidasi konsep refleksi geser sebagai hasil dari komposisi berbagai isometri (refleksi, translasi, dan rotasi) dengan software geometri
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Refleksi geser
  • Pertemuan ke 12: Grup isometri

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Mampu mengonstruksi penyajian komposisi isometri yang komprehensif secara efektif dan efisien dalam berbagai bentuk
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Grup isometri
    • Opened: Wednesday, 12 November 2025, 1:00 PM

      Pada bagian ini mahasiswa diajak mengingat kembali komposisi dari 4 jenis transformasi dan memeriksa 4 sifat grup untuk dalam isometri. Penggunaan Geogebra akan sangat membantu mahasiswa memahami secara otentik komposisi isometri. Terdapat elaborasi kontekstual dalam pertemuan ini yakni Motif Batik Kawung  menggambarkan sifat Grup Isometri yang di dalamnya terkandung berbagai komposisi transformasi.

    • Opened: Wednesday, 12 November 2025, 1:00 PM
    • Para mahasiswa silahkan mengisi kuesioner setelah mengikuti perkuliahan Geometri Transformasi pada pertemuan ke-12:

      Materi: Grup Isometri

      Mode: Asinkronus

      Dosen: Dr. Eko Yulianto, M.Pd.

       

      Kuesioner ini bertujuan untuk mendapatkan feedback dari mahasiswa selesai mengikuti perkuliahan. Masukan dan saran dari mahasiswa sangat berarti untuk proses perbaikan selanjutnya. Terima kasih atas segala perhatian dan kerja sama baiknya.

       

      Salam hangat,

      Tim PDK

  • Pertemuan ke 13: Similaritas

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Mampu merancang konten matematis berbantuan Software Geometri berkaitan dengan teori kesebangunan pada konteks sehari-hari dari berbagai fenomena kearifan lokal
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Similaritas dan Dilatasi
  • Pertemuan ke 14: Dilatasi dengan Geogebra

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 14 ini adalah Mampu merancang konten matematis berbantuan Software Geometri berkaitan dengan teori kesebangunan pada konteks sehari-hari dari berbagai fenomena kearifan lokal
    Waktu: Kamis, 27 November 2025 12.30 WB
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Dilatasi dengan Geogebra
  • Pertemuan ke 15: Teorema similaritas (kesebangunan)

    Zoom Meeting

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 15 ini adalah Mampu merancang konten matematis berbantuan Software Geometri berkaitan dengan teori kesebangunan pada konteks sehari-hari dari berbagai fenomena kearifan lokal
    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Teorema similaritas (kesebangunan)
  • Pertemuan ke 16: Diseminasi

    Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus
    Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu



    Capaian pembelajaran di pertemuan ke 16 ini adalah
    1. Mampu memecahkan masalah kontekstual melalui konsep refleksi dengan menggunakan Software Geometri
    2. Mampu menganalisis keterkaitan setengah putaran, ruas garis berarah dan translasi melalui bantuan Software Geometri serta mencari konteks yang relevan di lingkungan sekitar
    3. Mampu menguraikan masalah kontekstual melalui konsep rotasi dengan menggunakan Software Geometri dan Simulasi Virtual Reality
    4. Mampu merancang konten matematis berbantuan Software Geometri berkaitan dengan teori kesebangunan pada konteks sehari-hari dari berbagai fenomena kearifan lokal

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Diseminasi Project