Setelah Anda mempelajari mengenai Perilaku Konsumen dan Proses Pengambilan Keputusan Pembelianpada video sebelumnya, pada bagian ini Anda akan mempelajari:
The Six C’s:
Cost
Convenience of Buying
Concept
Communication
CRM (Consumer Relation Management)
Consistency
Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah video berikut ini.
Silahkan Anda kerjakan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Kuis Pertemuan 1 Quiz
Not available unless: The activity Tugas Pertemuan 1 is marked complete
Pertemuan 2 - Mengkoordinasikan Sales Promotion dengan IMC Tools Lainnya
Selamat datang dalam online learning Promotion Management, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari tentang Mengkoordinasikan Sales Promotion dengan IMC Tools Lainnya.
Seperti yang kita ketahui bahwa Marketing Communication memiliki beberapa tools antara lain: iklan, sales promotion, personal selling, direct marketing, public relations, interactive marketing, dan special event. Untuk dapat mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan baik, tools dalam marketing communication harus didukung dengan tools yang lainya. Dengan kata lain masing-masing tools memiliki peran complimentary atau saling mendukung dan melengkapi. Hal tersebut disebut dengan integrated marketing communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu.
Untuk lebih lengkapnya mengenai IMC tools silakan kalian simak video dibawah ini.
Setelah kita mempelajari mengenai IMC tools pada video sebelumnya, pada bagian ini kita akan mempelajari cara mengoordinasikan sales promotion dengan IMC tools yang lainnya. Ada tiga hal yang perlu
diperhatikan dalam mengoordinasikan sales promotion dengan IMC tools yang lainnya yaitu; budget allocation, coordination of ads and promotion themes, dan media support and planning. Untuk
lebih lengkapnya silakan kalian simak video berikut ini:
Silahkan Anda kerjakan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Kuis Pertemuan 2 Quiz
Not available unless: The activity Tugas Pertemuan 2 is marked complete
Pertemuan 3 - Sales Promotion Roles, Functions, and Benefits
Selamat datang dalam online learning Promotion Management, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari tentang Sales Promotion Roles, Functions, and Benefits.
Dalam kegiatan Promotion Management,terdapat menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu produk atau jasa kepada pasar sasaranyakni Sales Promotion. Dalam hal ini kalian akan berfikir bagaimana cara yang tepat dan efektif dalam mengenalkan produk kalian dengan berbagai teknik promosi. Untuk lebih lengkapnya mengenai Sales Promotion silakan kalian pelajari modul berikut ini!
Gunakanlah browser yang paling up-to-date dan mendukung HTML5.
Silahkan Anda kerjakan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Kuis Pertemuan 3 Quiz
Not available unless: The activity Tugas Pertemuan 3 is marked complete
Pertemuan 4 - Consumer-Oriented Sales Promotion
Halo Rekan-rekan Mahasiswa, selamat datang di kelas online Mata Kuliah Promotion Management. Pada pertemuan ini kalian akan mempelajari tentang Consumer-Oriented Sales Promotion.
Monetary sales promotion adalah tools/alat dari sales promotion yang memberikan insentif secara langsung kepada calon pembeli. Insentif di sini berarti memberikan potongan harga secara langsung. Dengan adanya insentif ini pembeli merasa bahwa pembeliannya lebih hemat daripada yang lainnya.
Untuk memahami Monetary Sales Promotion, simaklah video berikut ini!
Nonmonetary
sales promotion merupakan alternatif dari price-based sales promotion atau sales promotion berdasarkan pengurangan harga. Nonmonetary sales promotion bertujuan memberikan nilai tambah pada produk daripada memberikan pengurangan
harga.
Untuk memahami Nonmonetary
Sales Promotion, simaklah video berikut ini!
Setelah Anda mempelajari materi, ikutilah Forum Diskusi, Tugas Online, dan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Selanjutnya pada forum diskusi ini, Anda diminta untuk menjawab atau memberikan tanggapan terhadap pertanyaan berdasarkan pengalaman serta pemahaman Anda mengenai materi-materi sebelumnya.
Selamat datang dalam online learning mata kuliah Promotion Management. Pada pertemuan ini, Anda akan mempelajari materi mengenai Trade-Oriented Sales Promotion .
Silahkan Anda pelajari materi mengenai metode promosi penjualan yang berorientasi pada perdagangan (Trade-Oriented Sales Promotion) pada slide yang terlampir di bawah ini.
Dalam memasarkan sebuah produk, Pemasar perlu mempertimbangkan bermacam metode promosi, salah satunya dengan mempertimbangkan apa yang ingin dicapai. Trade-Oriented Sales Promotiondapat digunakan ketika pemasar bertujuan untuk memperoleh distribusi, mendapatkan dukungan produk baru dan mempertahankan dukungan perdagangan
Untuk memahami materi mengenai Objective of Trade-Oriented Sales Promotion, simaklah video yang terlampir di bawah ini!
Terdapat beberapa tipe promosi penjualan yang berorientasi perdagangan (types of trade-oriented sales promotion) yaitu seperti contest and incentives, trade allowances, display and point of purchase (POP) material, sales training program, trade shows, dan cooperative advertising.
Untuk memahami materi mengenai Types of Trade-Oriented Sales Promotion, simaklah video yang terlampir di bawah ini!
Selanjutnya pada forum diskusi di bawah ini, Anda diminta untuk menjawab atau memberikan tanggapan terhadap pertanyaan berdasarkan pengalaman serta pemahaman Anda setelah mempelajari materi-materi sebelumnya.
Selamat, Anda hampir menyelesaikan seluruh kegiatan pada sesi ini! Silahkan Anda kerjakan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Salah satu promosi yang sekarang ini dikenal dan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menarik konsumen dengan malalui media informasi yaitu melalui internet. Internet membuat konsumen mendapatkan informasi mengenai apa yang ingin mereka ketahui dengan sangat cepat dan memungkinkan setiap orang untuk dapat melakukan kegiatan di e-commerce, entah sebagai konsumen, maupun konsumen sebagai penjual.
Untuk memahami Adaptasi dan tujuan penggunaan internet untuk kegiatan sales promotion, simaklah video berikut ini.
Setelah Anda mempelajari mengenai Adaptasi dan tujuan penggunaan internet untuk kegiatan sales promotion pada video sebelumnya, pada bagian ini Anda akan mempelajari Kegiatan periklanan dan sales promotion yang dilakukan melalui internet.
Sales promotion adalah alat pemasaran penting dalam bisnis saat ini. Dalam bisnis consumer packaged goods, sales promotion menguasai porsi yang lebih besar dari anggaran pemasaran daripada iklan (Kotler, 2017).
Salah satu teknik sales promotion yang kini gencar dilakukan melalui internet adalah couponing/voucher dan contest/sweeptakes. Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah video berikut ini.
Ketika merancang sebuah kegiatan sales promotion, tujuan utama yang harus dimiliki oleh perusahaan adalah untuk menambahkan nilai atau added value terhadap produk atau brand yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, sehingga dari nilai tersebut kepuasan pelanggan akan dapat dicapai. Pada video berikut ini akan dijelaskan sebuah contoh kegiatan sales promotion yang dilakukan oleh sebuah bisnis e-commerce. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak video berikut ini.
Setelah kalian mempelajari kegiatan sales promotion yang dilakukan oleh sebuah bisnis e-commerce, berikut ini akan dijelaskan kegiatan sales promotion yang dilakukan oleh sebuah bisnis retail. Untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak video dibawah ini
Silahkan Anda kerjakan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Kuis Pertemuan 7 Quiz
Not available unless: The activity Tugas Pertemuan 7 is marked complete
Pertemuan 8 - Sales Promotion Based on Product Classification and Distribution Channel
Halo Rekan-rekan Mahasiswa, selamat datang di kelas online Mata Kuliah Promotion Management. Pada pertemuan ini kalian akan mempelajari tentang Sales Promotion Based on Product Classification and Distribution Channel.
Silahkan Anda pelajari materi mengenai sales promotion based on product classification and distribution channelpada slide yang terlampir pada bagian ini.
Product characteristic berbeda dengan product
classification. Product characteristic didefinisikan sebagai kumpulan dari
karakteristik fisik dan psikologis yang diterima pembeli ketika mereka
melakukan pembelian. Sedangkan product classification terdiri dari empat
bagian, yaitu convenience product, shopping product, specialty product, dan unsought
product.
Untuk memahami Sales
Promotion Berdasarkan Product Classification, simaklah video berikut ini!
Terdapat tiga distribution channel yang dimiliki perusahaan, yaitu supermarket industry, hardware and home improvement, dan department store. Industri supermarket memiliki tingkat persaingan ketat dan membutuhkan inovasi yang terus menerus dilakukan.
Untuk memahami Sales Promotion Berdasarkan Distribution Channel, simaklah video berikut ini!
Setelah Anda mempelajari materi, ikutilah Forum Diskusi, Tugas Online, dan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Selanjutnya pada forum diskusi ini, Anda diminta untuk menjawab atau memberikan tanggapan terhadap pertanyaan berdasarkan pengalaman serta pemahaman Anda setelah mempelajari materi-materi sebelumnya.
Silahkan Anda kerjakan Kuis berikut ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Kuis Pertemuan 8 Quiz
Not available unless: The activity Tugas Pertemuan 8 is marked complete
Pertemuan 9 - Sales Promotion Technique for Millenials and Gen Z
Selamat datang dalam online learning mata kuliah Promotion Management. Pada pertemuan ini, Anda akan mempelajari materi mengenai Sales Promotion Technique for Millenials and Gen Z .
Dalam memasarkan sebuah produk, pemasar perlu mempertimbangkan bermacam karakteristik konsumen. Dalam pembahasan ini akan dipaparkan karakteristik Generasi Milenial dan Z, dengan memahami perilaku dan kebiasaan generasi ini, maka akan membuka peluang bagi para pemilik brand dan pemasar untuk dapat membangun hubungan jangka panjang dengan mereka.
Untuk memahami materi mengenai Karakteristik Generasi Milenial dan Z, simaklah video yang terlampir di bawah ini! (PS: Di dalam video akan diselingi dengan kuis singkat, Anda wajib menjawab kuis tersebut untuk dapat menyelesaikan kegiatan ini).
Terdapat beberapa sales promotion technique untuk Generasi
Milenial dan Z berdasarkan karakteristiknya yaitu: sales
promotion on special event, dan sales
promotion on social media.
Untuk memahami materi mengenai Sales Promotion Technique
untuk Generasi Milenial dan Z, simaklah video yang terlampir di bawah ini! (PS: Di dalam video akan diselingi dengan kuis singkat, Anda wajib menjawab kuis tersebut untuk dapat menyelesaikan kegiatan ini).
Selanjutnya pada forum diskusi di bawah ini, Anda diminta untuk menjawab atau memberikan tanggapan terhadap pertanyaan berdasarkan pengalaman serta pemahaman Anda setelah mempelajari materi-materi sebelumnya.
Selamat, Anda hampir menyelesaikan seluruh kegiatan pada sesi ini! Silahkan Anda kerjakan kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Materi kita yang pertama akan membahas tentang definisi personal selling, personal selling plus point, dan pengetahuan apa yang harus dimiliki oleh seorang sales personal. Untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak dan pelajari video berikut.
Setelah Anda mempelajari mengenai Pengertian dan Peran Personal Selling Interactive pada video sebelumnya, pada bagian ini Anda akan mempelajari Hubungan Personal Selling dan Kegiatan Sales Promotion Interactive.
Setelah Anda mempelajari mengenai Hubungan Personal Selling dan Kegiatan Sales Promotion pada video sebelumnya, pada bagian ini Anda akan mempelajari Traditional Personal Selling dan Relationship Selling .
Setelah Anda mempelajari mengenai Definisi, tipe, dan manfaat kegiatan sponsorship.Interactive Content pada video sebelumnya, pada bagian ini Anda akan mempelajari Sponsorship component and Planning process of sponsorship.
Setelah Anda mempelajari mengenai Sponsorship component and Planning process of sponsorship pada video sebelumnya, pada bagian ini Anda akan mempelajari Alasan sebuah perusahaan melakukan kegiatan sponsorship.
Selamat datang dalam online learning mata kuliah Promotion Management.
Pada pertemuan
ini, Anda akan
mempelajari materi mengenai Organizing Sales Promotion Campaign.
Dalam melakukan kegiatan sales promotion ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kegiatan tersebut seperti: tujuan dari kegiatan campaign sales promotion; alokasi budget dan sumber daya yang lain; teknik sales promotion; promotional mix; disain kampanye; waktu, durasi, jadwal, dan frekuensi kegiatan; keterlibatan agency; evaluasi. Untuk lebih jelas mengenai faktor-faktor yang dapat memengaruhi kegiatan sales promotion, silakan kalian simak penjelasan pada video berikut ini.
Setelah kalian mempelajari mengenai faktor-faktor yang dapat memengaruhi kegiatan sales promotion, selanjutnya kalian akan mempelajari tahapan perencanaan kegiatan sales promotion mulai dari tahap menentukan tujuan dan strategi berdasarkan posisi pasar, perencanaan pasar, dan kompetitor hingga evaluasi. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak video berikut ini:
Setelah Anda mempelajari mengenai Strategi Media pada video sebelumnya, pada bagian ini Anda akan mempelajari Strategi Endorsement/Buzzer
Dalam dunia media sosial, dikenal istilah buzzer atau endorsement. Endorser mempromosikan suatu produk kepada followers-nya. Biasanya sebuah perusahaan akan memberikan produk mereka dengan cuma-cuma kepada para endorser untuk dicoba dan endorser tersebut akan memberikan review atau penilaian yang jujur terhadap produk tersebut. Sedangkan cara kerja buzzer adalah dengan menyampaikan serangkaian informasi dengan cara berulang-ulang. Ada waktu yang ditentukan untuk kapan mereka bisa menyampaikan informasi tersebut.
Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah video berikut ini.
Pertemuan 14 - Monitoring, Evaluation, and Control
Selamat datang dalam online learning mata kuliah Promotion Management.
Pada pertemuan
ini, Anda akan
mempelajari materi mengenai Monitoring, Evaluation, and Control .
Jika kita lihat kembali tujuan utama dari sales promotion yaitu untuk meningkatkan nilai brand dan mendorong pembelian konsumen terhadap brand, maka evaluasi kampanye sales promotion harus dapat mengukur setidaknya hal-hal berikut (1) sales, (2) keuntungan, dan (3) brand awareness.
Untuk memahami Evaluasi Kegiatan Sales Promotion, simaklah video berikut ini!
Contoh dari evaluasi kegiatan sales promotion adalah Motorola M. Motorola M melakukan kampanye brand dengan tema Moto #Timetoshine. Kampanye ini dilakukan untuk mengenalkan seri terbaru dari Motorala tersebut.
Untuk memahami Contoh Evaluasi Kegiatan Sales Promotion, simaklah video berikut ini!
Setelah Anda mempelajari materi, ikutilah Forum Diskusi, Tugas Online, dan Kuis di bawah ini untuk melengkapi dan mengevaluasi kegiatan belajar Anda.
Selanjutnya pada forum diskusi ini, Anda diminta untuk menjawab atau memberikan tanggapan terhadap pertanyaan berdasarkan pengalaman serta pemahaman Anda setelah mempelajari materi-materi sebelumnya.