Ringkasan topik

  • PENDAHULUAN

    Selamat datang mahasiswa program studi pendidikan IPA di mata kuliah "Perencanaan Pengajaran" melalui Spada Indonesia. Kami sangat senang Anda bergabung dengan mata kuliah kami. Mata kuliah ini merupakan realisasi dari Hibah Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) Tahun 2024 antara Universitas Ivet dengan Universitas Pancasakti Tegal. 

    Spada Indonesia akan menjadi tempat utama untuk mengakses materi, tugas, pengumuman, serta interaksi dengan dosen dan teman sekelas. Pastikan Anda mengaksesnya secara teratur dan aktif berpartisipasi dalam diskusi online. Kami percaya bahwa setiap mahasiswa memiliki potensi besar untuk berkembang dalam mata kuliah ini, dan kami berkomitmen untuk membantu Anda mencapai kesuksesan dalam pembelajaran. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi dosen.

    Mata kuliah ini membahas konsep dasar perencanaan pengajaran, mengkaji hakikat perencanaan pembelajaran, serta memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam mengembangkan dokumen perencanaan pengajaran IPA. 

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):

    1. Menjelaskan konsep dasar dan hakikat perencanaan pembelajaran;
    2. Mengidentifikasi kompetensi guru;
    3. Memahami konsep pembelajaran IPA di SMP pada kurikulum merdeka;
    4. Menganalisis RPP Plus/Modul Ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP);
    5. Mengembangkan desain pembelajaran dan asesmen; dan
    6. Menganalisis Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP).

    Jadwal Perkuliahan

    Perkuliahan dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 10.00 - 11.40 baik secara Synchronous (Zoom) maupun Asynchronous (LMS SPADA).

    Selamat belajar.

  • Topik ini

    Pertemuan ke 1. Pengantar Perencanaan Pengajaran

    Halo mahasiswa mahasiswi Program Studi Pendidikan IPA dimanapun Anda berada. Pada pertemuan ini, kita akan membahas hakikat perencanaan pengajaran. Adapun kemampuan akhir yang diharapkan adalah:

    1) menjelaskan pengantar perencanaan pengajaran, dan 

    2) mendeskripsikan hakikat perencanaan pengajaran.

  • Pertemuan ke 2. Kompetensi Guru

    INFOGRAFIS : Kompetensi Guru

    Halo mahasiswa mahasiswi Program Studi Pendidikan IPA dimanapun Anda berada. Pada pertemuan ini, kita akan membahas mengenai kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Adapun kemampuan akhir yang diharapkan adalah mengidentifikasi kompetensi guru.

  • Pertemuan ke 3. Konsep Pembelajaran IPA Terintegrasi SDGs Pada Kurikulum Merdeka

    • Konsep pembelajaran IPA pada kurikulum merdeka.
    • Istilah penting pada kurikulum merdeka.
    • Kaitan isu literasi, SDGs dalam pembelajaran.

    Halo mahasiswa mahasiswi Program Studi Pendidikan IPA dimanapun Anda berada. Pada pertemuan ini, kita akan membahas konsep pembelajaran IPA di SMP pada kurikulum merdeka. Adapun kemampuan akhir yang diharapkan adalah mahasiswa mengetahui konsep pembelajaran IPA pada kurikulum merdeka di SMP dan kaitannya dengan isu literasi, maupun SDGs dalam pembelajaran. 

  • Pertemuan ke 4. Capaian Pembelajaran (CP)

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Memahami konsep pembelajaran IPA di SMP pada kurikulum merdeka. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu memahami CP IPA Fase D (SMP) pada kurikulum merdeka.

    Silahkan mencari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

  • Pertemuan ke 5. Tujuan Pembelajaran (TP)

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Memahami konsep pembelajaran IPA di SMP pada kurikulum merdeka. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu merumuskan TP IPA Fase D (SMP) pada kurikulum merdeka.

  • Pertemuan ke 6. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Memahami konsep pembelajaran IPA di SMP pada kurikulum merdeka. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu menyusun ATP IPA Fase D (SMP) pada kurikulum merdeka.

  • Pertemuan ke 7. Komponen-Komponen Modul Ajar

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Menganalisis RPP Plus/Modul Ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi komponen-komponen dalam modul ajar.
  • Pertemuan ke 8. Ujian Tengah Semester (UTS)

    Kepada seluruh mahasiswa Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran,

    Selamat datang dalam Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran. Ujian ini adalah salah satu tahap penting dalam penilaian kemajuan Anda dalam mata kuliah ini. Melalui ujian ini, kami akan mengevaluasi pemahaman Anda mengenai hakikat perencanaan pengajaran, kompetensi guru, konsep-konsep pembelajaran IPA di SMP pada kurikulum merdeka (CP, TP, dan ATP), dan menganalisis RPP Plus/Modul Ajar termasuk komponen-komponen dalam modul ajar.

    Ujian ini nantinya akan menunjukkan sejauh mana kemampuan Anda.

    Semangat dan sukses untuk Ujian Tengah Semester ini. Kami berharap Anda dapat menunjukkan kemampuan dan pengetahuan Anda dengan baik.

    Terima kasih atas dedikasi Anda dalam mengikuti mata kuliah ini, dan selamat mengerjakan ujian.

  • Pertemuan ke 9. Komponen ATP

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Menganalisis RPP Plus/Modul Ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi komponen-komponen ATP.

  • Pertemuan ke 10. Modul Ajar IPA

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Mengetahui cara mengembangkan modul ajar IPA SMP dalam kurikulum merdeka. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu mengetahui cara mengembangkan modul ajar IPA.
  • Pertemuan ke 11. Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Dalam Modul Ajar IPA

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Mengembangkan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar IPA SMP dalam kurikulum merdeka. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu menyusun kegiatan pembelajaran dalam modul ajar IPA SMP.
  • Pertemuan ke 12. Pengembangan Desain Pembelajaran dan Asesmen

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Mengembangkan desain pembelajaran dan asesmen dalam kurikulum merdeka. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran dan asesmen.
  • Pertemuan ke 13. Prinsip Penilaian dan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Menganalisis Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu menentukan penilaian dan KKTP.
  • Pertemuan ke 14. Simulasi Pengajaran

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Mendemonstrasikan simulasi pengajaran yang dibuat dalam bentuk video berdasarkan rancangan kegiatan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran.
  • Pertemuan ke 15. Simulasi Pengajaran

    Kemampuan Akhir Yang Diharapkan : 
    Mengevaluasi kesesuaian simulasi pengajaran dengan modul ajar yang dibuat mahasiswa dalam bentuk video. 
    Indikator : 
    Mahasiswa mampu melakukan dan mengevaluasi simulasi pengajaran yang sudah dilakukan.
  • Pertemuan ke 16. Ujian Akhir Semester (UAS)

    Kepada seluruh mahasiswa Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran,

    Selamat datang dalam Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran. Ujian ini adalah tahap yang penting dalam penilaian Anda selama mengikuti mata kuliah ini. Melalui ujian tertulis ini, kami akan mengevaluasi pemahaman Anda secara keseluruhan.

    Ujian ini merupakan rangkuman portofolio dari proyek-proyek yang sudah Anda kerjakan, diantaranya membuat perencanaan pengajaran berupa modul ajar sehingga bisa menunjukkan kemampuan Anda melalui video simulasi pengajaran. Kami mengharapkan kerja keras Anda dalam ujian tertulis ini.  

    Semangat dan sukses untuk Ujian Akhir Semester ini. Kami berharap Anda dapat menunjukkan kemampuan dan pengetahuan Anda dengan baik.

    Terima kasih atas dedikasi Anda dalam mengikuti mata kuliah ini, dan selamat mengerjakan ujian.